Sepeda motor

Honda CBR250RR SP QS Fitur Quick Shifter Bikin Performa, Akselerasi Meningkat

Hal menarik untuk menjajal Honda CBR250RR SP Quick Shifter yang konon katanya sebuah fitur yang juga digunakan di motor balap motoGP. Carmudi kebetulan di undang PT Astra Honda Motor (AHM) untuk mencoba Honda CBR250RR SP Quick Shifter sebuah motor sport fairing 250cc 2 silinder terbaru mereka.

Rupanya bukan di sirkuit Sentul yang biasanya digunakan para Agen Pemegang Merek untuk melakukan uji coba. Namun pihak AHM memilih untuk melakukan test ride di sirkuit pribadi mereka. Saya yakin belum banyak yang tahu kalau Honda punya sirkuit internal yang bisa digunakan untuk melakukan test produk.

Ternyata AHM telah menyelesaikan Safety Riding Park yang merupakan bagian dari AHMSRTC (Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center). Ada dua sirkuit yaitu Course On Road dan Course Off Road, pihak AHM mengklaim kalau SRP ini terbesar di Asia dengan investasi mencapai 1 trilyun.

Sebenarnya AHM akan memperkenalkan keberadaan tempat ini kepada masyarakat umum, namun terkendala dengan pandemi covid-19 maka hal ini di tunda. Pengetesan Honda CBR250RR Quick Shifter merupakan even pertama yang digelar dengan menggundang beberapa wartawan untuk merasakan lintasan sirkuit ini yang layak untuk kejurnas road race.

Kembali lagi ke bahasan utama yaitu Honda CBR250RR Quick Shifter, motor sport fairing ini kini sudah dilengkapi dengan fitur quick shifter (QS) yang unik plus assist slipper clutch. Bahkan fitur quick shifter-nya juga sudah dilengkapi dengan auto blipper.

Semakin penasaran untuk membuktikan dua fitur baru tersebut, namun kenaikan daya dari CBR250RR SP QS yang menjadi 41PS tentu membuat rasa ingin tahu lebih dalam. Seberapa besar perbedaannya dengan 38,7PS sebelumnya? Nah, Carmudi Indonesia melakukan  test ridenya di sirkuit Safety Riding Park milik AHM yang baru dibangun.

Sekilas Fitur Quick Shifter

Perlu diketahui kalau Quick Shifter CBR250RR SP mempunyai beberapa pilihan. Yaitu full atas bawah (plus auto blipper), atas atau naikin gigi saja, turunin gigi saja (auto blipper), atau off sama sekali.

Setelah menggunakan apparel safety lengkap, Carmudi Indonesia bersama dua orang dari media lain bersiap menuju sirkuit. Dengan dipandu satu orang road captain dari AHMSRTC di depan dan satu lagi paling belakang. Sebelumnya Carmudi Indonesia menyetel fungsi quick shifter pada kondisi full yaitu Up and Down. Agar sama “nyamannya” dengan kendaraan yang digunakan pada MotoGP.

Paling tidak untuk mengetahui perbedaan keberadaan fitur ini, karena sebelumnya Carmudi Indonesia juga sempat test ride touring CBR250 generasi sebelumnya. Saat itu dilakukan menyusuri jalanan di pulau Bali dengan berbagai kondisi jalan. Pastinya untuk riding mode pada posisi sport plus, agar kondisi maksimal dan optimal.

Honda CBR250RR SP Quick Shifter . Foto: Carmudi

Honda CBR250RR SP Quick Shifter . Foto: Carmudi

Pada tahap pertama kami menuju sirkuit kecil terlebih dahulu, meskipun kecil tapi lebih panjang (dan aspalnya jauuhh lebih bagus) dibandingkan sirkuit Sentul kecil. Pada sirkuit ini yang kami coba adalah handling, agilitas, pengereman, akselerasi dari diam termasuk keluar tikungan meskipun harus berhati-hati. Karena bukan sirkuit besar dengan pengamanan standart.

