Home » Mobil » Kisaran Harga Honda Civic Bekas dan Baru

Kisaran Harga Honda Civic Bekas dan Baru

Kumpulan pengguna Honda Civic Estilo berkumpul di Senayan.
Kumpulan pengguna Honda Civic Estilo berkumpul di Senayan.

Jakarta – Bagi pencinta sedan, Honda Civic menjadi salah satu mobil idaman yang ada di Indonesia. Selain punya tampilan yang lumayan keren, mobil ini juga punya kenyamanan yang cukup baik untuk sekelas mobil Jepang. Nah, di Indonesia ini para pencinta Honda Civic bisa dibilang ada sangat banyak. Bagi Carmudian yang sedang mengincar Honda Civic, simak dulu nih pantauan harga Honda Civic bekas dan barunya.

Sejarah Honda Civic

Sebelum membahas harganya, kalian harus tahu dulu nih kalau Honda Civic itu punya beberapa generasi. Di Indonesia sendiri, ada 10 generasi. Generasi pertamanya dimulai di tahun 1972 sampai 1979. Sedangkan generasi paling barunya lahir di tahun 2015 dengan penambahan gimik Turbo di belakang namanya. Untuk generasi terbarunya, sudah pakai mesin baru dengan tambahan aplikasi turbo.

Sebelum membeli mobil ini, Carmudian harus tahu dulu tentang arti dari nama Civic itu sendiri. Civic itu sendiri punya arti yang berhubungan dengan penduduk, kota atau antar penduduk. Intinya sih, mobil ini memang dilahirkan buat digunakan sama semua orang yang ada di dunia. Honda Civic juga sengaja diproduksi buat menandingi mobil-mobil sedan Amerika yang saat itu jadi primadona. Padahal, mobil Amerika dianggap punya konsumsi bahan bakar yang boros banget. Nah, Civic lahir sebagai jawaban buat mobil yang irit.

Honda Civic generasi pertama, foto: wikipedia
Honda Civic generasi pertama, foto: wikipedia

Harga Honda Civic Bekas Generasi Pertama

Pada generasi pertamanya, mobil ini bisa dibilang punya ekspektasi yang diluar dugaan. Mobil ini punya sambutan yang cukup baik di berbagai negara di dunia. Bentuknya kecil, kompak, mesinnya juga kecil dan pastinya bahan bakarnya irit banget. Memang kalau melihat Honda Civic yang generasi pertama ini sudah kelihatan kuno dan enggak banget dari segi desain. Tapi bagi sebagian orang, masih ada juga yang cari mobil ini buat sekadar nostalgia.

Harga bekas Honda Civic generasi ini, bisa dibilang cukup murah. Berdasarkan pantauan, harga bekas Honda Civic tipe generasi pertama dijual di rentang Rp10-20 jutaan tergantung kondisi. Memang harganya cukup murah, karena mobil ini sudah berusia lebih dari 30 tahun. Biasanya mobil Honda Civic bekas generasi ini punya kondisi yang kurang segar. Kalau kalian ingin mencari yang kondisinya segar, harus mencarinya dengan sabar.

Salah satu versi Honda Civic generasi pertama yang cukup dicari adalah model Civic CVCC, yang merupakan versi pasar Amerika. Model ini biasanya hadir dengan pintu dua dan setir kiri.

Honda Civic generasi kedua, foto: wikipedia
Honda Civic generasi kedua, foto: wikipedia

Harga Honda Civic Bekas Generasi Kedua

Honda Civic generasi kedua sebenarnya punya tampilan yang hampir mirip dengan generasi sebelumnya. Cuma, yang membedakan adalah bagian gril, bumper dan lis bodi di bagian sampingnya. Generasi kedua grilnya mengotak dari atas hingga bawah. Model ini sudah memakai mesin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder bertenaga 67 Hp. Selain itu, ada 3 transmisi yang ditawarkan, yakni manual 4 dan 5 speed, serta otomatis.

Harganya sendiri berbeda di kisaran yang tidak jauh dengan generasi pertama. Harga bekas Honda Civic generasi kedua berkisar Rp15-30 jutaan.

Honda Civic generasi ketiga atau bisa disebut Civic Wonder.
Honda Civic generasi ketiga atau bisa disebut Civic Wonder.

Harga Honda Civic Bekas Generasi Ketiga

Honda Civic generasi ketiga merupakan salah satu varian yang paling banyak peminatnya. Honda Civic generasi ketiga atau akrab disapa Honda Civic Wonder SB3. Model ini lahir pada 1984 menggunakan mesin 4 silinder seri D. Mesin ini berkapasitas 1.500 cc yang digunakan juga pada model CVCC. Wonder SB3 menjadi salah satu mobil yang pemakai dan peminatnya cukup banyak di Indonesia.

