Home » Berita » Baru 2 Bulan Meluncur, 10 Ribu Renault Triber Diklaim Sudah Terpesan

Baru 2 Bulan Meluncur, 10 Ribu Renault Triber Diklaim Sudah Terpesan

Renault Triber (Foto: Autocar India)

MumbaiRenault resmi meluncurkan produk terbarunya di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) pada Agustus 2019 silam di India. Hanya selang dua bulan sejak peluncuran, mobil bernama Triber tersebut diklaim sudah dipesan sebanyak 10 ribu unit lebih. Ini menandakan bahwa Renault Triber mendapat sambutan positif dari konsumen di sana.

Seiring dengan tingginya permintaan Renault Triber membantu Renault keluar dari perlambatan pasar otomotif. Produsen mobil asal Prancis ini tercatat telah menjual sebanyak 11.516 mobil bulan lalu, atau tumbuh sangat siginifikan hingga 63% bila dibandingkan dengan Oktober 2018. Selain Triber, penjualan Renault bulan lalu di India juga terbantu berkat hadirnya Kwid versi facelift.

Di pasar India Renault Triber tersedia dalam empat varian yaitu RXE, RXL, RXT and RXZ. Mobil keluarga ini dibangun menggunakan platform CMF-A+, turunan dari platform CMF-A yang digunakan untuk membangun Kwid. Adapun dimensi Triber memiliki panjang 3.990 milimeter (mm), lebar 1.739 mm dan tinggi 1.637 mm. Jarak sumbu rodanya 2.636 mm dan ground clearance mencapai 182 mm.

Sumber tenaga Renaut Triber berasal dari mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1.0 liter. Mesin berteknologi VVT ini mampu menghasilkan tenaga 72 Hp dan torsi maksimal 96 Nm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi manual atau AMT lima percepatan. Di atas kertas konsumsi bahan bakar Renault Triber mencapai 20 kilometer per liter.

Renault Triber dibekali beberapa fitur utama termasuk lampu depan proyektor, lampu senja LED, tombol start/stop engine, instrument cluster, roof bars, ban 15 inci, head unit 8 inci dengan sistem Apple CarPlay dan Android Auto, serta masih banyak lagi.

Di India Renault Triber dipasarkan dengan harga mulai Rp98,3 jutaan sampai Rp129 jutaan.

Peluncuran dan Pengumuman Harga Triber di Indonesia Mundur

Tak sampai lebih dari satu bulan sejak peluncurannya di India, Triber kemudian diperkenalkan di Indonesia bersamaan dengan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, BSD, di Tangerang Selatan pada Juli lalu.

PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Renault awalnya berjanji akan meluncurkan sekaligus mengumumkan harga jualnya untuk konsumen di Indonesia pada Oktober 2019. Namun faktanya sampai sekarang harga Renault Triber belum juga diumumkan ke publik.

Perkenalan Renault Triber
Perkenalan Renault Triber. (Foto: Carmudi/Santo)

“Untuk Renault Triber, harganya akan kami pasarkan dan jelaskan di bulan Desember nanti,” jawab COO Maxindo Renault Davy J Tuilan di Jakarta belum lama ini.

Salah satu alasan mengapa Triber belum diberikan banderol harganya adalah ketersediaan barang yang belum jelas. Ia menilai jika kini Renault Triber yang dibuat di India ini masih berebut unit untuk mendapatkan alokasi tersebut.

Sayangnya, Davy enggan menjelaskan berapa jumlah alokasi yang dibutuhkan Indonesia atau negara lain tentang Triber ini.

Davy hanya menjelaskan jika unit Renault Triber tersebut nantinya akan dikirim bertahap. Indonesia sendiri dikabarkan sudah ada 1.300 orang yang melakukan pemesanan pada Triber. Seluruh pemesan tersebut diklaim akan melangsungkan pembelian secara langsung. Secara persentase, 90% orang sudah mengaku tertarik dengan varian transmisi otomatis yang akan dirilis pada April 2020 mendatang.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Previous post
Jelang Tutup Tahun, DFSK Masih Punya 15 Diler Lagi yang Akan Dibuka
Next post
Meluncur Hari Ini, Simak 5 Fakta Mitsubishi Xpander Cross yang Sudah Terkuak