Harus diakui kalau trek ini sangat menantang, banyak variasi mulai dari trek lurus meskipun tak terlalu panjang. Namun harus tetap fokus karena kalau tidak Anda bisa nyelonong karena beberapa tikungannya sangat tajam. Ada tikungan parabolik yang menyempit bahkan ada juga tikungan yang menyerupai S kecil.

Penggunaan Fitur

Sebagai informasi untuk penyetelan Quick Shifter-nya tak bisa dilakukan sambil jalan, melainkan harus berhenti dahulu. Karena tombolnya jadi satu dengan tombol pilihan mode. Mencoba pada RPM rendah di bawah 8000 sedikit menyentak namun soft. Tapi kalau pendapat saya untuk memaksimalkan fitur ini tergantung pengendalian kita saat bermain di RPM. Hal ini akan terasa perbedaannya dengan CBR250 produk sebelumnya, lebih mengasyikan alias soft.

Sementara penggunaan auto blipper-nya yang dirasakan justru CBR250RR SP ini memiliki rentang yang lebih panjang, tidak harus harus di tutup full throttle-nya sudah bisa shift down. Kalau orang Surabaya bilang dalam kondisi ini adalah “Ciamik soro” uenak pol pokok e.

Beberapa kali melakukan hard engine braking hingga gigi 1, dengan adanya Assist Slipper Clutch hanya selip atau ngesot sedikit namun total controlnya oke bisa dikoreksi dengan sangat mudah.

Fitur terbaru Quick Shifter yang ada di Honda CBRRR 250. Foto: Istimewa

Fitur terbaru Quick Shifter yang ada di Honda CBRRR 250. Foto: Istimewa

Performa Mesin dan Handling Alami Peningkatan

Dalam rilis resminya yang beredar saat peluncuran pihak AHM mengakui kalau beberapa perbaikan pada kaki kaki. Pada bagian shock depan sedikit lebih panjang 5mm namun tetap ergonomi karena dudukannya disamakan kenaikannya. Suspensi belakang kami rasakan lebih stiff dibandingkan versi sebelumnya, apalagi sikuit SRP AHM yang mulus dan minus bumpy sangat menyenangkan saat menikung dengan suspensi yang sudah di-tweak ini.

Saat menikung yang kami rasakan lebih stabil dan tak ada keraguan untuk melakukannya meskipun outwide sedikit mudah melakukan koreksi. Namun ini dilakukan di sirkuit bukan dijalan raya.

Bicara masalah performa dapur pacu, motor ini hanya butuh waktu 8,65 detik untuk mencapai jarak 200m dan mampu mencapai kecepatan puncak hingga 172kpj, catatan waktu ini menempatkan varian terbaru Honda CBR sebagai standar performa tertinggi di kelas super sport 250cc dua silinder. Kecepatan puncak kami buktikan di lintasan lurus yang panjangnya lebih 1km dengan capaian 172kpj.

Secara umum setelah menjajal Honda CBR250RR SP QS sudah sangat membuktikan bahwa motor ini memang Sport 250 cc twin paling “joss gandos” dibanding kompetitornya yang beberapa waktu lalu melakukan test ride juga di Sentul. Keberadaan fitur Quickshifternya memang asli membuat performa akselerasi meningkat plus juga kenyamanan saat downshift. Sayangnya Quick shifter ini tidak dapat dipasang pada CBR 250RR lama, kalau ASC nya bisa.

Nah, Honda CBR250RR SP Quick Shifter dapat dipesan di seluruh diler Honda Wing yang tersebar di seluruh Indonesia dengan harga On The Road (OTR) DKI Jakarta Rp76.700.000,- untuk Bravery Red Black. Lalu Rp77.300.000 untuk pilihan warna Honda Racing Red, dan Rp77.700.000,- untuk Special Edition Garuda x Samurai.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts