Home » Mobil » Mobil Bekas Tak Murahan, Suzuki Baleno Bekas Bisa Jadi Referensi

Mobil Bekas Tak Murahan, Suzuki Baleno Bekas Bisa Jadi Referensi

Suzuki Baleno generasi pertama, mobil kecil irit dan kompak
Suzuki Baleno generasi pertama, mobil kecil irit dan kompak

Jakarta – Mobil bekas terkadang menjadi alternatif utama dalam membeli sebuah mobil. Selain punya harga yang cukup miring, mobil bekas juga tak semua kondisinya buruk. Bahkan banyak juga mobil bekas yang kondisinya melebihi mobil yang sudah berusia beberapa tahun. Salah satu mobil bekas yang bisa kamu jadikan referensi adalah Suzuki Baleno.

Suzuki Baleno merupakan mobil buatan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Mobil yang awalnya  lahir sebagai genre sedan ini sebenarnya sudah cukup lama ada. Pertama kali meluncur pada 1995 silam. Ada cerita menarik dibalik Suzuki Baleno ini yaitu awalnya lahir sebagai sedan kompak untuk pasar Eropa dan Asia Pasifik.

Untuk pasar Eropa, mobil ini menggunakan nama Suzuki Baleno. Sedangkan pasar Asia Pasifik memakai nama Suzuki Cultus Crescent. Di tahun 2001, Baleno diperbarui oleh model Suzuki Aerio. Tapi, di 2001 inilah produksi Baleno untuk pasar Eropa dan Asia Pasifik dihentikan. Hebatnya lagi, mobil ini jadi mobil yang hanya dijual untuk pasar Indonesia.

Selain itu, mobil ini juga punya beberapa nama untuk beberapa negara. Mulai dari Suzuki Esteem di Amerika Utara, Suzuki Baleno di Jepang, Maruti Baleno di India, dan Chevrolet Cassia di Filipina. Sementara untuk versi station wagon juga pernah diproduksi dengan nama Maruti Baleno Altura yang cuma ada di beberapa negara saja.

Desain Simpel

Baleno memang diciptakan dengan desain yang kompak dan mungil dan dengan menggunakan mesin yang sesuai dengan konsepnya, kompak. Mobil ini ditawarkan dengan beberapa varian mesin. Mulai dari 1.300 cc, 4 silinder, 1.500 cc, 4 silinder dan 1.600 cc, 4 silinder.

Kalau melihat desain eksteriornya, mobil ini emang nggak terlalu punya daya pikat yang baik. Desainnya cenderung biasa aja, tak ada yang bisa membuat orang terlalu suka sama modelnya. Tapi, Suzuki Baleno ini punya satu hal unik di bagian pintu belakang dari mobil ini terlihat asimetris bentuk potongannya.

Suzuki Baleno generasi pertama, mobil kecil irit dan kompak
Suzuki Baleno generasi pertama, mobil kecil irit dan kompak

Coba deh kalian lihat pintu belakang dari mobil ini. Potongannya sedikit aneh di bagian bawah pilar C. Jadi ada sedikit bagian yang kearah luar, nggak keliatan kaya model pintu sedan pada umumnya. Bagian depan dari mobil ini juga nggak terlalu bagus buat dipandang. Terutama generasi pertamanya yang cukup jelek.

Tapi buat generasi kedua, tampang depannya udah lumayan membaik. Tampang belakangnya gimana? Standard aja sih, nggak ada yang terlalu bisa membuat orang menjadi suka. Cuma, kalo kalian ngeliat mobil ini dari desain doang emang rasanya sedikit ada yang kurang.

Suzuki Baleno generasi pertama, mobil kecil irit dan kompak
Suzuki Baleno generasi pertama, mobil kecil irit dan kompak

Kekurangan Suzuki Baleno

Karena usianya yang udah lumayan tua, jadi sudah pasti mobil ini punya beberapa kekurangan. Suspensi dari mobil ini termasuk ke dalam kategori empuk, cukup nyaman untuk dikendarai. Sandaran jok yang dianggap terlalu tegak termasuk ke dalam Kekurangan Suzuki Baleno.

Hal ini cukup banyak dikeluhkan oleh pemilik mobil ini. Sebab dengan sandaran jok yang dianggap terlalu tegak ini bisa mengurangi rasa nyaman ketika duduk. Seringkali membuat badan menjadi tidak rileks dan cepat lelah jika melakukan perjalanan jarak yang cukup jauh.

