Home » Berita » Kenapa Mobil Station Wagon Jadi Incaran di Indonesia?

Kenapa Mobil Station Wagon Jadi Incaran di Indonesia?

Jakarta – Station wagon, jenis mobil yang satu ini memang nggak pernah salah dalam memikat mata dan hati bagi para car enthusiast sejati. Bisa dibilang ada alasan mobil station wagon di Indonesia sangat populer, bahkan saking populernya mobil station wagon hingga kini punya banderol yang cukup mahal dan tentunya fans yang setia.

Mobil station wagon sendiri memiliki arti sedan dengan atap yang bagian belakangnya diperpanjang hingga bagasi. Gampangnya sih, sedan yang dipanjangin kalau bicara dengan orang awam. Mungkin sebagian orang menganggap mobil ini punya desain yang aneh, tetapi banyak juga yang jatuh hati dengan wagon ini.

Lantas, sering muncul pertanyaan mengenai mengapa model ini menjadi incaran bagi car enthusiast? Alasan pertama adalah jumlahnya yang tak banyak. Seringkali produsen otomotif membuat varian station wagon sebagai edisi special atau edisi touring. Di benua Eropa, mobil ini menjadi mobil yang kerap digunakan untuk menempuh perjalanan jauh karena punya bagasi besar, serta kenyamanan lebih.

Jumlahnya yang sedikit tentu saja membuat mobil ini menjadi barang langka, alasan itulah yang membuat station wagon punya harga mahal. Sebenarnya station wagon sendiri sudah ada sejak tahun 1950-an. Chevrolet, Buick, Chrysler dan beberapa produsen Amerika lainnya adalah salah satu trend setter station wagon yang ada di dunia.

Di Indonesia sendiri, mobil station wagon dibanderol cukup mahal. BMW e30 wagon misalnya. Model ini pernah terjual hampir Rp 1 miliar di salah satu ajang BMW yang pernah digelar beberapa waktu lalu. Namun, tak semua edisi station wagon punya banderol yang mahal.

Salah satu varian station wagon yang kurang berhasil di Indonesia adalah Mazda Vantrend contohnya. Tapi coba saja tengok beberapa merk seperti BMW, Mercedes Benz, Volvo, Fiat, Chevrolet, Buick dan Chrysler harganya seperti satu unit rumah cluster di kota Jakarta. So, mobil station wagon merupakan mobil yang cocok untuk dikoleksi. Tertarik mendaratkannya di garasi?

Previous post
Sejarah Plat Nomor di Dunia, Sudah Berumur Ratusan Tahun
Next post
Review Toyota C-HR, Model TNGA Pertama di Indonesia