Home » Mobil » Ini Bocoran Wajah Baru New Toyota Agya, Mukanya Mirip Toyota Yaris

Ini Bocoran Wajah Baru New Toyota Agya, Mukanya Mirip Toyota Yaris

Desain New Toyota Agya sepintas mirip Toyota Yaris. Foto @indra_fathan

Jakarta – Beberapa waktu belakangan berhembus kabar Toyota dalam waktu dekat akan melakukan facelift pada Agya. Bahkan, sosok New Toyota Agya fotonya sudah banyak beredar di jagat maya. Ubahan yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor bersama dengan PT Astra Daihatsu Motor untuk si kembar ini sifatnya hanyalah minor change.

Toyota menggarap ubahan ini seiring meningkatnya selera dan gengsi di masyarakat. Mobil LCGC kini harus makin keren dan fiturnya makin banyak tapi harganya juga tetap terkangkau. Agar kian modis dan keren, Toyota mengubah desain New Agya dengan gril trapezoidal yang mirip seperti Yaris Lele.

Mobil dengan harga terjangkau hingga kini masih menjadi primadona di masyarakat. Tidak heran, penjualan mobil di segmen LCGC begitu laris karena harganya yang masih sesuai daya beli kebanyakan orang. Toyota tampaknya sengaja mempertahankan desain body Agya demi menjaga harganya tetap terjangkau.

Ini juga menjadi salah satu strategi umum dari duet Toyota-Daihatsu di Indonesia yang biasanya baru melakukan major facelift suatu model setelah menginjak usia 10 tahun. Melihat siklusnya, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla diluncurkan pada 2013 lalu. Artinya, life cycle city car jagoan Toyota ini baru menginjak tujuh tahun.

Facelift pada Toyota Agya terakhir dilakukan pada April 2017, atau sekitar tiga tahun yang lalu. Ubahan yang dilakukan juga sebatas mengganti desain lampu depan dan belakang dengan gaya futuristik. Headlamp-nya lebih ramping dengan dipisahkan grill besar bergaya trapezoidal.

Pada lampu belakang berukuran besar dengan pencahayaan berbentuk L-Shape. Kemudian mounting bumper belakang dilengkapi lampu reflektor serta muffler. Adapun mesinnya tersedia opsi 1.0 dan 1.2 liter dalam pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Nah untuk versi 2020 ini, apa saja perubahan yang akan dihadirkan oleh Toyota pada New Agya? Yuk kita ulas lebih lanjut.

Desain New Toyota Agya Makin Stylish

 

Desain New Toyota Agya. Foto @indra_fathanBukan rahasia lagi bila pengguna mobil LCGC kini begitu peduli masalah desain mobilnya. Itulah yang membuat pabrikan mobil berlomba membuat desain yang modis dan kekinian, termasuk pada sosok New Agya yang akan meluncur dalam waktu dekat. Polesan pada desain baru terutama pada opsi TRD membuat wajah New Agya lebih tegas.

Melalui foto yang diunggah oleh akun Instagram @indra_fathan, kita bisa melihat desain bingkai grille menonjol dengan kisi-kisi tak lagi berupa garis horizontal, melainkan honeycomb hitam dengan bilah tebal untuk tempat plat nomor berwarna senada. Paling jelas, karakter grill khas karakter Joker yang menghiasi bumper justru dihilangkan.

Desain rumah foglamp kini lebih kaku dengan sudut mengotak, mirip dengan gaya Yaris Lele. Kian sporty, hadirnya front lip dengan aksen yang kontras, membuat mobil terkesan lebih ceper. Ukuran bemper dengan bingkai grill lebih menonjol dan besar membuat wajah New Agya menjadi seperti Yaris Lele versi mungil.

Desain belakang New Toyota Agya hanya dipercantik lampu dengan aksen smoke

Namun demikian, desain headlamp masih sama seperti Agya versi 2017 yang bergaya lancip dengan LED DRL. Desain lampu belakang juga masih belum berubah, hanya saja kini terdapat garnish mika bergaya smoke untuk membuat penampilannya lebih gahar. Rear spoiler dengan ukuran besar berkelir hitam membuat New Agya terkesan sporty dan perlahan mulai menghilangkan kesan mobil murah.

Desain spion juga mendapat penyegaran dengan ujung bergaya lancip mirip Avanza. Kemudian, pada velg kini ukurannya naik memakai ukuran 14 inci dual tone. Bila melihat penampilan secara keseluruhan, New Agya memiliki gaya yang agresif dan berusaha mendobrak pakem ‘mobil murah’ yang selama ini disandangnya.

Interior New Agya Makin Modern

Tampilan interior Agya 1.2 TRD dengan head unit touchscreen 7′

Jika pada pembaharuan sebelumnya, Toyota hanya menyediakan fitur setengah hati pada Agya saat meluncur di tahun 2017. Kini, interior New Agya lebih berkelas dengan fitur yang lebih kece dari versi sebelumnya. Dahulu, kita hanya disuguhkan head unit 2DIN biasa yang belum touchscreen dengan pengaturan AC diputar memakai knob.

