Berita

Hyundai Creta Dibekali Teknologi Hyundai Bluelink, Apa Itu?

Tangerang –Hyundai Creta untuk pasar Indonesia telah dibekali dengan teknologi Hyundai Bluelink. Melalui teknologi baru tersebut pengguna Creta tak perlu khawatir mobil hilang, hingga lupa mengunci pintu kendaraan.

Hyundai Bluelink merupakan Connected Car Service yang diklaim dapat menghubungkan mobil dengan penggunannya melalui smartphone. Selain itu memungkinkan pemilik mobil terhubung ke pusat panggilan Hyundai dalam keadaan darurat.

“Secara singkat Hyundai Bluelink adalah telematics fitur, tidak hanya telematik yang bisa beroperasi pada sistem kendaraan tetapi juga merambat ke pelanggan,” ungkap Putra Samiaji, Head of Before Service PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), dalam press conference, Senin (15/11/2021).

fitur hyundai creta creta assurance program

Melalui Hyundai Bluelink ada beberapa fitur mobil yang bisa dioperasikan melalui smartphone tanpa harus mendekat ke kendaraan. Adapun fitur-fiturnya adalah Remote Engine Start/Stop, Climate Control, Remote Door Lock/Unlock, Remote Horn & Light Control.

Selain itu, pengguna mobil juga bisa mengecek lokasi parkir kendaraan.

Tak sampai di situ saja, teknologi ini juga mendukung keselamatan dan keamanan pengemudi maupun penumpang Creta.

Keselamatan dan Keamanan

Keselamatan dan keamanan di sini bukan sebuah fitur yang dapat mencegah terjadinya kecelakaan saat berkendara, melainkan sistem yang membantu pengguna Creta ketika terjadi kecelakaan atau dalam kondisi darurat di tengah perjalanan.

Interior Hyundai Creta

Interior Hyundai Creta (Foto: Santo/Carmudi)

Dari segi keselamatan, pelanggan dapat mengakses tiga fitur utama di mobil untuk mencari pertolongan. Ketiganya adalah:

Auto Collision Notification (ACN)

Fitur ini memungkinkan kendaraan secara otomatis menghubungi call center ketika terjadi kecelakaan.

“Mobil akan langsung menghubungi call center ketika menghadapi tabrakan yang menyebabkan airbag mengembang. Begitu airbag mengembang, mobil akan menelepon call center,” terang Putra.

Save Our Soul (SOS)

Layanan darurat apabila pelanggan membutuhkan pertolongan ambulans, dan polisi.

Misalnya, pengemudi merasa terancam akan keselamatannya di mobil, maka bisa menekan tombol SOS.

“Nantinya bila sudah terhubung ke call center, akan ditanya apa yang membuatnya menekan SOS. Lalu akan menanyakan apa yang diinginkan, menghubungi polisi atau ambulans,” tambahnya.

Roadside Assistance

Layanan darurat jika pelanggan membutuhkan jasa perbaikan darurat atau towing.

Teknologi Hyundai Bluelink

Teknologi Hyundai Bluelink (Foto: Santo/Carmudi)

Sementara, dari segi keamanan, Hyundai membenamkan dua fitur pada Hyundai Bluelink. Fungsi utama kedua fitur adalah untuk mencegah mobil digondol maling.

Stolen Vehicle Immobilze (SVI)

Fitur ini memungkinkan call center menonaktifkan kendaraan atas permintaan pelanggan dengan menyertakan laporan kehilangan mobil.

“Call center mendapat repot mobil dicuri, maka dia bisa menonaktifkan kendaraannya. Mobil akan nonaktif dengan sendirinya ketika tengah berhenti bukan sedang berjalan,” jelas Putra.

Stolen Vehicle Tracker (SVT)

Call center bisa melacak keberadaan kendaraan atas permintaan pelanggan dengan meyertakan laporan kehilangan.

“Fitur ini memungkinkan call center melakukan pelacakan kendaraan. Fitur ini hanya bisa gunakan pada saat kendaraan sudah dicuri,” tutup Putra.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di sant[email protected]

Related Posts