Suzuki Baleno station wagon, varian yang tak masuk ke Indonesia
Suzuki Baleno station wagon, varian yang tak masuk ke Indonesia

Kekurangan lain dari mobil ini adalah peredaman di dalam kabin yang kurang mumpuni. Maklum ya, mobil yang lahir di era 1990-an memang belum dilengkapi kekedapan kabin yang cukup baik. Jikapun ada mobil dengan kekedapan kabin yang baik, biasanya mobil itu adalah mobil premium. Sayangnya, Suzuki Baleno ini bukanlah mobil yang masuk ke dalam kategori mobil premium.

Apakah Sampai Sekarang Masih Ada?

Suzuki Baleno sampai tahun 2019 ini masih dijual secara resmi oleh Suzuki. Sayangnya, hanya varian hatchback saja yang masih dijual. Versi Baleno sedan sudah tidak diproduksi lagi sejak tahun 2009. Suzuki Baleno versi sedan ini posisinya digantikan dengan Suzuki Ciaz pada 2015. Tapi, Ciaz sendiri pun nasibnya tak begitu bagus karena PT SIS juga menyetop penjualan.

Suzuki Ciaz ini tak lagi dijual pada tahun 2017. Kenapa tidak laku? Masyarakat Indonesia kala itu masih larut dalam euforia SUV dan MPV. Sehingga mobil sedan kurang diminati oleh masyarakat Indonesia. Nah tapi, Suzuki Baleno ini masih bisa dibeli secara langsung di diler resmi Suzuki kok. Tapi sekarang yang dijual hanya versi hatchback saja.

Suzuki Baleno Hatchback 2 door, mobil khusus pasar Amerika dan Eropa
Suzuki Baleno Hatchback 2 door, mobil khusus pasar Amerika dan Eropa

Untuk harga barunya, ada dua model yang ditawarkan. Yakni model Baleno dengan transmisi manual dan transmisi otomatis. Untuk varian manual dibanderol Rp218 juta, dan varian otomatis dibanderol Rp230,5 juta OTR Jakarta. Lalu, kira-kira berapa harga bekas Suzuki Baleno ini? Berdasarkan pantauan kami, harga Suzuki Baleno generasi 1-3 punya harga terjangkau.

Harga Suzuki Baleno Bekas

Untuk harga bekas Suzuki Baleno generasi pertama, terpantau di angka Rp30-40 jutaan. Sedangkan untuk generasi kedua, terpantau harga bekasnya ada di kisaran Rp40-50 jutaan tergantung kondisi. Untuk Suzuki Baleno versi sedan generasi terakhir, harganya memang lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya. Selain karena umurnya lebih muda, tampilannya juga lebih modern.

Suzuki Baleno tahun 2008 atau generasi sedan terakhir di Indonesia ini terpantau di angka Rp70-90 jutaan. Bagaimana dengan harga versi terbarunya? Suzuki Baleno hatchback produksi 2017-2019 punya harga bekas yang cukup jatuh dari harga barunya. Harga bekas Suzuki Baleno hatchback terpantau di angka Rp158-205 jutaan. Tergantung kondisi, tahun pembuatan dan varian transmisi.

Suzuki Baleno sedan produksi 2008
Suzuki Baleno sedan produksi 2008

Harga Baleno hatchback bekas bisa dibilang mengalami penurunan yang cukup jauh. Masyarakat Indonesia masih menganggap merek Suzuki memiliki kualitas yang dibawah rata-rata. Padahal, kualitas mobil Suzuki saat ini sudah cukup baik. Salah satu mobil ternyaman yang dimiliki oleh Suzuki adalah All New Ertiga dan Baleno Hatchback. Kedua mobil ini memiliki kenyamanan yang luar biasa mantap.

Suzuki Baleno Hatchback, salah satu mobil ternyaman Suzuki
Suzuki Baleno Hatchback, salah satu mobil ternyaman Suzuki

Bagi kalian yang ingin membeli mobil bekas, Suzuki Baleno ini boleh jadi ke dalam salah satu daftar list pembelian. Suzuki Baleno ini juga punya harga suku cadang yang cukup terjangkau. Soal ketersediaan suku cadangnya pun tergolong masih mudah untuk ditemui, tidak sesulit yang dibayangkan.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Indonesia Modification Expo 2019, menjadi ajang modifikasi Tanah Air yang sukses.
Previous post
IMX 2019 Sukses Catatkan Transaksi Rp3,8 Miliar
Next post
Keren! Black Auto Battle 2019 Jakarta Dimeriahkan Modifikasi Stance dan Jimny Lama