Modifikasi Motor Yamaha N-Max, Enaknya Pakai Konsep Apa?
Jakarta – Bicara modifikasi sepeda motor saat ini tentu Yamaha NMax bisa jadi paling sering disebut oleh masyarakat Indonesia. Selain bentuknya yang besar, motor ini beberapa tahun belakangan jadi motor yang paling laris di Indonesia. Saking banyak konsumennya di Tanah Air, Yamaha pun sempat menjadikan big skutik ini sebagai anak emas karena penjualannya melejit.
Nggak heran kalau parts modifikasi buat motor Yamaha NMax ini juga banyak banget disediain di pasaran. Saking banyaknya, terkadang pemilik NMax ini sendiri sampai bingung buat nentuin konsep yang mau dituangkan kedalam motornya sendiri. Terus, enaknya pakai konsep apa nih buat modifikasi motor Yamaha NMax ini ya?
Isi Konten
Tentukan Selera
Sebelum menentukan konsep modifikasinya, ada baiknya kamu menentukan terlebih dahulu selera kamu. Pastikan selera modifikasi yang bakal diaplikasikan ini sama dengan modifikasi yang bakal dilakukan. Misalnya kalau senang dengan aliran standard, paling tidak tetap mempertahankan tampilan bawaan pabrik. Hanya beberapa bagian yang mendapatkan ubahan mungkin seperti velg dan ban saja yang diubah.
Ada juga orang yang punya selera untuk menjadikan modifikasi motor Yamaha NMax nya ini dengan gaya balap. Misalnya dengan memasangkan livery bergaya motor balap di motor NMax kesayangannya. Atau ada juga yang memasangkan aksesoris di tubuh Yamaha NMax ini. Atau ada juga yang gila dengan modifikasi mesin. Sebagian orang ini memang punya kegilaan dengan modifikasi mesin supaya motornya bisa berlari kencang.
Pakai Konsep Sesuai dengan Keinginan
Jika sudah dapat menentukan konsep, selanjutnya adalah persiapan yang matang. Sebelum melakukan modifikasi sepeda motor Yamaha NMax, ada baiknya pikirkan juga mengenai bajet yang akan dikeluarkan. Bajet atau uang ini juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan modifikasi. Walaupun memiliki uang banyak, tetapi tanpa konsep yang jelas modifikasi motor Yamaha NMax ini akan terlihat jelek.
Hal ini bisa disebabkan karena ego yang besar, jadi berbagai parts yang menurut pemilik bagus dibeli dan dipasangkan tanpa memikirkan konsep. Beda halnya dengan orang yang memiliki konsep, mereka akan membeli barang sesuai konsep yang dibutuhkan. Mereka juga akan memilah barang yang akan dipasang, mana yang perlu dibeli dan mana yang tidak perlu dibeli. Semuanya sangat tergantung dengan konsep si pemilik itu sendiri.
Modifikasi Ringan di Bagian Bodi
Salah satu modifikasi ringan yang paling gampang dilakukan adalah pada bagian bodi. Biasanya pemilik akan menambahkan atau mengganti beberapa aksesoris aftermarket yang plug n play. Misalnya mengganti spion dengan model lain, menambah bodikit agar terlihat besar, mengganti knalpot sesuai bentuk yang diinginkan sampai mengubah tampilan warna memakai stiker ataupun cat.
Biasanya para pemilik bakal melakukan hal tersebut demi mengubah tampilan Yamaha NMax kesayangannya supaya jadi terlihat makin keren. Gaya touring misalnya. Modifikasi motor Yamaha NMax bergaya turing ini bisa dibilang susah-susah gampang untuk mendapatkan tampilan yang ideal. Pemilik harus pintar memilih braket box serta box yang akan dipasang di bagian belakang.
Agar memperkuat tema touring, velg atau ukuran ban biasanya diganti dengan ukuran lebih besar agar terlihat lebih proper. Tak lupa juga nih windshield di bagian depan juga diganti dengan yang lebih tinggi dengan maksud memberikan perlindungan kepada badan agar tidak kena terpaan angin secara langsung. Biasanya konsep turing ini lebih disukai bagi mereka yang suka melakukan perjalanan jauh seorang diri.