Kini, lupakan kesederhanaan kabin Agya yang ‘biasa’ itu. Waktunya menyambut wajah baru interior New Agya yang lebih menggoda dari sisi fiturnya. Dari foto yang diunggah oleh Indra Fathan dalam akun Instagram miliknya, kita disuguhkan dashboard dengan head unit touchscreen berukuran 7 inci dan pengaturan AC yang digital di konsol tengah. Head unit yang nantinya hadir pada New Agya juga telah memungkinkan koneksi antara mobil dengan ponsel pintar.

Toyota Agya interiornya lebih menarik

Adapun untuk tipe-tipe terbawah dibekali head unit model touch capative seperti milik Toyota Avanza 1.3. Varian keyless juga tampaknya cuma tersedia untuk Agya tipe tertinggi, dan kontak dengan anak kunci juga masih tetap dipertahankan untuk beberapa tipe. Setidaknya, fitur keyless di Agya menjadi pelopor untuk pertama kalinya ada pada mobil di segmen LCGC.

Kunci di Agya 1.2 G Manual

Setirnya juga tidak lagi polos karena di sisi kiri palang sudah terdapat tombol-tombol untuk pengaturan head unit. Memang sih, desain setir tiga palang juga tidak berubah dari versi sebelumnya haanya saja lebih kaya fitur. Begitu juga dengan instrument cluster dimana desain speedometer dan odometer tidak berubah.

Tombol Keyless pada Toyota Ayla TRD

Hal yang paling menarik dalam edisi facelift Toyota New Agya yaitu adanya teknologi keyless untuk varian Toyota Agya TRD. Fitur ini tidak cuma untuk membuka kunci pintu, melainkan juga mengaktifkan dan mematikan mesin mobil. Adapun tombol starternya berasa di sisi kanan, bersebelahan dengan tombol untuk mengatur spion elektrik.

Desain New Daihatsu Ayla Adopsi Style Ayla Turbo

Desain New Ayla Mengadopsi Gaya Ayla Turbo

Kalian masih ingat di tahun lalu Daihatsu gembar-gembor melakukan riset teknologi turbo pada sebuah Daihatsu Ayla? Nah, desain dari Ayla turbo saat itu juga berbeda daripada Ayla versi standar. Rupanya, desain milik Ayla Turbo benar-benar copy-paste diaplikasikan pada saat facelift New Ayla.

Secara garis besar, bahasa desain Ayla juga serupa dengan Agya dengan husing foglamp kekar dan bergaya mengotak. Perbedaannya terdapat pada bagian grill dimana Ayla punya desain trapesium seperti orang tersenyum lebar. Bagian kisi-kisi grill dicat berwarna hitam, begitu juga garnish yang memisahkan kedua lampu depan.

Ubahan kosmetik yang disajikan oleh PT Astra Daihatsu Motor pada Ayla hanya sebatas memperbaiki penampilan wajah saja. Bagian samping sampai belakang tak ada bedanya dengan Toyota Agya. Nah, Daihatsu kabarnya akan menghadirkan warna kuning metalik yang menjadi identitas utama pada New Ayla.

Mesin New Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Masih Sama

Daihatsu Ayla
Mesin Daihatsu Ayla. Foto/Carmudi Indonesia.

Melihat habbit Toyota dan Daihatsu, kita cuma hanya bisa menunggu bila major facelift pada Agya dan Ayla hadir paling cepat pada 2023 mendatang. Pasalnya, Toyota dan Daihatsu saja bisa mempertahankan SUV kembar Rush-Terios hingga lebih dari 10 tahun, demikian juga pada Avanza-Xenia.

Untuk saat ini, kita hanya bisa menerima update kosmetik dari sisi eksterior dan penambahan beberapa fitur untuk tipe tertinggi. Sebab, mesin yang digunakan oleh si kembar Agya-Ayla masih tetap sama sejak 2013 yaitu 1KR 1.0 liter dan 3NR 1.2 liter. Tenaga maksimal mesin 1.2 liter masih tetap sama di angka 88 PS di putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimal 108 Nm di putaran 4.200 rpm.

Adapun mesin 1KR berkapasitas 1.0 liter VVT-i pada facelift 2017 mengalami peningkatan tenaga dari awalnya 65,3 PS menjadi 67 PS. Kedua mesin inilah yang masih jadi andalan pada New Agya dan Ayla pada facelift versi kedua. Mesin ini terbukti tangguh karena juga digunakan pada Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Previous post
Anies Tunda Formula E di Jakarta, Pameran Otomotif IIMS Jalan Terus
Next post
Ingin Ganti Ban Serep Mobil? Berikut Caranya