Home » Mobil » Berita Sepekan Carmudi: Peluncuran Vespa Primavera Edisi 50 Tahun, Harga Mobil Toyota Naik, hingga Banderol Suzuki GSX150 Bandit

Berita Sepekan Carmudi: Peluncuran Vespa Primavera Edisi 50 Tahun, Harga Mobil Toyota Naik, hingga Banderol Suzuki GSX150 Bandit

Jakarta – Berita otomotif satu pekan terakhir diramaikan oleh berita peluncuran Vespa Primavera 50th Anniversary. Skutik ini tampil begitu spesial sebab memiliki berbagai aksesori tambahan yang membuat motor berbeda dari Primavera biasa.

Selain itu ada kabar dari Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Indonesia. Pada pekan pertama Oktober 2018, TAM menaikkan harga untuk beberapa produk unggulan. Kenaikan harganya berkisar Rp1 jutaan hingga Rp4 jutaan.

Satu pekan lalu, dunia otomotif Indonesia juga diramaikan bocornya harga Suzuki GSX150 Bandit beberapa hari sebelum peluncuran resmi. Bukan Suzuki namanya bila tidak selalu memberikan kejutan, termasuk soal menetapkan harga sepeda motor sport terbarunya itu. Suzuki menjual GSX150 Bandit ke konsumen dengan harga sedikit lebih murah ketimbang Yamaha Vixion.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini berita sepekan Carmudi:

1. Vespa Primavera Menginjak Usia ke-50 Tahun

Memperingati setengah abad hadirnya Vespa Primavera di dunia otomotif, Piaggio Indonesia memperkenalkan Primavera 50th Anniversary kepada ‘Vespa Lovers’ di Indonesia.

Piaggio Indonesia merilis Vespa Primavera 50th Anniversary di Jakarta (Foto: Carmudi)

Edisi khusus ini hadir dalam aksen klasik dengan warna biru muda dan coklat matte. Velgnya bergaya klasik dengan cat abu-abu dan kombinasi warna ini tidak tersedia pada Primavera tipe standar.

“Perayaan ulang tahun ke-50 Vespa Primavera menandai momen penting dalam sejarah kami di mana timeless icon yang sejati dirayakan sebagai bagian dari budaya. Edisi terbatas Vespa Primavera 50th Anniversary ini didedikasikan secara khusus bagi orang-orang yang ingin tampil beda dan menyukai ikon ini,” ujar Marco Noto La Diega, Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia saat peluncuran.

2. Pajak Kendaraan Bermotor Lebih Murah

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sangat berharap tarif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) diturunkan atau bila perlu PPnBM dihapus tarifnya. Upaya PPnBM dihapus atau setidaknya diturunkan ini, guna mendongkrak produktivitas industri otomotif nasional supaya dapat memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan, melalui harmonisasi PPnBM kedepannya, entah itu diturunkan tarifnya atau bahkan PPnBM dihapus tarifnya, besaran tarif pajak tidak lagi berbasis tipe kendaraan, ukuran mesin dan peranti penggerak.

Pajak akan diperhitungkan berdasarkan hasil pengujian emisi karbondioksida (CO2) dan volume silinder (ukuran mesin). Batas emisi terendah yakni 150 gram per kilometer dan tertinggi 250 gram per kilometer. Adapun PPnBM yang berlaku 0-50 persen. Semakin rendah emisi dan volume mesinnya, pajak yang dibayarkan semakin murah.

3. Harga Mobil Toyota Naik Bulan Ini

TAM menaikkan harga dari empat produk unggulannya. Keempatnya adalah Toyota Voxy, Toyota Rush, Toyota Calya dan Toyota Agya. Kenaikan ini dilakukan setelah melakukan evaluasi biaya dengan seksama. Disertai dengan keinginan TAM untuk tetap memberikan harga terbaik kepada pelanggan Toyota di Indonesia.

Tentunya ada banyak faktor yang menyebabkan TAM memutuskan untuk menaikkan harga. Faktornya datang dari internal maupun eksternal perusahaan. Kenaikan harga yang dilakukan oleh TAM bukan sekedar hitung-hitungan kecil saja, namun sudah dipertimbangkan secara matang.

4. Ada David Beckham di Peluncuran Mobil Nasional Vietnam

Selama ini Vietnam hanya bergantung pada negara lain untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dalam membeli mobil. Menandai keseriusan dalam menggarap mobil nasional Vietnam, VinFast meluncurkan dua model yaitu LUX A2.0 Sedan dan LUX SA2.0 SUV di ajang Paris Motor Show 2018.

Hadir dalam peluncuran eks gelandang flamboyan Manchester United, David Beckham, didampingi Miss Vietnam 2018, Tran Tieu Vy serta para petinggi perusahaan VinFast. Mantan pesepakbola itu terlihat tersenyum lebar saat memegang bendera Vietnam bersama Miss Vietnam.

“Ini luar biasa. Maksud saya, untuk menciptakan sesuatu dalam waktu yang sangat singkat adalah benar-benar luar biasa. Vinfast adalah keajaiban bagi Vietnam, luar biasa, cantik sekali. Ini ramping, modern, menggunakan teknologi tinggi, berkelas premium. Ini luar biasa. Selamat ya,” ujar Beckham seperti dilansir dari Dailymail.

5. Harga Suzuki GSX150 Bandit Rp26 juta

Pada saat perkenalan Suzuki GSX150 Bandit di GIIAS 2018 lalu, Suzuki belum mengumumkan harga resmi. Namun sekitar beberapa pekan lalu, pihak Suzuki sempat memberikan sedikit gambaran mengenai harga GSX150 Bandit.

Banggas F. S. Pardede, Marketing 2W Section Head PT SIS, mengutarakan bahwa harga Suzuki GSX150 Bandit tidak lebih mahal dari penantangnya, Yamaha Vixion.

Apa yang dikatakan oleh Banggas nampaknya akan menjadi kenyataan. Seorang pemilik akun Facebook, Ikhsan Jumaris mengunggah foto yang menunjukkan sebuah surat dari Suzuki berisi harga Suzuki GSX150 Bandit.

Di situ tertera jelas harga GSX150 Bandit seharga Rp26 juta. Sepertinya surat tersebut ditujukan untuk dealer sepeda motor Suzuki. Harga jual Suzuki GSX150 Bandit itu bisa dikatakan resmi, mengingat ada dua tanda tangan petinggi SIS di surat itu.

Suzuki Bandit Resmi Meluncur di Indonesia (Foto: Carmudi)

Sebagai perbandingan, pesaing terdekatnya yaitu Yamaha Vixion dipasarkan dengan harga Rp26,5 juta untuk varian paling bawah, varian Vixion Yamaha Movistar seharga Rp27,2 juta dan Vixion R dibanderol Rp29.5 juta. (dna)

klub motor
Previous post
Arogansi Klub Motor, Sering Meresahkan Sejak Zaman Hindia Belanda
Next post
Ambisi Geser Tesla, Mercedes Benz Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik