HomeModifikasiToyota Land Cruiser VX 80 Modifikasi, Dibeli Tanpa Lihat Barang

Toyota Land Cruiser VX 80 Modifikasi, Dibeli Tanpa Lihat Barang

Modifikasi Toyota Land Cruiser VX 80 Series
Modifikasi Toyota Land Cruiser VX 80 Series (Foto: istimewa)

Jakarta – Toyota Land Cruiser VX atau yang lebih dikenal 80 series saat ini masih menjadi primadona. Bahkan harganya saat ini melampaui harga jual model barunya yang diperkenalkan pada era 1990-an.

Enggak mengherankan karena SUV berbodi bongsor satu ini hingga detik ini masih diincar oleh berbagai kalangan. Firman Alfa Tisnohadi salah satunya. Ia bisa dibilang salah satu fans berat dari Toyota Land Cruiser 80 series atau VX 80. Ia pun mengakui jika saat ini Toyota Land Cruiser VX 80 series sangat diminati oleh banyak orang.

“Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa Toyota Land Cruiser VX atau 80 series ini diminati banyak orang. Jadi selain perawatannya mudah banget, mobil ini juga nyaman dipakainya. Soal tipe, yang dijual resmi oleh Toyota Astra Motor itu hanya yang mesin diesel, yang mesin bensin biasanya dijual oleh IU,” ungkapnya kepada Carmudi pekan lalu di rumahnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Pengurus Divisi Pariwisata IOF (Indonesia Offroad Federation) DKI Jakarta dan Kepala Divisi Rescue IMI (Ikatan Motor Indonesia) DKI Jakarta ini memiliki 2 unit 80 series. Keduanya adalah tipe Land Cruiser VX-R transmisi otomatis dan tipe Land Cruiser VX transmisi manual.

Sharing soal pengalamannya dalam perjuangan mendapatkan unit yang bagus, Firman mengatakan jika yang terpenting adalah kondisi sasis dan bodi.

“Lihat saja sasis sama bodinya. Biasanya kalau pernah terguling pas dipakai offroad itu kelihatan dari sasis dan bodinya. Usahakan cari yang masih lurus garis bodi dan sasisnya,” sambungnya seru.

Modifikasi Toyota Land Cruiser VX 80 Series

Ada cerita unik mengenai salah satu unit yang dimilikinya. Firman mengaku membeli Toyota Land Cruiser VX 80 ini tanpa melihat unit. Hanya bermodalkan kepercayaan, ia pun langsung memboyongnya ke garasi rumah dari kawasan Yogyakarta.

Modifikasi Toyota Land Cruiser VX 80 Series
Lampu kabut dan lampu tembak dipasang untuk keperluan adventure (Foto: istimewa)

“Jadi ceritanya saya beli mobil ini enggak lihat mobil sama sekali. Saya cuma dikirim video, lalu saya oke dan besoknya saya bayar lunas. Habis saya bayar langsung pesan towing sampai ke rumah,” beber pria yang juga gemar bersepeda ini.

Sesampainya di rumah, Firman mengaku jika ia tak kecewa dengan kondisi mobil karena diakui masih oke. Bodi dan sasis masih dalam kondisi bagus, mesin pun juga dalam performa yang baik. Bahkan suara mesin dieselnya masih terdengar cukup halus untuk ukuran Land Cruiser VX.

Modifikasi Toyota Land Cruiser VX 80 Series
Suspensi memakai liftkit lansiran Old Man EMU (Foto: istimewa)

“Begitu sampai di rumah dibereskan pelan-pelan dari catnya, bumper, sama yang penting kaki-kaki. Kaki-kaki saya gunakan liftkit dari Old Man EMU yang ukuran 2 inci. Jadi hanya ganti suspensinya saja, mobil langsung jadi bertambah tingginya sampai 3 inci,” katanya.

Pelek dan Ban

Karena kaki-kaki sudah menjadi lebih jangkung, pelek dan ban pun disesuaikan. Pelek memakai ukuran 16 inci agar ruang fender terlihat sesak dan ban Komodo ukuran 35 inci dengan lebar 8 inci. Hasilnya, kaki-kaki menjadi gambot dan tampilan mobil menjadi jauh lebih gahar.

Bagian interior dan mesin sama sekali tidak mendapatkan sentuhan apa-apa. Mesin dan interior dibiarkan dalam kondisi standar.

Mesin dengan kode 1HZ berkapasitas 4.200 cc ini dianggap punya tenaga yang sangat besar dan bandel. Jarang pemilik Land Cruiser memodifikasi berat. Firman pun mengakui hanya menambahkan intercooler saja pada bagian mesin agar pendinginan oli menjadi lebih sempurna.

“Pasang intercooler itu tenaganya jadi lebih enak. Biasanya pemilik VX 80 series jarang yang dimodifikasi besar-besaran di mesin. Standarnya aja sudah enak, makanya jarang dimodif-modif,” lanjutnya.

Kisaran Biaya Modifikasi Kaki-kaki

Soal kisaran biaya, Firman mengatakan jika untuk suspensi liftkit khusus VX 80 series ini ada di kisaran Rp15 jutaan.

“Biasanya kalau liftkit Old Man EMU itu Rp15 jutaan. Jadi ukurannya macam-macam tingginya. Ada yang liftkit 2 inci, 3 inci sampai 4 inci. Tergantung mau seberapa tinggi,” jelas Firman.

Setelah mengganti suspensi, biasanya pemilik Land Cruiser VX ini hanya perlu mengganti ban. Pelek asli bawaan pabrik justru lebih disukai dan saat ini punya banderol harga yang cukup mahal. Selain suspensi, ada juga modifikasi bagian bumper dengan gaya Australian Style.

“Biasanya bumper depan sama belakang diganti juga kalau yang senang modifikasi gaya adventure. Kalau mau plug and play itu pakai buatan ARB, jadi Australian style. Tapi banyak juga yang custom sesuai selera. Tapi sekarang ini banyak yang lebih suka tampilan standar,” kata pria berusia 50 tahun ini.

Harga Toyota Land Cruiser VX 80 Series

Soal harga bekas, Firman mengaku saat ini harga pasaran VX 80 series cukup unik.

“Jadi harga barunya saat itu sekitar Rp180-190 jutaan. Sekarang, ada yang sampai lebih dari Rp500 jutaan. Ini sebenarnya unik juga,” beber Firman yang juga gemar bermain kayak di laut.

Modifikasi Toyota Land Cruiser VX 80 Series
Mobil menjadi tinggi berkat liftkit dan penggunaan ban besar (Foto: istimewa)

Namun, dia memberikan kisaran harga bekas Toyota Land Cruiser VX.

“Biasanya kalau yang tipe paling atas atau VX-R Limited itu bisa lebih dari Rp500 jutaan paling mahal. Tapi kisarannya paling murah Rp250 jutaan sampai Rp450 jutaan di kondisi saat ini. Tapi balik lagi ke kondisi mobil. Semakin segar kondisi mobilnya, semakin mahal,” tutupnya seru.

Galeri Foto Toyota Land Cruiser VX 80 Series

 

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Restorasi Toyota Land Cruiser FJ40 Sampai Miliaran Rupiah, Apa Hebatnya?

Previous post
Harpelnas, Promo Potongan Harga Beli Ban Hingga Oli
Next post
Dampak Buruk Filter Udara Motor Kotor Tidak Pernah Diganti