HomeBeritaHarga Honda Civic Type R Dua Kali Lipat Lebih dari Civic Turbo, Kok Bisa?

Harga Honda Civic Type R Dua Kali Lipat Lebih dari Civic Turbo, Kok Bisa?

Laporan Langsung GIIAS 2017

Tangerang – Setelah terpajang sangar di booth utama GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2017 dari hari pertama pameran (10/8), akhirnya PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan harga resmi Honda Civic Type R.

Mau tebak?

Bukan. Harganya bukan lebih mahal Rp 150 atau bahkan Rp 100 jutaan ‘saja’ dibanding Honda Civic Hatchback Turbo yang Rp 435 jutaan atau Civic Turbo di Rp 480 jutaan, tapi bahkan dua kali lipat lebih dibanding varian sedannya. Gila!

Civic Type R Carmudi
Seksinya tampang Honda Civic Type R (Carmudi Indonesia – Sano)

“Harga Honda Civic Type R Rp 995 juta untuk di tahun 2017 ini,” ujar Jonfis Fandy, Aftersales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor. Tepatnya, angka di atas sudah dalam status on the road Jabodetabek sehingga tidak perlu menambahkan lagi dengan pajak dan lain-lainnya.

Tetap saja, hampir Rp 1 miliar untuk sebuah Civic. Kok bisa?

Basis Civic Type R ini memang diambil dari Civic Hatchback yang banderolnya tidak sampai setengah miliar Rupiah, namun berbagai perbedaan signifikan dan satu alasan penting membuat anda harus merogoh kocek lebih banyak untuk memiliki salah satu hot hatch paling ikonik ini.

Perbedaan tersebut mencakup eksterior yang seperti dirancang ulang dengan bumper, spoiler dan underbody yang mendukung aerodinamika lebih baik. Kemudian, fitur juga lebih mumpuni seperti mode berkendara Comfort, Sport dan +R.

Pun pula spesifikasi balap seperti kehadiran Limited Slip Differential, penggantian sokbreker Dual Axis di depan hingga mesin 2.0L turbocharged-nya yang bertenaga 306 hp dan torsi 400 Nm jelas membuat kastanya jauh berada di atas Honda Civic Turbo yang sudah beredar.

Civic Type R Carmudi
Bagian belakang terlihat makin sangar bro! (Carmudi Indonesia – Sano)

Selain itu, status Civic Type R yang tidak diimpor dari Thailand seperti kedua saudaranya pun akan membuat pautan harga jelas semakin jauh.

“Mobil ini dirakit di Britania Raya,” jelas Shinji Aoyama, Chief Officer, Operations (Asia & Oceania) Honda Motor Corporation serta President & CEO Asian Motor Honda Co.,Ltd ini.

Seperti setiap Civic Type R yang ada di sekeliling dunia pun, Honda Civic Type R yang masuk resmi di Indonesia dibuat dan dirakit di pabrik Swindon di Inggris. Sehingga jelas, biaya pajak dan impornya akan jauh lebih mahal.

Oh iya, harga RP 995 juta on the road Jabodetabek tersebut hanya berlaku untuk keempat warna dasarnya ya yaitu Rallye Red, Brilliant Sporty Blue, Sonic Gray P dan Championship White. Untuk dua warna khusus, Polished Metal Metallic dan Crystal Black Pearl yang akan tersedia mulai tahun 2018, perlu menambah lagi Rp 2 juta.

Bagaimana? Rela mengeluarkan Rp 900 jutaan untuk membeli ‘sebuah’ Civic?

Penulis: Fransiscus Rosano

Tata Motors
Previous post
Ini Pilihan Produk Tata Motors yang Menggoda GIIAS 2017
Suzuki Jimny
Next post
Ini Harga Resmi Suzuki Jimny dan Rincian Kreditnya!