HomeBeritaBMW Motorrad Rilis BMW F900R, Naked Bike Bertabur Fitur

BMW Motorrad Rilis BMW F900R, Naked Bike Bertabur Fitur

BMW F900R resmi mengaspal di Indonesia, harga Rp380 jutaan off the road
BMW F900R resmi mengaspal di Indonesia, harga Rp380 jutaan (off the road). (Foto: Rizen/Carmudi)

Jakarta – BMW Motorrad baru saja merilis F900R yang akan mengisi segmen naked bike di Indonesia. Kehadiran sepeda motor ini dinilai cukup spesial lantaran dibekali spesifikasi mumpuni dan fitur berlimpah dan lengkap. Atas seremoni peluncuran ini, Joe Frans, CEO BMW Motorrad Indonesia juga mengatakan bahwa sepeda motor ini sudah dapat dipesan.

“Sepeda motor ini memang ditujukan kepada pecinta naked bike di Indonesia. Yang pasti motor ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur kekinian,” ujarnya kepada Carmudi, Jumat (17/7/2020) kemarin.

Peluncuran motor baru BMW Motorrad
Peluncuran motor baru BMW Motorrad. (Foto: Rizen/Carmudi)

Di bagian depan, motor ini menggunakan pelek besar 17 inci dengan lebar 3,5 inci yang dibalut ban 120/70. Sedangkan di belakang lebih lebar, sama-sama 17 inci tapi bannya 5,5 inci dan bannya 180/55. Suspensinya, bagian depan pakai model Upside Down berukuran 43 milimeter.

bmw f900r motor naked bike terbaru

Sedangkan suspensi belakangnya berupa central spring strut dari dual swing arm cast aluminium-nya. Tapi yang menarik adalah tabung horizontal yang BMW sebut Dynamic ESA atau Electronic Suspension Adjustment. Ini adalah fitur yang bisa mengubah setting preload dari suspensi hanya dengan menekan satu tombol saja.

Mesin BMW F900R

Mesin BMW F900R sendiri, memakai basis dari BMW F850GS. Hanya saja mesin tersebut diperbesar kapasitasnya menjadi 895 cc, 2 silinder dengan pendingin radiator. Tenaga maksimalnya mencapai 105 hp dengan torsi 92 Nm. Di atas kertas, angka tersebut terbilang menunjukkan tenaga yang cukup buas di kelasnya.

Mesin BMW F900R
Mesin diambil dari basis F850GS. (Foto: BMW Motorrad)

Emisi yang dihasilkan juga tergolong baik, karena sudah lolos Euro5 dengan penggunaan katalitik konverter 3 arah. Transmisinya 6 percepatan, dengan penyematan Gearshift Assistant Pro yang serupa dengan quickshifter. Pengendara dapat menaikkan dan menurunkan gigi tanpa harus menarik pedal kopling saat melaju di atas kecepatan 40 km/jam.

Dan untuk menghentikan tenaga yang masif ini, tentunya BMW memberikan F900R sistem pengereman dual cakram 320 mm dengan kaliper 4 piston. Di belakang, pakai single cakram 265 mm dengan kaliper 1 piston. Kedua rem tersebut tentunya sudah dibekali ABS agar pengereman semakin maksimal.

Fitur BMW F900R

Dengan harga off the road Rp380 jutaan, lantas apa saja fitur yang ditawarkan?

Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya, motor ini punya banyak fitur canggih. Seperti Cornering ABS yang dapat mencegah sepeda motor mendadak berdiri saat pengendara menarik tuas rem saat merebah di tikungan.

Ada juga MSR Dynamic Engine Brake Control, fitur canggih yang dapat mengurangi power mesin secara otomatis saat throttle-nya ditutup mendadak atau ketika turun gigi. Throttle bakal menyesuaikan pasokan udara dan bahan bakar secara otomatis dengan torsi yang dikontrol valve di dalam mesin.

Selain itu ada juga Dynamic Brake Control yang dapat mencegah throttle tidak terkontrol saat pengereman mendadak. Fitur lainnya terdapat Dynamic Traction Control untuk menjaga traksi.

Untuk memastikan tekanan ban aman sebelum berjalan, BMW F900R juga dilengkapi Tyre Pressure Monitoring. Klaster instrumennya berupa layar TFT sebesar 6,5 inci. Layar ini punya resolusi yang sangat tajam dan dilengkapi dengan bluetooth untuk sinkronisasi ke aplikasi BMW Connected.

Pada klaster instrumen, pengendara bisa melihat bermacam-macam menu, seperti mengecek konektivitas, maps, detail mesin, menyalakan lagu, dan berbagai informasi lainnya. Tapi yang canggih, maps di sini bisa digunakan untuk merekam perjalanan.

Salah satu fitur andalan dari BMW F900R adalah Adaptive Cornering Headlight. Fitur ini memungkinkan lampu menyorot lebih jauh saat sedang berbelok pada malam hari.

Lampu sudah memakai LED dan dilengkapi cornering adaptive headlight
Lampu sudah memakai LED dan dilengkapi cornering adaptive headlight

Fitur tersebut akan berfungsi saat reflektor lampu depan yang bergerak menyesuaikan kemiringan sepeda motor mulai dari 10 derajat ke atas dengan kecepatan minimal 10 km/jam. Misalnya ketika kita berbelok ke kanan, reflektor bakal otomatis menyinari bagian kanan jalan juga, begitu juga sebaliknya. Canggih, kan?

BMW F900R ditawarkan dalam 3 warna pilihan. Mulai dari hitam Black Storm Metallic, biru San Marino Blue Metallic, dan Hockenheim Silver Metallic atau dikenal juga sebagai warna Racing Red.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Harga Kawasaki Ninja ZX-25R di Thailand Lebih Mahal Dibandingkan di Indonesia

Mudik Bareng Daihatsu
Previous post
Cara Daihatsu Manjakan Klub Mobil di Masa Pandemi
Next post
Kredit Toyota Agya, Cicilan Ringan Mulai dari Rp 3 Jutaan