Racing Style
Lain lagi dengan konsep racing style. Orang yang lebih menyukai racing style biasanya bakal banyak melakukan ubahan di bagian kosmetik. Contohnya mengganti suspensi depan belakang, rem cakram diperbesar, jok diubah, knalpot, lampu depan dan belakang bahkan velg dan ban juga wajib diganti.
Walaupun temanya racing, tapi nggak semua orang melakukan modifikasi di bagian mesin juga, lho. Banyak juga yang hanya bermain di sektor kosmetik aja supaya tampilannya keren. Ada juga nih yang modifikasi mesin, tapi tetap membiarkan Yamana NMax miliknya tetap terlihat standard.
Biasanya yang begini lebih sering disebut sebagai city sleeper. Kapasitas mesin diperbesar, efeknya jelas membuat mesin bak kesetanan kalau sudah digeber di jalan raya. Cirinya seperti apa? Biasanya lihat saja beberapa peranti standard yang ada sudah diganti.
Misalnya rem cakram dan kaliper diperbesar supaya pengereman makin maksimal. Knalpot bisa saja pakai model standardnya, tapi sudah dibobok menyesuaikan buangan mesin. Mungkin hal yang bisa dilihat adalah cara berkendara orang tersebut pastinya.
Mesin motor yang sudah dimodif biasanya bakal lebih sering ngebut dan jarang jalan dengan santai. Karena performanya sudah enak di gas, nggak heran si pemakai ini juga jadi doyan ngebut. Walaupun nggak semua pengendara begitu, tapi biasanya mesin yang sudah dioprek ini bakalan lebih nggak santai kalau udah di jalan raya. Coba aja deh lihat.
Yamaha NMax Predator
Konsep yang satu ini bisa dibilang lagi lumayan tren nih beberapa bulan belakangan. Atau 1 tahun kebelakang, tren modifikasi gaya predator ini lagi sering banget digandrungi sama pengguna NMax. Tujuannya sih 1, supaya ngebuat motor punya tampilan yang jadi lebih gede dan gambot kaya predator di film alien gitu lho. Hehehe. Buat sebagian orang sih gaya modifikasi ini terbilang norak.
Tapi buat mereka yang doyan, gaya modifikasi ini udah dianggap keren banget buat mereka. Bahkan yang lucunya lagi, beberapa diler Yamaha juga udah nyediain modifikasi motor Yamaha NMax baru bergaya predator. Jadi konsumen tinggal pilih warna yang disuka, sama desain livery yang udah disiapin sama pihak diler aja nih. Soal harga, tentu lebih mahal karena sudah dimodifikasi dari pihak diler.
Harga yang ditawarin mencapai Rp35 jutaan tipe standard. Lain lagi model predator yang sudah Connected ABS, harganya bisa mencapai Rp39 jutaan. Motor NMax predator ini bisa dibeli secara tunai atau kredit. Selain itu, konsumen juga bisa pilih warna kesukaan mereka buat bodikit predatornya ini. Secara tampilan sih Yamaha NMax ini terbilang punya eksterior yang gahar dan jadi keliatan gambot banget.
Tapi kembali ke selera. Setiap orang punya selera modifikasi motor Yamaha NMax masing-masing. Soal biaya yang dikeluarkan, untuk melakukan modifikasi motor biayanya terbilang nggak murah juga lho. Bahkan untuk modifikasi bagian kosmetik saja ada yang rela menghabiskan dana hingga belasan juta rupiah. Bahkan ada juga yang sampai memakai biaya hingga puluhan juta rupiah dan melewati harga motornya itu sendiri.
Tentukan Batas Modifikasi
Maka dari itu, tentukan batas modifikasi dari diri sendiri supaya biaya enggak membengkak. Modifikasi yang baik tidak selamanya harus memakan banyak uang. Tetapi modifikasi yang baik adalah segala sesuatu yang enak dipandang, dan tentunya membahagiakan sang pemilik motor itu sendiri. Misalnya kamu tentukan batas bajet di Rp7 juta untuk modifikasi total. Maka siapkan dana sesuai bajet dan konsep yang matang supaya modifikasi enggak norak.
Penulis: Rizen
Editor: Lesmana