Reviews

Review Daihatsu Rocky, Kupas Tuntas Sebelum Rilis

Review Daihatsu Rocky – Ulasan Daihatsu Rocky kali ini akan membahas mengenai hal yang lebih spesifik yakni harga, tipe, performa mesin, konsumsi bahan bakar, dan lain sebagainya.

Daihatsu Rocky sendiri dikabarkan akan segera diluncurkan di Indonesia pada tahun ini. Mobil yang diproduksi di Indonesia ini kabarnya juga akan mendapatkan relaksasi pajak.

Mobil baru 2021 review daihatsu rocky

Rocky dipastikan jadi mobil baru Daihatsu yang akan meluncur di Indonesia 2021 (Foto: Daihatsu)

Tipe Daihatsu Rocky

Di negara kelahirannya, Jepang, Daihatsu Rocky hadir dalam 4 tipe; Premium, G, X, dan L. Keempatnya ditawarkan masing-masing dalam penggerak 2WD dan 4WD.

Secara total, berarti ada delapan harga yang dimiliki oleh Daihatsu Rocky ini.

Harga Daihatsu Rocky

review daihatsu rocky

Spesifikasi mesin Daihatsu Rocky kapasitasnya cenderung kecil.

Kita bahas harganya dari yang termurah dulu. Tipe L menjadi tipe terendah yang ada di keluarga Daihatsu Rocky. Untuk tipe L penggerak 2WD dijual dengan harga 1,7 juta Yen yang setara dengan Rp227,9 juta.

Lalu ada tipe X 2WD 1,8 juta Yen atau setara Rp247,1 jutaan. Selanjutnya ada tipe G 2WD 2 juta Yen atau setara Rp267,7 jutaan. Dan terakhir ada tipe Premium 2,1 juta Yen yang setara dengan Rp286,8 jutaan.

Sedangkan untuk penggerak 4WD harga termurahnya ada pada tipe L 1,9 juta Yen atau setara Rp260 jutaan. Kemudian ada tipe X 4WD seharga 2 juta Yen atau setara Rp279 jutaan.

Selanjutnya ada tipe G 4WD seharga 2,2 juta Yen yang setara Rp297,4 jutaan dan terakhir tipe Premium 4WD seharga 2,3 juta Yen atau setara Rp316,5 jutaan.

Harga Daihatsu Rocky 2WD

PremiumRp286,8 jutaan
GRp267,7 jutaan
XRp247,1 jutaan
LRp227,9 jutaan

 

Harga Daihatsu Rocky 4WD

Premium Rp316,5 jutaan
GRp297,4 jutaan
XRp279 jutaan
LRp260 jutaan

*harga berdasarkan situs web Daihatsu di Jepang (konversi Yen ke Rupiah).

Review Perbedaan Tipe-tipe Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky Tipe L dan X

Pada review bagian ini kita akan mengupas perbedaan antara tipe-tipenya.

Untuk diketahui, Daihatsu Rocky tipe L dan X merupakan dua tipe terbawah dan standar yang ada di keluarga Rocky.

Makanya enggak heran tampilannya biasa aja dibanding tipe G dan Premium yang jadi kasta tertingginya.

Untuk tipe L dan X warna eksteriornya hanya satu warna, alias bagian atap dan cover spionnya dibuat sewarna bodi.

review daihatsu rocky

Toyota Raize, Kembaran Daihatsu Rocky (Foto: Toyota)

Pelek yang digunakan pada tipe L juga memakai material besi dengan dop.

Perlu diketahui juga, tipe L tidak dibekali dengan fog lamp. Makanya kelihatan kalau bumper depannya kelihatan sepi banget.

Interiornya memakai warna hitam dengan motif mengotak di bagian tengah jok. Fitur bawaannya ada lampu depan LED dengan pengaturan manual, spidometer dengan desain binocular.

Lalu instrumen cluster-nya sudah ada layar LCD, setir berbahan karet tanpa tombol dan shift knob model standard. Tampilannya benar-benar standard.

Untuk tipe X, bedanya sudah dibekali smart assist, makanya harganya lebih mahal sedikit dari tipe L yang ada di bawahnya. Sisanya, sama persis dengan L.

Baca juga:

Daihatsu Rocky G

Tipe selanjutnya adalah G, yang hadir lebih lengkap dari tipe L dan X. Tipe G ini hadir dengan eksterior yang sewarna bodi dan juga two tone.