Soal harga memang lebih mahal jika dibandingkan dengan kedua generasi pendahulunya. Selain punya umur yang lebih muda, mobil ini merupakan mobil hatchback dua pintu. Harga bekas Civic generasi ketiga ini berkisar dari Rp20-38 jutaan tergantung kondisi. Di Indonesia, ada model yakni sedan dan hatchback. Jadi, kalian mau pilih yang mana diantara kedua model yang ada?

Baca juga:

Ketahui Penyakit Honda Civic Wonder, Hacthback Legendaris Milik Honda

Honda Civic generasi ke empat, Grand Civic
Honda Civic generasi ke empat, Grand Civic

Harga Honda Civic Bekas Generasi Keempat

Pada 1988-1991, lahirlah Civic generasi keempat. Mobil ini mempunyai nama akrab di Indonesia sebagai Grand Civic. Mobil ini gampang banget untuk diidentifikasi. Pertama, Carmudian bisa lihat dari bagian kap mesinnya yang terlihat landai dan rendah. Selain itu, bagian buritan dari mobil ini juga terlihat sangat kotak dengan tulisan Civic di bagian paling belakangnya. Mobil sedan ini juga memiliki banyak fans di Indonesia.

Harga Honda Grand Civic kini diketahui berada di kisaran Rp20-60 jutaan tergantung kondisi. Bagi kalian yang suka dengan sedan boxy, mobil Honda Grand Civic ini mungkin sangat cocok untuk dipinang. Soal ketersediaan spare part, mobil Grand Civic punya spare part yang masih mudah untuk ditemui. Oiya, kalau versi hatchback dua pintu, Honda Civic ini memiliki nama Civic Nouva.

Honda Civic generasi lima, biasa disebut Honda Civic Genio
Honda Civic generasi lima, biasa disebut Honda Civic Genio

Harga Honda Civic Bekas Generasi Kelima

Honda kembali melakukan penyegaran dengan mengenalkan produk barunya pada 1992. Produk baru generasi kelima ini hadir dengan sebutan akrab sebagai Honda Genio. Honda Genio hadir dengan bentuk bodi yang lebih halus, modern dan mulai meninggalkan kesan mengotak. Di varian ini, Honda menyodorkan opsi dua model, yakni sedan dan hatchback. Model hatchback atau saudara kembar dari Genio punya nama yang lebih dikenal sebagai Estilo.

Kalau Estilo mungkin para kawula muda saat ini sudah lebih akrab didengar karena punya harga yang cukup tinggi, setidaknya hingga saat ini. Hal tersebut disebabkan lantaran desain Estilo yang dinilai tak lekang oleh waktu dan mudah dimodifikasi. Berapa harga bekasnya? Harga Honda Civic bekas versi Genio ini punya banderol Rp40-80 jutaan bisa kondisinya benar-benar mulus. Sedangkan untuk harga Civic Estilo berkisar Rp90-300 jutaan untuk mobil kilometer rendah.

Harga untuk seekor Honda Civic Estilo memang terkadang tidak masuk akal untuk di 2019 ini. Tapi, bagi sebagian orang, mobil ini dianggap sebagai salah satu mobil yang bisa dijadikan objek investasi.

Gimana, gimana? Tertarik enggak nih untuk beli mobil yang satu ini?

Honda Civic generasi enam, biasa disebut Honda Civic Ferio
Honda Civic generasi enam, biasa disebut Honda Civic Ferio

Harga Honda Civic Bekas Generasi Keenam

Empat tahun setelah kelahiran Civic Genio, Honda akhirnya meluncurkan lagi model baru. Maklum, saat itu animo masyarakat juga sangat baik terhadap mobil sedan dan hatchback-nya. Tepatnya pada tahun 1996-2000, Honda meluncurkan Civic EK series yang lebih dikenal dengan nama Ferio di Indonesia. Honda Civic Ferio ini hadir dengan desain yang lebih modern, segar dan cukup sporty.

Wajahnya terlihat lebih kalem, dengan adanya gril berwarna hitam. Honda Civic Ferio ini di Jepang hadir dengan nama Orthia serta Civic Aerodeck di Eropa. Mobil ini juga memenangkan Car of The Year Japan untuk ketiga kalinya. Soal harganya, harga bekas Civic Ferio di kisaran Rp50-100 jutaan. Harga tersebut merupakan harga pasaran yang kami temui.

Honda Civic generasi tujuh
Honda Civic generasi tujuh

Harga Bekas Honda Civic Generasi Ketujuh

Untuk generasi ketujuh ini, bisa dibilang menjadi model yang tidak terlalu banyak peminatnya. Entah mengapa mobil ini seakan kurang terdengar gaung namanya di Indonesia. Tapi, kalian masih bisa mencari Honda Civic ini dengan nama VTIS. Honda Civic generasi ketujuh ini hadir dengan kode bodi EM2, kini harganya berkisar Rp60-120 jutaan tergantung kondisi.

Untuk mobil yang benar-benar segar dan mulus, mobil ini termasuk punya desain yang keren. Desainnya tak terlalu termakan zaman, sehingga masih bisa diajak mejeng di parkiran mall.

Honda Civic generasi delapan, FD series
Honda Civic generasi delapan, FD series

Harga Bekas Honda Civic Generasi Delapan

Honda Civic kedelapan atau yang punya nama keren Civic FD ini menjadi mobil yang kembali jadi incaran sebagian orang. Tampilannya jauh lebih keren dan modern dibanding tipe EM2. Sejak generasi ketujuh dan delapan, Honda Civic tak lagi memiliki nama sebutan. Tapi Civic sejak saat itu Honda Civic memiliki sebutan ke arah kode bodi. Honda Civic FD ini punya performa yang cukup oke.

Di pasaran, harga mobil ini masih terpantau di atas Rp130 jutaan. Selain karena umurnya yang masih tidak terlalu tua, mobil ini dulunya juga memiliki harga baru yang mahal. Bagi kalian yang ingin meminang Honda Civic FD bekas ini, kalian bisa menyiapkan uang berkisar Rp130-190 jutaan untuk versi termuda. Harga ini merupakan harga yang kami survey berdasarkan harga pasaran mobil bekas di kawasan kota Jakarta.

Honda Civic generasi sembilan, FB series
Honda Civic generasi sembilan, FB series

Harga Honda Civic Generasi Sembilan

Honda Civic generasi sembilan atau yang lahir di rentang periode 2011-2016 ini bisa dibilang sebagai salah satu ‘produk gagal’. Mobil yang punya kode Civic FB ini punya desain yang terasa hambar, membosankan dan terkesan tak memiliki jati diri sebuah DNA Civic. Untuk mengetahui mobil ini dari depan cukup mudah, karena di bagian gril memakai aksen krom. Selain itu, desainnya juga lebih modern dan landai dibanding Civic FD series.

Bagaimana soal harganya? Honda Civic FB punya kisaran harga berkisar Rp170-250 jutaan tergantung tahun. Banyak orang yang kurang menyukai Honda Civic FB karena desainnya yang kurang menarik. Namun bagi Carmudian yang tertarik, mobil ini bisa kamu boyong dengan harga kisaran yang sudah kita sebutkan tadi.

Baca juga:

Harga Honda Civic 2015, Perlu Rogoh Kocek Lebih Dalam tapi Worthy

Honda Civic generasi sepuluh, Civic turbo
Honda Civic generasi sepuluh, Civic turbo

Harga Honda Civic Generasi Sepuluh

Honda Civic generasi kesepuluh diluncurkan di Amerika Serikat pada November 2015 untuk model tahun 2016. Honda Civic 2015 terbaru ini juga menandai 43 tahun kehadiran Civic. Mesinnya menggunakan dua pilihan mesin. Pertama, 2.000 cc, 4 silinder, DOHC, i-VTEC bertenaga 158 Hp pada 6.500 rpm. Kedua, berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, DOHC, turbo bertenaga 174 Hp pada 5.500 rpm.

Mobil ini termasuk ke dalam mobil baru yang punya desain modern dan futuristik. Di Indonesia, generasi sepuluh ini hadir dengan sebutan Honda Civic Turbo. Ada dua model yang ditawarkan, yakni sedan dan hatchback. Untuk Honda Civic sedan, harga barunya terpantau mencapai Rp507 juta OTR DKI Jakarta. Sedangkan untuk model hatchback, harga barunya mencapai Rp414-453 jutaan OTR DKI Jakarta.

Nah, bagaimana dengan harga bekasnya?

Harga Honda bekas Civic Turbo ini juga terpantau mengalami penurunan yang cukup jauh. Berikut rangkumannya:

  • Honda Civic Turbo 2016: Rp330-405 jutaan
  • Honda Civic Turbo 2017: Rp370-420 jutaan
  • Honda Civic Turbo 2018: Rp380-430 jutaan

Nah, dari sekian banyak model Civic yang ada di Indonesia, yang mana favorit Carmudian?

Baca juga:

Review Honda Civic Hatchback 2019, Apa yang Menarik?

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Previous post
Sedan Mewah "Pembantu Presiden" Jokowi Tiba di Indonesia Bulan Ini
rincian-biaya-pada-stnk
Next post
Apa Akibatnya Kalau Pajak STNK Mati Hingga Dua Tahun?

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *