Mobil Reviews

Spesifikasi Wuling Almaz, Momok Menyeramkan Bagi Honda HR-V dan CR-V

Spesifikasi Wuling Almaz setara dengan SUV seharga Rp 450 jutaan

Jakarta – Wuling Motors untuk pertama kalinya mengumumkan nama Almaz sebagai produk SUV pertamanya di Indonesia. SUV berkapasitas lima penumpang ini mengusung tagline ‘Drive Unlimited Way’ yang mengedepankan Smart Multimedia. Spesifikasi Wuling Almaz setara Honda CR-V tapi harganya setara HR-V.

Menurut rumor yang beredar, Wuling Motors bakal menjual Almaz dengan rentang harga antara Rp 300-350 juta. Kisaran harga ini hanya sedikit lebih mahal dari Honda HR-V 1.5 S CVT seharga Rp 294,5 juta dan setara dengan tipe 1.5 L E CVT seharga Rp 317,5 juta.

Soal desain, jelas bukan abal-abal seperti merek China zaman dahulu yang hanya mengejar harga murah. Karena menjadi bagian dari General Motors, maka desain Almaz mengadopsi Chevrolet Captiva terbaru yang tidak masuk ke Indonesia.

Honda CR-V

All New Honda CR-V meluncur di IIMS 2017. Foto/Carmudi Indonesia/Zie

Soal spesifikasi, fitur, dan ukuran, Almaz setara dengan Honda CR-V Turbo yang harganya mulai dari Rp 478,5 juta. Tentunya, selisih harga antara CR-V dan Almaz cukup jauh dan ini diharapkan bisa membuat Almaz lebih menggoda konsumen di Indonesia.

Sekilas Wuling Almaz

Wuling Almaz resmi diperkenalkan (Foto: Santo/Carmudi)

Almaz berasal dari Bahasa Arab yang memiliki definisi ‘berlian’, sehingga spesifikasi Wuling Almaz mengandung filosofi ‘stylish, tough, and precious’. Wuling melalui Almaz berkeinginan untuk menjadi pemain di segmen SUV agar dapat terus mengembangkan bisnisnya di Indonesia, setelah berhasil dengan Wuling Confero dan Wuling Cortez.

Strategi Wuling ini mirip seperti cara pemasaran brand ponsel Xiaomi yang juga asal China, yaitu memasarkan produk dengan teknologi canggih tapi dengan harga yang merusak pasaran dikelasnya. Spesifikasi Wuling Almaz didukung oleh mesin bensin berkapasitas 1.500cc turbocharged yang menghasilkan daya maksimal 140 HP dan torsi 250 Nm, yang merupakan torsi terbesar dikelasnya.

Tenaga Almaz cukup besar dengan dukungan perangkat turbo yang diproduksi oleh Honeywell. Transmisinya memakai Continuously Variable Transmission (CVT) dengan 8-Speed Simulated yang merupakan teknologi dari Bosch Holland.

Desainnya mengadopsi gaya Captiva dengan mengaplikasikan bahasa desain dynamic parallel dan gaya floating roof. Pencahayaan utama dengan Future Eyes LED dan lampu utama proyektor LED membuat Almaz terkesan berani dan sporty.

Beberapa ornamen desain Almaz mengikuti jejak SUV medium yang sudah ada. Pada bagian belakang, terdapat Shark fin antena, dan spoiler dengan high stop mount lamp LED, dan rear combination lamp yang ramping.

Perbandingan Spesifikasi Wuling Almaz dengan Honda CR-V

Kehadiran Almaz jelas menjadi ancaman serius bagi Honda CR-V dan SUV lain dengan mesin 1.500 cc. Dari sisi spesifikasi, Almaz didukung mesin yang sejenis dengan CR-V, yaitu 1.500 cc turbocharged. Masing-masing model ini punya kelebihan dari output mesinnya.

Varian SUV Wuling yang akan meluncur 2019. Foto/Carmudi.

Bila Almaz besar di torsi, maka CR-V lebih gahar di tenaga mesin. Dapur pacu CR-V mampu menghasilkan tenaga maksimal 190 PS pada 5600 rpm dan torsi 24.8 Nm pada 2000 – 5000 rpm. Di atas kertas, spesifikasi Almaz lebih mumpuni untuk medan off road atau jalan pegunungan karena torsi yang melimpah.

Setelah mesin, kini Carmudi bakal membandingkan soal spesifikasi lainnya dari kedua SUV ini. Wuling Motors sebagai pemain baru tidak main-main menawarkan kendaraan di Indonesia, karena dukungan fitur dan spesifikasi Wuling Almaz cukup berkelas.

Pada bagian kaki-kaki, spesifikasi Wuling Almaz didukung suspensi independen yang terdiri dari McPherson strut, Coil Spring pada bagian depan dan Multi-Link Trapeziodal di bagian belakang berkontribusi membuat pengendalian maksimal tanpa mengurangi kenyamanan. Rancangan ini serupa dengan CR-V yang juga memakai MacPherson Strut dan Multi-Link.

