Berita Mobil

Tanto Punya Keunggulan Melimpah, Daihatsu Menolak Menjualnya

Daihatsu Tanto tidak untuk dijual di Indonesia. (Foto: Carmudi/Santo)

Tangerang Selatan – Beragam keunggulan yang dimiliki Daihatsu Tanto sebagai model kei car asal Jepang tidak lantas membuatnya langsung dijual di Indonesia. Hal ini disampaikan langsung oleh Amelia Tjandra, Marketing Director Astra Daihatsu Motor (ADM) beberapa waktu lalu di GIIAS 2019. Meskipun unit model Daihatsu Tanto telah dipajang sepanjang perhelatan pameran, namun pihak Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu di Indonesia tersebut menolak memasarkannya karena alasan desain.

Amel mengatakan mobil dengan bentuk kotak (boxy) kurang mendapat sambutan positif di pasar Indonesia. Saat ini hanya ada sedikit Agen Pemegang Merek (APM) di dalam negeri yang menjual mobil berdesain kotak.

“Yang namanya bentuk kotak itu banyak yang enggak suka terbukti dari merek sebelah,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director ADM tanpa mau menyebut merek mobil yang di maksud.

Meski mobil berbentuk kotak kurang mendapat sambutan baik, tapi tidak mengurungkan niat Daihatsu untuk tetap memamerkan salah satu line-up kei car dari Jepang yaitu New Tanto di GIIAS 2019.

“Karena ini (Tanto) punya teknologi smart assist yang ingin kami tunjukkan ke pengunjung pameran. Kami juga ingin memperlihatkan bahwa teknologi ini di Jepang sudah berjalan. Di Indonesia mau kami coba perkenalkan. Kira-kira smart assist ini dibutuhkan orang Indonesia atau tidak,” terang perempuan yang akrab di sapa Amel itu.

Fascia depan Daihatsu Tanto. (Foto: Carmudi/Santo)

Di samping teknologi tadi, lanjut Amel lewat Tanto pihaknya ingin menunjukkan platform baru yaitu Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

“Ini menggunakan platform DNGA. Kalau Tanto yang lalu platform-nya bukan DNGA. Tanto baru diluncurkan di Jepang. Nantinya semua platform mobil Daihatsu menggunakan DNGA,” jelas Amel.

Keunggulan Daihatsu Tanto

Daihatsu Tanto memiliki sederet keunggulan. Berikut uraian singkatnya:

Desain interior bagian depan kabin Daihatsu Tanto. (Foto: Carmudi/Santo)

1. Mesin Kecil Punya Turbo
Daihatsu Tanto memiliki mesin kecil berkapasitas kapasitas 660 cc 3 tiga silinder Turbo. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis jenis CVT terbaru, yang diklaim bertenaga besar namun tetap irit bahan bakar minyak.

2. Bantingan Lembut Berkat DNGA
Penggunaan platform baru diklaim mampu memberikan kestabilan dalam bermanuver. Selain itu efek bantingannya pun lebih lembut. Sehingga kenyamanan pengemudi dan penumpang di kabin tetap terjaga.

Jok baris belakang Daihatsu Tanto. (Foto: Carmudi/Santo)

3. Pandangan Luas
Perubahan pada desain pilar A yang lebih kecil, serta dimensi kaca utama depan yang lebih besar memberikan visibilitas pengendara lebih luas dan menghilangkan titik blind spot. Dengan begitu pengendara dapat merasa terhubung dengan dunia luar dan lebih aman dalam berkendara.

4. Teknologi Smart Assist Terbaru
Tanto dibekali teknologi Smart Assist generasi terbaru dengan beragam sistem keamanan dan keselamatan yang lebih lengkap. Salah satu teknologi canggih pada fitur ini dapat mendeteksi dan mencegah atau meminimalisir risiko benturan pada kendaraan dan pejalan kaki yang juga didukung dengan sistem pengereman darurat secara otomatis.

5. Berdimensi Kecil
Daihatsu Tanto memiliki dimensi panjang 3.395 milimeter (mm), lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.755 mm. Ini memberikan handling yang berbeda, sehingga Tanto terasa lebih solid dan stabil dalam bermanuver di jalan perkotaan atau jalan sempit. (dms)

Desain belakang Daihatsu Tanto. (Foto: Carmudi/Santo)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts