Home » Berita » Tak Laku di India, Honda Brio Hatchback Justru Laris di Indonesia

Tak Laku di India, Honda Brio Hatchback Justru Laris di Indonesia

All new Honda Brio yang kini berubah tampilan. Foto/Carmudi.

Mumbai – Honda Cars India selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda di India memutuskan untuk menghentikan penjualan Brio hatchback dan tidak akan membawa versi terbarunya. Langkah itu terpaksa diambil karena penjualan Honda Brio hatchback di India jauh dari kata positif. Berbeda dengan di Indonesia, Honda Brio hatchback justru laris manis.

Sebagaimana diberitakan Indianautosblog, Honda Brio hatchback kalah saing dengan kompetitornya dari merek lain seperti Hyundai dan Maruti. Sepanjang 2018 perusahaan mencatat penjualan Brio hatchback tidak sampai 500 unit tiap bulannya atau jika ditotal dari Januari sampai Desember 2018 hanya mencapai 2.277 unit. Angka tersebut berbanding jauh dengan penjualan di tahun sebelumnya yang mencapai 5,412 unit.

Sementara itu di Indonesia sendiri penjualan Honda Brio hatchback sangat laris. Bahkan saking larisnya, Honda Brio generasi terbaru debut dunia di Indonesia pada Agustus tahun lalu bersamaan dengan GIIAS. Berdasarkan data wholesales (pabrik ke dealer) yang dikeluarkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) pada periode Januari sampai Desember 2018, PT Honda Prospect Motor (HPM) APM mobil Honda di Tanah Air tercatat telah mengirim Brio hatchback varian RS dengan transmisi manual sebanyak 4.188 unit, sedangkan Brio hatchback RS dengan transmisi otomatis sebesar 8.163 unit.

Tidak hanya laris, Honda Brio hatchback menjadi salah satu produk andalan HPM karena selalu meraih penjualan positif tiap bulannya.

Honda Brio hatchback Terbaru Dikembangkan Khusus untuk Indonesia

Lewat ajang GIIAS 2018 Honda meluncurkan versi produksi dari Brio setelah sebelumnya memperlihatkan versi konsep pada April. Peluncuran All New Brio menjadi yang perdana di dunia.

President Director PT Honda Prospect Motor, Takehiro Watanabe pada saat peluncuran Brio terbaru mengatakan. “All New Honda Brio dikembangkan khusus dengan memperhatikan masukan dan kebutuhan dari konsumen di Indonesia. Produk ini akan diproduksi secara lokal di Indonesia, dengan tetap mempertahankan standar kualitas Internasional,”

Berbeda dengan generasi pertama, kini All New Brio tampil dengan desain baru lebih sporty dan dimensi yang lebih besar. Tidak cuma itu, mobil perkotaan ini sudah dibekali dengan fitur-fitur baru yang tentunya dirancang khusus bagi konsumen di Indonesia. Honda Brio hatchback varian RS dipasarkan dengan harga Rp176 juta sampai Rp191 juta.(dol)

Previous post
Oli Khusus LCGC Sekarang Makin Banyak Pilihan Baru
Next post
Fitur Datsun Go Ini Nggak Ada di LCGC Merek Lain