Adu Fitur Wuling Almaz dengan Honda CR-V

Wuling Motors telah mengumumkan kisaran harga Almaz paling mahal sekitar Rp 350 juta. Dengan harga tadi, pembeli bisa mendapat mobil yang fiturnya setara CR-V Turbo yang harga termurahnya Rp 478.500.000. Keduanya telah memiliki panoramic sunroof yang bisa dibuka secara elektrik.

Kenyamanan mengemudi di Almaz tak kalah dengan CR-V, karena SUV bikinan Wuling ini juga telah dibekali Cruise Control. Pada Almaz, cruise control dapat diaktifkan mulai dari kecepatan 60 km/jam dan diatur melalui tombol di sisi kiri setir.

Salah satu fitur keselamatan unik yang cuma ada pada Wuling Almaz yaitu Emergency Stop Signal. Fitur ini bekerja saat pengemudi melakukan rem mendadak. Cara kerjanya, sinyal lampu hazard akan berkedip secara otomatis sehingga memberikan peringatan kepada pengemudi dibelakangnya untuk mengurangi risiko tabrakan.

Dalam bagian ini kita bandingkan juga fitur keselamatan antara keduanya. Honda CR-V memiliki standar fitur yang lengkap yakni :

Rangka G-CON + ACETM with side impact beam,
Dual Front SRS Airbags,
Emergency Stop Signal,
Pretensioner with Load Limiter Seatbelt,
Driver & Front Passenger Seatbelt Reminder,
ABS + EBD + BA,
ISOFIX + Tether,
Brake Overide System,
Electric Parking Brake,
Auto Brake Hold,
Hill Start Assist dan Vehicle Stability Assist

Sebagian besar fitur sejenis juga tersedia pada wuling Almaz, antara lain:

Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake- force Distribution (EBD), Braking Assist (BA)
Electronic Stability Control (ESC)
Electric Parking Brake (EPB)
Auto Vehicle Holding (AVH)

Fitur Hiburan Unik ala Wuling Almaz

Hadir sebagai produk baru, tentu harus ada yang menarik dan unik dari Almaz. Pada kesempatan ini, Wuling Motors yang mengedepankan Smart Multimedia membekali Almaz dengan head unit 10.4 inch vertikal. Bentuk head unit ini unik, seperti memasang tablet di dashboard karena ukurannya besar.

Interior Wuling Almaz (Foto: Santo/Carmudi)

Head unit ini menyediakan akses mulai dari hiburan, konektivitas, pengaturan kendaraan dan pengaturan pendinginan udara, tampilan kamera 360, hingga TPMS. Pengaturan pada panel instrumen pun seluruhnya dilakukan secara digital.

Head unit besar pada Almaz ini canggih karena mendukung pengaturan AC secara digital, kunci pintu otomatis, pengaturan lampu mobil (lampu sein, headlamp, dan lampu interior). Bahkan, ‘tablet’ tadi juga mengatur fungsi melipat kaca spion secara otomatis saat mobil dikunci.

All new Honda CR-V

Bagian interior baris depan Honda CR-V. Foto/Carmudi Indonesia.

Honda CR-V bukan berarti kalah kelas, Audio Video System canggih pada CR-V Turbo Prestige dengan layar sentuh 9” telah dilengkapi berbagai fungsi termasuk Smartphone Connection, NAVI System, Multi Angle Rearview Camera, dan nanoeTM Technology yang berfungsi menjaga kualitas udara dalam kabin.

Namun, head unit CR-V tidak dirancang untuk melakukan tugas sebanyak ‘tablet’ milik Almaz. Pengaturan AC dan fitur lainnya dilakukan dengan tombol di panel instrumen terpisah.

Beda Gaya Interior Honda CR-V dengan Wuling Almaz

Kedua SUV ini serupa dari segi kapasitas penumpang, yaitu lima pemumpang. Perbedaan interior jadi ciri pembeda antara Almaz dan CR-V. Almaz mengedepankan kesan modern sementara CR-V bergaya elegan dan premium.

Honda CR-V.

Interior CR-V mendapat sentuhan motif kayu menambah elegan. foto/Carmudi Indonesia.

Kesan elegan pada CR-V terlihat dengan adanya Wood Panel interior, Leather Wrapped pada Shift Knob dan Steering Wheel serta Trimmed Seat. Adapun interior Wuling Almaz menonjolkan kesan stylish berkat penggunaan soft touch panel yang tersebar di beberapa area, lingkar kemudi berbalut bahan kulit, jok semi-leather yang ergonomis, serta perpaduan nuansa gelap dan ornamen berwarna cerah.

Soal peranti hiburan, keduanya jelas membekali masing-masing SUV andalan mereka dengan sound system mumpuni. Untuk Almaz, Wuling secara khusus menyiapkan sistem suara dengan dukungan Infinity by Harman. Nama Harman sudah terkenal sebagai produsen audio berkelas yang juga digunakan pada Mercedes-Benz.

Sementara CR-V, sudah tidak lagi memakai Fender Audio. Varian dengan Honda kembali memakai sound system OEM yang kabarnya bermerek Coaxial untuk CR-V. Secara brand, Wuling lebih unggul karena merek Harman yang terkenal dengan kualitas audio mumpuni.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/