Home » Reviews » Super Irit! Test Drive All New Suzuki Ertiga Konsumsi Bahan Bakar Sentuh 29,34 Km/Liter*

Super Irit! Test Drive All New Suzuki Ertiga Konsumsi Bahan Bakar Sentuh 29,34 Km/Liter*

*Syarat dan Ketentuan Berlaku.

Test eco drive All New Ertiga. (Foto: Carmudi/Dimas)

Cikarang – Menyikapi tren road trip yang kini telah cukup membudaya di masyarakat Indonesia, All New Suzuki Ertiga pun coba membuktikan diri sebagai kendaraan ideal yang nyaman dan irit konsumsi bahan bakar. MPV kesohor andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Cikarang, Jawa Barat ini diuji langsung oleh awak media dengan menempuh perjalanan Cikarang-Cirebon melalui jalan tol Palimanan.

Segala kemampuan dalam konsep AMIN (Aman, Mewah, Irit, dan Nyaman) diuji. Selayaknya, serangkaian uji coba All New Ertiga dilakukan mulai dari kenyamanan, fitur keamanan hingga efisiensi bahan bakarnya.

Tripventure Suzuki All New Ertiga. (Foto: Carmudi/Dimas)

Khusus soal konsumsi bahan bakar, PT SIS membalut event bertajuk “All New Ertiga Tripventure” ini dengan kompetisi. Total ada delapan mobil All New Ertiga yang digunakan, yaitu empat unit All New Ertiga bertransmisi manual dan empat unit All New Ertiga bertransmisi otomatis. Kesemuanya bersaing untuk membuktikan mobil bermesin K15B DOHC 1.500 cc mana yang paling irit.

“Sebagai salah satu mobil andalan Suzuki, All New Ertiga menjadi kendaraan terpercaya untuk menemani perjalanan keluarga Indonesia dalam berbagai aktivitas. Pada kegiatan All New Ertiga Tripventure ini kami juga ingin mendukung program pemerintah dalam peningkatkan efisiensi energi bahan bakar lewat Eco Driving,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS di Cikarang, Selasa (27/8/2019) kemarin.

Pemenang pun tentu dibagi juga dalam kategori berdasarkan varian Ertiga-nya: transmisi manual dan otomatis (matik).

Metode Penghitungan Konsumsi Bahan Bakar All New Ertiga

 

Tes konsumsi bahan bakar All New Ertiga. (Foto: Carmudi/Dimas)

Sistem penilaian menggunakan metode full to full. Jadi, di titik destinasi nanti akan dihitung berapa All New Ertiga harus minum bahan bakar untuk kembali penuh tangkinya. Selain itu, peraturan ketat pun diberlakukan oleh pihak penyelenggara, yaitu dilarang menonaktifkan AC. Alhasil, semua kenop AC pun disegel.

Perjalanan pun dimulai pada pukul 9 pagi menuju Marina Seafood Restaurant, Cirebon. Untuk menuju destinasi ini, peserta “All New Ertiga Tripventure” melalui jalur tol Palimanan dengan jarak perjalanan sejauh 172 km. Setelah menikmati hidangan laut khas Cirebon, perjalanan “All New Ertiga Tripventure” pun berlanjut ke Keraton Kasepuhan Cirebon sebagai titik akhir Lomba Irit Ertiga. Dengan begitu total jarak lomba sekaligus observasi efisiensi bahan bakar All New Ertiga mencapai 184 km.

All New Ertiga tiba di Keraton Kasepuhan Cirebon. (Foto: Carmudi/Dimas)

Proses penghitungan konsumsi bahan bakar pun dilakukan. Setelah semua mobil All New Ertiga dihitung, muncul hasil yang cukup mengejutkan.

Hasil detail konsumsi bahan bakar All New Ertiga.

  • Kategori All New Ertiga Transmisi Manual (MT): 25,34 kpl.
  • Kategori All New Ertiga Transmisi Otomatis (AT): 29,34 kpl.

Memang, dari hasil yang didapatkan tentu cukup mengejutkan. Kendati konsumsi bahan bakar transmisi manual pada umumnya lebih irit, namun kali ini All New Ertiga transmisi matik juaranya. Ini jelas terjadi lantaran habit berkendara pengemudinya.

