Home » Berita » Sedan Mewah “Pembantu Presiden” Jokowi Tiba di Indonesia Bulan Ini

Sedan Mewah “Pembantu Presiden” Jokowi Tiba di Indonesia Bulan Ini

Toyota Crown (Foto: motor1)

Jakarta – PT Astra International Tbk (Astra) memenangkan tender sekaligus terpilih sebagai perusahaan yang akan menyalurkan mobil dinas untuk para menteri pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024. Mobil para “pembantu Presiden” Jokowi itu sudah ditetapkan oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) yaitu Toyota Crown 2.5 HV G-Executive.

Sedan mewah berteknologi hybrid ini nantinya akan didatangkan langsung dalam bentuk utuh atau Completely Built Up (CBU) dari Jepang. Mobil akan disediakan oleh perusahaan lain dibawah ‘payung’ Astra yaitu PT Toyota Astra Motor (TAM). Selanjutnya, perusahaan yang juga menjadi Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Indonesia itu menyalurkannya ke Auto2000, selaku diler terbesar mobil Toyota.

Diperkirakan Toyota Crown 2.5 HV G-Executive yang sudah dipesan akan tiba di Indonesia bulan ini. Kemudian tidak lama setelah itu dikirim ke masing-masing menteri usai pelantikan yang rencananya dilakukan pada Oktober 2019.

“September akan masuk semua mobilnya. Perkiraan yang saya dengar informasinya dari diler kami bulan Oktober setelah pelantikan. Saya juga belum tahu waktu persisnya,” ungkap Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, di Jakarta belum lama ini.

Anton menambahkan pihaknya harus mempersiapkan segala sesuatunya supaya ketika Toyota Crown 2.5 HV G-Executive tiba dan mulai digunakan tidak ada menemukan kekurangan.

“Ya unitnya harus kita persiapkan juga. Total unitnya 101 Toyota Crown, total paketnya Rp147 miliar termasuk servis, dan lain-lain,” terang Anton.

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive yang disiapkan untuk para menteri bukan kendaraan spesial, dalam artian sama seperti mobil-mobil mewah pada umunnya yang memiliki desain menarik serta fitur berlimpah.

“Normal-normal aja sih. Tipe yang kami bawa itu di Jepang dijual normal juga sih bukan tipe khusus. Enggak ada yang khusus sih, yang umum-umum saja seperti kayak kaca film, tiang bendera untuk bendera Indonesia, tempat pelat nomor karena pelat nomornya,” jelas dia.

Maaf, Toyota Crown Tidak Dijual Bebas

Toyota New Global Architecture
Toyota Concept Crown

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive dipasarkan di Jepang, tidak di Indonesia. Meski akan digunakan sebagai mobil menteri, sampai saat ini belum terpikir oleh TAM untuk memasarkan sedan itu secara bebas di dalam negeri. Anton pun mengungkapkan permohonan maafnya kepada konsumen jika ada yang ‘ngotot’ untuk memilikinya.

“Ya, kami harus mengatakan sorry, karena memang produk ini kami masukkan ke Indonesia bukan untuk konsumen umum dan ritel,” kata Anton.

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive di Jepang dipasarkan dengan harga 5,2 juta Yen atau Rp696 juta. Seperti mobil hybrid pada umumnya, Crown 2.5 HV G-Executive dibekali mesin konvensional berkapasitas 2.5 liter. Bila mesin dan motor listrik bekerja secara bersamaan, maka mobil ini mampu berlari dengan tenaga maksimal 223 Hp dan torsi puncak 221 Nm melalui transmisi otomatis jenis Continous Variable Transmission (CVT).

Beragam fitur keselamatan canggih sudah disematkan di mobil para menteri Jokowi ini. Di antaranya adalah Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (LTA), Road Sign Assist, Adaptive High Beam System, Intelligent Clearance Sonar, Automatic High Beam dan Rear Cross Traffic Auto Brake. Serta tidak ketinggalan Rear Pedestrian Support Brake yang merupakan fitur keselamatan terbaru dan pertama kali disematkan Toyota di Crown 2.5 HV G-Executive.

Baca juga:

Para “Pembantu Presiden” Jokowi Pakai Mobil Toyota Crown 2.5 HV G-Executive

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Previous post
Fitur Rahasia Mitsubishi Xpander yang Jarang Diketahui Orang
Honda Civic generasi enam, biasa disebut Honda Civic Ferio
Next post
Kisaran Harga Honda Civic Bekas dan Baru