HomeBeritaMazda Recall Hampir 30 Ribu Mobil Gara-Gara Pompa Bahan Bakar

Mazda Recall Hampir 30 Ribu Mobil Gara-Gara Pompa Bahan Bakar

Changan Mazda Recall Mazda3 atau Axela
Mazda3 atau Axela (Foto: Autoevolution)

Beijing – Mazda akan melakukan recall (penarikan kembali) hampir 30 mobil di China. Pemberitahuan tersebut disampaikan oleh badan pengawas kualitas di negara itu, melanjutkan laporan dari Changan Mazda, perusahaan patungan antara Chongqing Changan Automobile dan Mazda Motor.

Kantor berita Xinhua, Selasa (22/9/2020) melaporkan setidaknya ada 29.134 mobil Mazda yang terlibat recall. Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan tim Changan Mazda, ditemukan bahwa pompa bahan bakar mengalami masalah dan cenderung rusak.

Program recall akan dimulai pada 30 Oktober, melibatkan 26.444 mobil Mazda3 Axela yang diproduksi antara 13 September 2018 hingga 30 Agustus 2019. Kemudian 2.690 model CX-8 yang diproduksi antara 14 Oktober 2018 hingga 15 Mei 2020.

Tim menemukan pompa bahan bakar yang terpasang di ribuan mobil Mazda tersebut tidak bekerja maksimal sebagaimana fungsinya. Akibatnya dapat menyebabkan mesin susah untuk dihidupkan. Selain itu mesin dapat mati secara tiba-tiba sehingga bisa mengancam keselamatan pengemudi dan penumpang.

Program penarikan ini merupakan bagian dari rasa tanggung jawab perusahaan kepada para pelanggannya. Pihaknya juga ingin memastikan bahwa mobil yang sudah dibeli konsumen dapat beropersai dengan maksimal tanpa ada kekurangan sedikitpun.

Changan Mazda akan memberitahukan kepada pemilik kendaraan yang mobilnya masuk dalam daftar recall. Pihaknya juga telah berjanji untuk mengganti komponen yang rusak secara gratis.

Beruntung sampai dengan pengumuman tersebut diturunkan, pihak pabrikan belum menerima laporan terkait adanya korban jiwa maupun luka karena kerusakan perangkat tersebut.

Pabrik Produksi Mazda CX5
Pabrik Produksi Mazda CX5 (Foto: Chinadaily)

Mazda Pernah Recall Karena Permasalahan yang Sama

Masalah pompa bahan bakar yang rusak bukan baru-baru ini saja dialami oleh Mazda. Tahun lalu tepatnya September 2019 pihaknya pernah menarik 77.112 mobil karena pompa bahan bakar yang rusak.

Penarikan ini melibatkan generasi kedua dari Mazda CX-5 buatan China yang diproduksi antara 8 Agustus 2017 sampai 2 Juli 2019. Demikian disampaikan State Administration for Market Regulation dalam sebuah pernyataan di webisite resminya.

Risiko yang ditimbulkan akibat pompa bahan bakar yang rusak tidak berbeda dari masalah yang baru ditemukan itu.

Changan Mazda melakukan mengganti komponen yang rusak untuk menghindari terjadinya hal-hal yang bisa merugikan pemilik mobil dan pengguna jalan lain.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Suzuki Klaim Carry Pick Up Menjadi Mobil Terlaris di Indonesia
Ganti Pelumas di bengkel
Next post
Ini Cara Gampang Ganti Pelumas Motor Matik Bisa Dapat Motor