Bagian yang diberi two tone adalah atap dengan warna hitam dan cover spion berwarna hitam. Peleknya juga berbeda dengan tipe L dan X. Karena tipe G ini memakai pelek alumunium berdesain seperti bilah pisau. Hal lain yang membedakan adalah handle pintu tipe G ini berwarna krom, sehingga terlihat sedikit lebih mewah.

Lalu di bagian interior, desainnya sama seperti tipe L dan X. Bedanya di jok depan terdapat aksen merah pada pinggiran jok dan konsol tengah.

Kalau tipe X punya desain speedometer seperti binocular, tipe G ini lebih mengarah oval. Instrumen clusternya memakai full digital dengan layar 7 inci.

Layar ini sudah dibekali TFT dengan crystal display. Setirnya sudah ada aksen silver, dengan tombol yang ada di sebelah kiri. Tentunya tipe ini juga sudah ada smart assist.

Daihatsu Rocky Premium

Tipe Premium ini merupakan tipe yang paling lengkap diantara semuanya. Tampilannya mirip seperti G, namun masih tetap ada bedanya.

Bedanya adalah pada handel pintu yang dibuat sewarna bodi. Sedangkan tipe G handle pintunya memakai aksen krom pada keempat pintunya.

Desain peleknya juga sama dengan tipe G. Hal lain yang membedakan adalah interior. Interior tipe Premium ini hadir dengan balutan warna hitam yang lebih mewah dari tipe L.

Speedometernya sama seperti tipe G, memakai full digital dengan layar 7 inci. Layar ini sudah dibekali TFT dengan crystal display.

Bagian belakang Daihatsu Rocky

Bedanya, setir tipe Premium ini sudah memakai lapisan kulit, Carmudian. Serta tombol pada setir juga lebih lengkap di sisi kiri dan kanan.

Bagian transmisi juga memakai bahan kulit, double stitching, dengan bezel. Fitur smart assist juga pasti ada pada tipe tertinggi ini.

Terus gimana dengan 4WD?

Perbedaan di eksterior dan interiornya sama persis dengan varian penggerak 2WD. Yang membedakan cuma di penggerak dan harganya saja. Selebihnya sama persis.

Konsumsi Bahan Bakar Daihatsu Rocky

Di situs web Daihatsu Jepang juga ditampilkan konsumsi bahan bakar dari Rocky.

Seberapa baik efisiensi konsumsi bahan bakar mobil ini?

Berdasarkan data, ada perbedaan antara penggerak 2WD dan 4WD. Namun selisihnya tidak terlalu jauh, walaupun sedikit lebih boros yang penggerak 4WD.

Untuk penggerak 2WD konsumsi bahan bakarnya berkisar 1:22,8 km per liter. Sedangkan angka rata-ratanya mencapai 1:18,6 km per liter.

Interior Daihatsu Rocky versi modifikasi

Interior Daihatsu Rocky versi modifikasi

Sedangkan untuk penggerak 4WD, angkanya mencapai 1:21,2 km per liter dengan catatan rata-rata mencapai 1:17,4 km per liter.

Ini artinya sangat baik untuk ukuran mobil kecil dengan kapasitas mesin yang kecil. Tapi itu pengujian berdasarkan di Jepang. Kalau di Indonesia pasti berbeda ya.

Konsumsi Bahan Bakar Daihatsu Rocky

2WD 1:22,8 km per liter
4WD1:21,2 km per liter
Konsumsi rata-rata 2WD1:18,6 km per liter
Konsumsi rata-rata 4WD1:17,4 km per liter

Performa Mesin Daihatsu Rocky

Review Daihatsu Rocky berikutnya masuk ke sektor dapur pacu yang menggunakan mesin berkode 1KR-VET berkapasitas 996 cc, 3 silinder.

Soal tenaga, mesin ini bisa mengeluarkan tenaga sampai 96,6 hp dengan torsi maksimal 140 Nm.

Kok, sama dengan Toyota Raize?

Iya, memang sama. Keduanya berbagi platform yang sama, namanya juga mobil kembar. Sama lah seperti Avanza dan Xenia.

Interior Daihatsu Rocky

Mesin yang dipakai juga bukanlah mesin yang asing. Karena sebelumnya mesin 1KR-VET ini diproduksi oleh Daihatsu, dan pertama kali diperkenalkan pada 2016 untuk mobil Daihatsu Thor, Toyota Tank, Toyota Roomy, dan Subaru Justy.

Berdasarkan review Daihatsu Rocky di atas, bagian mana yang disuka? Kira-kira kalau dirilis di Indonesia Carmudian mau membeli enggak?

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana/Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts