Berita

All New Toyota Fortuner Siap Meluncur 2022, Ada Versi Hybrid

All New Toyota Fortuner

All New Toyota Fortuner diperkirakan meluncur 2022 (Foto: TAM)

New Delhi – Toyota diam-diam rupanya sedang mempersiapkan All New Fortuner dan kemungkinan besar akan diluncurkan pada 2022. Adalah Yoshiki Konishi, selaku Chief Engineer Toyota Motor Corporation yang membocorkan hal tersebut.

Dalam kesempatan wawancara eksklusif bersama Autocar India, Yoshiki membeberkan ada beberapa perubahan yang akan terjadi pada All New Toyota Fortuner.

Tidak cuma tampilan baru dan penambahan fitur saja, tapi ada juga penyematan teknologi hybrid yang kini tengah menjadi tren di industri otomotif.

Berikut sedikit bocoran mengenai fitur dan teknologi yang akan ada di All New Toyota Fortuner sebagaimana disampaikan oleh Konishi.

Baca Juga:

Electronic and Electrical

Fortuner generasi terbaru akan datang dengan fitur Electric Power Steering (ESP). Artinya model Power Steering hidrolik yang ada pada model sekarang tidak digunakan lagi.

“Dalam waktu dekat, kami ingin memperkenalkan EPS yang akan membuat kendaraan lebih mudah dikendarai. Jika kami memperkenalkan EPS, kami membutuhkan perubahan besar dalam platform elektronik,” kata Konishi.

EPS berpotensi mengurangi kerja pengemudi, terutama saat mengendarai mobil di jalan perkotaan.

All New Toyota Fortuner

Toyota Fortuner (Foto: TAM)

Vehicle Stability Control

Selain EPS, Toyota juga berencana memperkenalkan fitur Vehicle Stability Control (VSC) yang dikontrol secara elektrik. Fitur ini nantinya juga akan disematkan pada All New Toyota Fortuner.

“SUV yang akan datang diharapkan dapat memberikan tingkat kendali yang lebih baik atas sistem untuk mengatasi berbagai medan jalan,” sambung dia.

Advanced Driver Assistance System

Toyota tengah memperkenalkan fitur konektivitas secara bertahap. Nantinya Fortuner generasi terbaru memiliki beberapa item tambahan dari segi fitur konektivitas termasuk penambahan fungsi Advanced Driver Assistance System (ADSS).

Rangka

Konishi memastikan kontruksi rangka model tangga (ladder frame) masih akan tetap dipertahankan pada All New Fortuner.

“Fortuner dibangun dengan body-on-frame, yang merupakan salah satu konsep intinya. Kami tidak punya rencana untuk mengubahnya. Pelanggan yang menggunakan SUV offroad membutuhkan kontruksi body-on-frame,” terang dia.

All New Toyota Fortuner

All New Fortuner ada versi hybrid (Foto: TAM)

Teknologi Hybrid

Toyota Fortuner facelift yang baru saja diluncurkan di Thailand, Indonesia dan India, dibekali dengan mesin bensin dan diesel.

Mengingat peraturan emisi yang semakin ketat di sejumlah negara, Toyota merasa perlu untuk mengembangkan mesin yang lebih ramah lingkungan.

Dengan demikian, powertrains Fortuner generasi mendatang diharapkan dapat direkayasa untuk beberapa bentuk elektrifikasi.

“Saat ini, powertrain diesel (murni) bukan yang terbaik. Sulit untuk memenuhi regulasi. Jadi, kami perlu beralih dari diesel ke sistem diesel-plus-hybrid, atau juga powertrain lain,” katanya.

Dirinya menolak untuk berkomentar secara spesifik terkait mesin diesel hybrid. Hanya saja ia mengungkapkan bahwa saat ini Toyota punya dua jenis teknologi hybrid.

“Satu adalah hybrid kuat dan yang kedua, hybrid ringan. Jadi, ini adalah salah satu solusi kami,” pungkas Konishi.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts