Berita

Tak Cuma Smartphone, Oppo Ingin Membuat Mobil

Beijing – Anak perusahaan smartphone dan elektronik BBK Electronics, Oppo dikabarkan ingin membuat mobil. Hal ini tentunya menambah panjang daftar perusaahaan smartphone asal China yang ingin berkecimpung di bisnis mobil. Sebelumnya sudah ada dua perusahaan yang berniat membuat mobil, yaitu Huawei dan Xiaomi.

Menurut laporan CarNewsChina, Kamis (6/5/2021), Tony Chen, pendiri dan CEO Oppo terpilih sebagai pemimpin proyek pembuatan mobil.

Saat ini pihaknya tengah mencari Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbakat, dan terus mempelajari seluk beluk bisnis mobil.

Mobil Oppo

Oppo berencana membuat mobil (Foto: Oppo)

“Di bidang manufaktur mobil, kami akan fokus pada area di mana Oppo dapat bekerja dengan baik. Jika pembuat mobil tidak bisa membuat mobil bagus dan Oppo punya kekuatan, kami akan mencobanya di masa mendatang, ” kata Chen.

Chen dilaporkan sudah melakukan pertemuan dengan pembuat baterai CATL dan telah membentuk tim ahli kendaraan otonom.

Oppo juga dikabarkan telah menerbitkan sejumlah paten terkait kendaraan otonom, termasuk peralatan elektronik untuk penentuan posisi mobil, kamera, dan perangkat pengukur jarak.

Car News China menambahkan bahwa Oppo sedang melakukan penelitian di sebuah fasilitas di Chengdu, China.

Sejauh ini belum diketahui pasti apakah Oppo membangun mobil sendiri mulai dari nol sampai layak dikendarai, atau hanya sekedar membuat perangkat lunak untuk disematkan ke mobil yang sudah jadi, dengan menggandeng produsen otomotif.

Mobil Oppo

Seres Huawei Smart Selection SF5 (Foto: Huawei)

Mobil Huawei Sudah Diperkenalkan

Selangkah lebih cepat dari Oppo, Huawei justru sudah memperkenalkan mobil pertamanya di ajang Shanghai Auto Show bulan lalu. Mobilnya diberi julukan Seres Huawei Smart Selection SF5.

Huawei tidak bekerja sendiri, perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi dan jaringan komunikasi terbesar di Cina itu menggandeng perusahaan lain asal California, Seres.

Mobil hasil garapan Huawei kabarnya ditawarkan dalam dua varian, harganya mulai dari 216.800 yuan atau sekira Rp485 jutaan.

Seres Huawei Smart Selection SF5 memiliki panjang 4.700 mm, lebar 1.930 mm, tinggi 1.625 mm dan wheelbase 2.875 mm.

Mobil Huawei (Foto: Paultan)

Tampilan luar mobil Huawei terlihat begitu modern, tampak gagang pintunya menyatu dengan body mobil sehingga terlihat rapih.

Sementara interiornya dibekali head unit berukuran besar layaknya tablet, berisikan berbagai pengaturan dan terhubung ke sistem HiCar berbasis OS Harmony dari Huawei.

 

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts