Mobil

Murah! Ini Pilihan Mobil Bekas Jogja di Bawah Rp 50 Juta

Pasar mobil seken bisa ditemui di banyak daerah dengan ketersediaan model yang variatif. Kali ini Carmudi akan mengajak Anda untuk mengintip pilihan mobil bekas Jogja di bawah Rp 50 juta rupiah.

Dengan harga yang relatif terjangkau, mobil-mobil tersebut bisa Anda jadikan sebagai kendaraan harian, berbisnis, atau mungkin sarana menyalurkan hobi modifikasi.

Mobil Bekas Jogja di Bawah 50 Juta - Suzuki Baleno

Suzuki Baleno (Foto: Suzuki)

Mobil bekas sendiri selalu menjadi pilihan bagi mereka yang membutuhkan kendaraan pribadi, namun enggan membeli mobil baru. Alasannya bisa bermacam-macam tapi yang paling umum dikarenakan harga mobil baru dinilai tak sesuai kondisi kantong.

Di lain sisi membeli mobil bekas memberikan keuntungan selain harga terjangkau. Salah satunya adalah mobil bisa langsung Anda gunakan dengan catatan jika mendapatkan unit dengan kondisi sehat.

Dengan kata lain Anda tidak perlu mengalami inden seperti yang banyak dialami pembeli mobil baru. Keuntungan ini cocok bagi Anda yang membutuhkan kendaraan sesegera mungkin.

Keuntungan lainnya adalah pajak mobil bekas bisa dipastikan lebih rendah dibanding mobil baru sejenis. Hal ini kerap luput dari pertimbangan banyak orang yang membeli mobil.

Padahal sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan sudah semestinya kita juga mempertimbangkan pengeluaran-pengeluaran rutin yang menyertainya.

Walau begitu ada beberapa hal yang mesti diperhatikan seandainya kita memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Pertama tentu adalah keabsahan surat-surat kendaraan. Yang kedua adalah kondisi kendaraan itu sendiri. Anda tak perlu mengkhawatirkan kedua hal tadi jika membeli mobil baru.

Lantas mobil bekas apa yang bisa dipilih? Khusus bagi Anda yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta berikut adalah beberapa opsi yang bisa dilirik dengan harga tak lebih dari Rp 50 juta.

Mobil Bekas Jogja di Bawah Rp 50 Juta Rupiah 2021

Daftar mobil yang ada pada artikel ini diambil dari halaman mobil bekas Carmudi. Anda pun sebenarnya bisa melakukan pencarian sendiri dengan cukup mudah lewat filter harga dan daerah.

Tapi sebelumnya Anda bisa simak terlebih dulu beberapa mobil rekomendasi berikut beserta ulasan singkatnya.

1. Toyota Starlet 1995 Rp 45 Jutaan

Mobil Bekas Jogja di Bawah 50 Juta - Toyota Starlet

Toyota Starlet (Foto: Autoevolution)

Menurut hasil penelusuran, salah jenis mobil bekas yang bisa didapat dengan bujet di bawah Rp50 juta adalah Toyota Starlet kapsul. Mobil seperti ini di halaman mobil bekas Carmudi dipasarkan dengan harga Rp45 jutaan oleh pemiliknya yang berada di daerah Jogja.

Sekilas mengenai mobil ini, kemunculannya meneruskan kiprah Starlet kotak yang stop produksi pada 1989. Hadir mengisi segmen hatchback, Starlet kapsul merupakan andalan Toyota untuk menyaingi Honda Estilo.

Mobil ini menggunakan mesin dengan pilihan 1.000 cc atau 1.500 cc. Sementara itu transmisinya tersedia dalam opsi manual 5 kecepatan atau otomatis 4 kecepatan.

Untuk diketahui, ada satu varian spesial yang bernama Starlet GT Turbo. Menggunakan mesin 1.300 cc dengan turbo intercooler, harga varian ini bisa jauh lebih mahal dibanding Starlet kapsul varian lainnya.

2. Suzuki Amenity 1993 Rp 32 Jutaan

Suzuki Amenity

Suzuki Amenity versi 2 pintu (Foto: Car Tuning)

Segmen hatchback cukup berkembang pada era 1990-an. Suzuki tak mau ketinggalan dengan ikut memperkenalan Amenity yang dipasarkan antara tahun 1990 sampai 1992.

Karena setelah itu model ini berganti nama menjadi Suzuki Eleny. Mobil ini dijual di berbagai negara menggunakan nama yang beragam. Konsumen Tanah Air kebagian model yang menggunakan mesin 1.300 cc SOHC karburator.

Buat yang belum tahu, Suzuki Amenity di Indonesia juga hadir dalam wujud sedan atau yang lebih dikenal sebagai Suzuki Esteem. Tapi untuk model yang kami temukan di listing Carmudi adalah versi hatchback-nya.

