Home » Berita » Penjualan Suzuki Ciaz di India Laku Keras, di Indonesia ‘Tiarap’

Penjualan Suzuki Ciaz di India Laku Keras, di Indonesia ‘Tiarap’

Suzuki Ciaz (Foto: Indianautosblog)

New Delhi – Maruti Suzuki India Limited selaku produsen mobi Suzuki di India melaporkan hasil penjualannya sepanjang September 2018. Dari laporan itu, tercatat Suzuki Ciaz meraih penjualan positif yaitu sebesar 6.246 unit. Angka yang cukup tinggi,  jauh meninggalkan pesaingnya di segmen sedan.

Diberitakan Rushlane, pesaing Suzuki Ciaz yakni Hyundai Verna dan Honda City, masing-masing hanya memperoleh penjualan sebesar 3.501 unit dan 2.564 unit pada periode yang sama.

Suzuki Ciaz merajai kelas sedan tak hanya di bulan September 2018 saja, melainkan sejak diluncurkan di pasar India tahun 2014.

Baca juga: Pajak Mobil Sedan Direvisi, Suzuki Hidupkan Kembali Ciaz di Indonesia?

Memang sebelum kehadirannya (Ciaz), Honda City merupakan sedan terlaris. Suzuki Ciaz hadir dengan tampilan yang lebih segar membuat konsumen di India menjadi kepincut dan lebih memilih membeli sedan merek Suzuki ini.

Namun gambaran larisnya Suzuki Ciaz di India berbanding terbalik dengan penjualan di Indonesia. Suzuki Ciaz yang meluncur di Tanah Air pada 2015 mendapat sambutan yang kurang hangat. Penjualannya ‘melempem’ sampai akhirnya di awal tahun ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) angkat ‘bendera putih’ dan memutuskan berhenti memasarkannya.

Sebagai buktinya, gambar Suzuki Ciaz pun sekarang sudah tidak lagi menghiasi halaman website resmi Suzuki Indonesia.

Suzuki Ciaz Terbaru Bawa Banyak Perubahan

Suzuki Ciaz terbaru resmi meluncur di India pada Agustus lalu dengan tambahan fitur serta mesin baru yang membuatnya lebih menarik bagi pembeli. Lampu depannya sudah menggunakan proyektor LED, desain grill depan baru, dan bumper yang diperbarui.

Interior Suzuki Ciaz (Foto: Indianautosblog)

Masuk ke bagian interior terlihat perubahan seperti instrument cluster baru, multi information display dan aksen kayu tiruan. Sementara jok dibungkus material kulit baru, sistem infotainment berupa head unit telah diperbarui lengkap dengan fitur Apple CarPlay dan Android Auto.

Perubahan terbesar datang dari sektor jantung pacunya. Sedan ini sekarang didukung oleh mesin bensin 1,5 liter K-Series yang menawarkan tenaga 104 bhp dan torsi puncak 138 Nm. Ada juga mesin diesel 1.3 liter MultiJet bertenaga 89 bhp dan torsi 200 Nm.

Baca juga: Suzuki Ciaz Facelift Meluncur, Apa Saja Perubahannya?

Kedua mesin menerima Smart Hybrid system dan mesin bensin mendapat transmisi otomatis, mesin diesel hanya ditawarkan dengan transmisi manual. Sistem hybrid ini meningkatkan efisiensi bahan bakar Ciaz bermesin bensin.

Suzuki Ciaz Facelift ditawarkan dalam empat varian Sigma, Delta, Zeta, Alpha dengan harga mulai dari Rs 8.19-10.97 Lakh. Itu lebih murah dari rival Honda City dan Hyundai Verna. (Z)

Previous post
Akhirnya Mitsubishi Segarkan Tampang Outlander, Dijual Terbatas
sparepart motor yang asli
Next post
Begini Cara Membedakan Sparepart Motor yang Asli dengan Imitasi