Tim Carmudi yang kebetulan menumpang di All New Ertiga matik, merasa ada penyebab khusus sehingga MPV Suzuki ini jadi sangat irit. Kecepatan dan putaran mesin yang konstan jadi penentunya. Tips berkendara irit bahan bakar ini tentunya memang sudah dibekali oleh PT SIS saat briefing sebelumnya. Pada briefing tersebut dijelaskan bagaimana berkendara irit bahan bakar dengan tetap mengutamakan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

All New Ertiga di pintu tol Plumbon. (Foto: Carmudi/Dimas)

Berikut rincian tips mengemudi hemat bahan bakar Suzuki All New Ertiga.

Tips Eco Driving ala Suzuki

  1. Akselerasi Perlahan

Dalam berkendara, sebaiknya tidak langsung kick down pedal gas. Lakukan akselerasi secara perlahan, yaitu mulai dari 20 km/jam selama 5 detik baru tekan pedal gas hingga jarum jam di odometer bergerak naik. Pertahankan kecepatan konstan pada angka tertentu, sesuai kebutuhan (misalnya minimal 60 km/jam di jalan tol).

  1. Mengemudi dengan Sedikit Akselerasi dan Deselerasi

Mengemudi dengan kecepatan yang tetap (konstan) dengan jarak cukup dan kecepatan aman berdasarkan pada keadaan lalu lintas antar mobil.

  1. Melepas/Tidak Menekan Pedal Akselerator

Pengemudi dapat memanfaatkan engine brake secara positif. Dengan menggunakan engine brake, mesin akan mengehentikan suplai bahan bakar dan konsumsi bahan bakar pun bisa turun sekitar 2 persen.

  1. Stop Idling

Jangan membiarkan mesin menyala dengan kondisi idle dalam waktu lama. Mobil mengkonsumsi sekira 130cc bahan bakar ketika mesin idling (diam) selama 10 menit, saat kondisi netral meski AC dalam keadaan mati.

All New Ertiga test drive konsumsi bahan bakar.
  1. Memanaskan Mesin dengan Tepat

Bergerak segera setelah mesin dihidupkan. Memanaskan mesin terlalu lama akan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mesin kurang lebih sekira 3 menit atau ketika jarum penunjuk suhu mesin sudah mulai bergerak. Mobil menggunakan bahan bakar sekitar 160 cc saat mesin dipanaskan.

  1. Pantau Informasi Lalu Lintas

Ketika berkendara dalam perjalanan yang ditempuh selama 1 jam, dan kita kehilangan waktu mengemudi (missing drive) selama 10 menit karena macet, maka konsumsi bahan bakar akan meningkat sekitar 14 persen.

  1. Cek Tekanan Angin Ban

Jika tekanan udara ban berkurang 50kPa (0,5 kg/cm2) dari tekanan normal, akan terjadi peningkatan konsumsi bahan bakar sekitar 2 persen hingga 4 persen.

  1. Hindari Membawa Barang yang Tidak Diperlukan

Ketika berkendara dengan membawa barang berbobot sekitar 100 kg, maka akan meningkatkan konsumsi bahan bakar sekira 3 persen.

  1. Perhatikan Area Parkir

Hindari parkir ilegal untuk mencegah kemacetan. Parkir tidak pada tempatnya dapat mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Jika kecepatan berubah dari 40 km/jam, menjadi 20 km/jam, akan menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat sekira 31 persen.

All New Ertiga di pabrik Suzuki Cikarang. (Foto: Carmudi/Dimas)

Harga All New Suzuki Ertiga (OTR DKI Jakarta)

  • All New Ertiga GA M/T Rp 196.000.000
  • All New Ertiga GL M/T Rp 215.500.000
  • All New Ertiga GL A/T Rp 226.000.000
  • All New Ertiga GX M/T Rp 229.500.000
  • All New Ertiga GX A/T Rp 240.000.000
  • All New Ertiga SS M/T Rp 241.000.000
  • All New Ertiga SS A/T Rp 251.500.000

Baca juga:

Pakai Platform Suzuki Ertiga, Maruti XL6 Termurah Dibanderol Rp195 Juta

 

Penulis: Dimas

Previous post
Pameran Diecast Tomoci Fair 6, Pajang Porsche Langka di Dunia
Next post
Dulu Hanya Jualan, Sekarang Diler di Bali Ini Buka Layanan Perbaikan Mobil Suzuki