3. Peugeot 206 2002 Rp 47 Jutaan

Peugeot 206

Ilustrasi Peugeot 206 (Foto: Wikimedia)

Model selanjutnya yang bisa ditemukan adalah Peugeot 206 tahun 2002 yang kebetulan masih jadi pengisi segmen hatchback, namun dari tahun yang lebih muda.

Mobil ini sempat menjadi idola pada masanya. Walau pada umumnya mobil-mobil Peugeot terkenal dengan kesan elegan, tapi 206 justru kelihatan sporty bagi sebagian orang. Hal ini tak lepas dari kiprah Peugeot 206 di arena reli.

Mobil ini punya kapasitas mesin cukup besar dibanding hatchback lain yang sudah disebutkan di atas, yakni 1.400 cc.

Awalnya mobil ini masuk ke Indonesia dalam bentuk Completely Built Up (CBU). Tapi pada tahun 2003 Peugeot mulai merakitnya secara lokal.

Dengan harga pasaran di bawah Rp 50 jutaan, mobil ini cukup menggoda karena usianya relatif masih muda.

4. Suzuki Baleno 1997 Rp 45 Jutaan

Mobil Bekas Jogja di Bawah 50 Juta - Suzuki Baleno

Suzuki Baleno (Foto: Suzuki)

Pilihan selanjutnya dalam daftar mobil bekas Jogja di bawah 50 juta rupiah kali ini adalah Suzuki Baleno. Unit yang ditemukan adalah Baleno kelahiran 1997 yang artinya berasa dari generasi pertama.

Seperti diketahui, Suzuki Baleno pertama kali muncul di Indonesia tahun 1996. Suzuki memperkenalkannya sebagai penerus dari Suzuki Esteem.

Pada masanya Suzuki Baleno memiliki pamor yang luar biasa. Mobil ini menjadi pesaing kuat Honda Civic Ferio atau Toyota All New Corolla.

Mobil ini menggunakan sumber tenaga mesin 1.600 cc, 4 silinder. Salah satu keunggulannya adalah konsumsi bahan bakar yang irit.

Menjadi idola anak muda pada masanya. Suzuki Baleno generasi ini memiliki desain bodi yang elegan dan tak lekang dimakan waktu.

5. Toyota Kijang Super 1991 Rp 33 Jutaan

Toyota Kijang Super

Toyota Kijang Super (Foto: Toyota)

Siapa tak kenal Toyota Kijang? Ini adalah salah satu mobil legendaris di Indonesia. Tak terkecuali untuk generasi ketiganya atau yang lebih dikenal dengan nama Kijang Super.

Dipasarkan selama periode 1986 hingga 1996, mobil ini membawa sebuah terobosan besar, yakni penggunaan metode full pressed body. Dengan begitu bodi mobil bisa lebih ringan sekitar 2-5 kg berkat pengurangan jumlah dempul.

Kijang generasi ini memiliki dua tipe rangka, yakni sasis panjang (KF50) dan sasis pendek (KF40). Mesin yang digunakannya memiliki kapasitas 1.800 cc.

Eksterior Kijang Super memiliki ciri khas sendiri. Punya siluet bodi yang masih mirip Kijang kotak, tapi sudut-sudutnya sudah jauh lebih halus yang kemudian menjadi cikal bakal desain Kijang Kapsul sebagai generasi berikutnya.

6. Suzuki Carry 2000 Rp 50 Jutaan

Ilustrasi Suzuki Carry Pick Up

Ilustrasi Suzuki Carry Pick Up (Foto: Suzuki)

Bukan hanya mobil penumpang, tapi pilihan mobil bekas kali ini juga diisi mobil komersial ringan, yakni Suzuki Carry. Untuk harganya memang mendekati batas maksimal bujet yang ditentukan.

Walau begitu bagi Anda yang membutuhkan mobil untuk berbisnis maka model ini sangat pantas dilirik.

Sejak tahun 1970-an, Suzuki Carry atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Suzuki Pick Up menjadi andalan para pengusaha untuk mengangkut komoditas usahanya.

Model yang bisa ditemukan berasal dari tahun 2000 itu artinya mobil sudah masuk dalam generasi Carry Futura. Mesin yang digunakannya memiliki kapasitas 1.500 cc.

Kesimpulan Mobil Bekas Jogja di Bawah Rp 50 Juta Rupiah

Bujet sebesar Rp 50 juta memang tergolong minim untuk membeli mobil bahkan dalam kondisi bekas. Mobil yang akan didapat usianya sudah tak muda lagi.

Karenanya calon pengguna mesti menyadari ada kalanya diperlukan upaya perbaikan untuk mengembalikan kondisinya kembali prima. Beberapa bagian yang perlu dicek antara lain aki dan karburator.

Selebihnya bisa dilakukan pemeriksaan pada bagian mesin untuk memastikan tidak adanya kebocoran oli. Selain itu juga coba periksa bodi atau lantai platformnya untuk memastikan mobil tidak digerogoti karat.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts