Reviews

Motor Sport Injeksi Mana yang Terbaik?

250cc

SELAYAKNYA suatu fenomena, kehadiran motor sport terbaru di industri otomotif nasional jadi pusat perhatian berbagai kalangan. Khusus bagi calon konsumen yang tengah bingung memilih motor sport injeksi terbaik, berikut Carmudi Indonesia memberikan beberapa fakta perihal ketangguhan motor sport yang dijual di Indonesia.

Perbandingan 3 Motor Sport Injeksi di Kelas 250cc

Untuk segmen motor sport berkapasitas mesin 250cc yang sudah memakai teknologi injeksi dan paling laku di Indonesia ada tiga merek, yaitu Kawasaki Ninja 250 FI, Honda CBR250R dan Yamaha YZF-R25. Carmudi Indonesia membandingkan ketiga motor sport itu secara ringkas.

Konsumsi Bahan Bakar

Dari riset yang dilakukan Carmudi Indonesia, untuk urusan hemat bensin, motor sport bermerek Honda menjadi yang terbaik. Dengan uji coba berkendara di tengah kota dan memakai jenis bahan bakar RON 92 atau lebih dikenal dengan nama Pertamax.

Tercatat Honda CBR250R meminum 1 liter bensin untuk 28 hingga 32 kilometer (km). Di tempat kedua urusan keiritan bahan bakar diduduki, Yamaha YZF-R25 dengan konsumsi 1:22km. Sementara Kawasaki Ninja 250FI mampu menempuh 1 liter untuk 19 hingga 23 km.

Tenaga Mesin

Sebagai motor sport yang terboros dibandingkan dua rivalnya, Kawasaki Ninja 250 FI sudah tentu memiliki tenaga yang berlebih. Menurut penilaian dan klaim dari pihak Kawasaki, model Ninja 250 FI memiliki tenaga mencapai 32 Hp. Di posisi selanjutnya ditempati Yamaha YZF-R25 dengan tenaga sebesar 29,4 Hp, terakhir Honda CBR250R dengan tenaga, 23,7 Hp.

Performa

Sisi penilaian terakhir ini, kemungkinan bisa menjadi pertimbangan bagi calon konsumen dalam memilih. Dalam kemampuan berkendara Honda CBR250R sangat baik untuk jalanan perkotaan yang padat. Mengapa? Karena Honda CBR250R memiliki akselerasi yang baik pada putaran bawah hingga menengah.

Selanjutnya Kawasaki Ninja 250 FI dengan bobot sangat berat dibandingkan yang lain dengan 172 kg membuat pengendaliannya di tengah jalan perkotaan yang macet cukup merepotkan. Tapi urusan di jalan yang sepi dan lurus, Ninja 250 FI bisa raih kecepatan 166km/jam.

Untuk Yamaha YZF-R25, dengan suspensi monocross yang lembut membuat pengendaraan R25 untuk motor harian cukup nyaman. Bobot tidak terlalu berat dengan 166 kg, tenaga yang cukup mumpuni di trek lurus, berdasarkan pengujian R25 bisa mencapai kecepatan 170km/jam, luar biasa!

Perbandingan 3 Motor Sport Injeksi di Kelas 150cc

HONDA CBR250R

Selanjutnya Carmudi Indonesia juga akan membedah secara ringkas mengenai jajaran motor sport injeksi di kelas 150cc yang menarik dan terlaris di Tanah Air. Ada tiga yaitu, Yamaha New V-Ixion Lighting, Yamaha R15 dan Honda CBR150R.

Konsumsi Bahan Bakar

Keiritan Yamaha New Vixion Lightning yang berkisar 1 liter untuk 37 hingga 43 km itu juga dimiliki oleh Yamaha R15. Sementara motor sport milik Honda yang rata-rata terkenal irit justru berada di peringkat terakhir dengan konsumsi bensin rata-rata 1 liter untuk 35,5 km.

Tenaga Mesin

Dari sisi performa, antara Yamaha New V-ixion Lightning dan R15 memiliki tenaga yang sama yaitu, 12,2 kW pada putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak 14,5 Nm pada 7.500 rpm. Kesamaan itu disebabkan keduanya memakai basis mesin yang identik, bedanya Yamaha V-Ixion dilengkapi transmisi manual 5 percepataan, sementara R15 pakai 6 percepatan.

Lalu untuk Honda CBR150R, tenaga yang dimuntahkan sebesar 17,8 Nm pada 10.500rpm. Tenaga itu lebih besar 3 dk dari V-ixion. Dengan angka tersebut, Honda CBR150R bisa sangat unggul atas Yamaha V-Ixion pada putaran atas, sementara putaran bawah hingga menengah V-Ixion masih bisa mengimbangi.

Performa

YZF-R15 Racing Blue (biru))

Untuk kecepatan maksimum, dari hasil pengujian CBR150R di speedometer bisa tembus 136 km/jam, sementara YZF-R15 di kisaran 133 km/jam dan terakhir ditempati Yamaha New V-Ixion Lightning dengan 131km/jam.

Jadi apapun pilihan Anda di segmen motor sport injeksi di Indonesia, pastikan motor itu sesuai dengan kebutuhan Anda. Perihal harga bekas ketiga motor sport tersebut, situs jual beli kendaraan nomor 1 Carmudi Indonesia memiliki harga lengkapnya. Selamat memilih!!

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts