Modifikasi

Isuzu Juga Pernah Produksi Mesin Bensin Loh, Ini Variannya

Mesin Diesel

Mesin diesel Isuzu punya berbagai keunggulan dibanding mobil diesel lainnya (Google)

Jakarta – Siapa tak kenal dengan Isuzu? Dengan jargon ‘Rajanya Diesel’, nama Isuzu makin dikenal sebagai produsen yang memproduksi mesin diesel di Indonesia. Padahal, sebenarnya Isuzu juga pernah loh memproduksi mesin bensin. Enggak percaya? Iya beneran, ada kok mesin bensin yang diproduksi sama Isuzu. Biar sama-sama tahu, yuk kita bahas bersama-sama.

Ada beberapa mesin bensin yang pernah dibuat oleh Isuzu. Bahkan produksi ini dilakukan oleh Isuzu global yang artinya enggak cuma di Indonesia aja, nih. Kira-kira Carmudian tahu enggak mesin bensin apa saja yang pernah diproduksi Isuzu?

GH

GH merupakan mesin bensin pertama yang diproduksi oleh Isuzu pada tahun 1953. Mesin berkode GH10 ini punya kapasitas yang cukup kecil, yakni hanya 1.260 cc dengan tenaga 36 Hp. Pada tahun 1955, mesin ini diperbarui dengan kapasitas mesin lebih besar, yakni 1.390 cc dengan nama GH12.

GL150

Pada tahun 1959, Isuzu juga pernah mengembangkan mesin bensin berkode GL150. Mesin ini punya kapasitas 1.491 cc dengan tenaga 59 Hp dan menjadi sumber daya dari Isuzu Elf. Kemudian pada tahun 1961 dipasangkan di Isuzu Bellel.

G200Z

Mesin Isuzu G200Z, photo: Andhika Pradana.

Mesin Isuzu G200Z, photo: Andhika Pradana.

Mesin G200Z diproduksi secara global pada tahun 1981 sampai 1983. Mobil yang memakai mesin ini adalah Isuzu Rodeo atau di Indonesia dikenal dengan nama Chevrolet Trooper. Mesin ini punya kapasitas 1.949 cc, 4 silinder yang bisa mengeluarkan tenaga 81 Hp dengan torsi maksimal 140 Nm.

4ZC1

Mesin 4ZC1 pertama kali diproduksi pada tahun 1985 hingga 1987 di Jepang. Enggak, Carmudian enggak salah baca, kok. Mesin ini pertama kali dirilis di Jepang buat Isuzu Bighorn. Soal kapasitas, mesin ini punya kapasitas 1.994 cc, 4 silinder, SOHC bertenaga 141 Hp dengan torsi maksimal di angka 163 Nm. Mesin ini khusus dipasangkan di Bighorn versi pasar Jepang pada tahun 1985 sampai 1987.

Kendati hampir sama dengan G200Z, mesin ini bisa dibilang lebih canggih. Bahkan pada Isuzu Impulse (sedan) sudah dilengkapi dengan turbocharge yang kala itu cukup fenomenal di Jepang.

4ZD1

Mesin 4ZD1, photo: Andhika Pradana

Mesin 4ZD1, photo: Andhika Pradana

Nah, mesin yang satu ini pertama kali dirilis di Indonesia. Mesin ini diproduksi pada tahun 1984 sampai 1986. Sedangkan pada tahun 1986 sampai 1987, mesin 4ZD1 dirilis untuk pasar Amerika Serikat. Kapasitasnya mencapai 2.250 cc, 4 silinder, SOHC dengan tenaga 82 Hp dengan torsi maksimal 170 Nm. Mesin 4ZD1 sendiri merupakan pengganti G200Z. Salah satu keunggulannya adalah potensinya yang bisa ‘dioprek’ hingga menghasilkan tenaga 200 Hp.

Di luar itu, sayangnya di Indonesia pernah ada beberapa kasus yang membuat mesin ini mudah overheat. Di beberapa kasus bahkan ditemukan bahwa bagian cylinder head dari mesin ini mudah melengkung.

Modifikasi Chevrolet Trooper

4ZE1

Mesin 4ZE1 pertama kali diproduksi secara global dan Amerika Serikat pada tahun 1987 sampai 1991. Kapasitas mesin ini bisa dibilang paling besar, mencapai 2.595 cc, 4 silinder, SOHC dengan sistem injeksi. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 120 Hp dengan torsi maksimal di angka 190 Nm. Mesin ini lahir sebagai mesin pengganti dari 4ZD1 dengan sistem pengapian elektronik dan kapasitas mesin lebih besar.

Sayangnya, mesin Isuzu bensin 4ZE1 memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah terhadap perlindungan air dan daya tahannya terhadap medan off road. Maklum, semua mesin yang disebutkan di atas digunakan pada varian Chevrolet Trooper bensin di Indonesia. Untuk mesin yang satu ini, hanya sedikit yang masuk ke Indonesia karena di Indonesia lebih memakai mesin 4ZD1.

Mesin 4ZE1, photo: Google

Mesin 4ZE1, photo: Google

6VD1

Mesin 6VD1 merupakan hasil produksi tahun 1991 sampai 1996. Dengan kapasitas mesin mencapai 3.165 cc, V6, DOHC, 24 valve, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 175 Hp dengan torsi 264 Nm. Mesin ini merupakan mesin yang didesain sendiri oleh Isuzu dengan daya tahan yang sangat baik.

6VE1

Selanjutnya, mesin bensin Isuzu ada 6VE1. Mesin ini diproduksi pada tahun 1998 sampai 2005. Kapasitas mesinnya sebesar 3.494 cc, V6, DOHC, 24 valve. Tenaganya mencapai 215 Hp dengan torsi 230 Nm. Pada tahun 1998, Trooper di Amerika Utara memakai mesin ini, hingga tahun 2002.

G161Z

Mesin G161Z juga pernah masuk ke Indonesia dan digunakan untuk Holden Gemini. Selain itu, Chevrolet LUV juga memakai mesin ini. Mesin bensin buatan Isuzu ini termasuk ke dalam salah satu mesin Isuzu paling populer di ajang drag di Australia. Mesin G161Z terkenal mudah dimodifikasi sehingga mampu didongkrak hingga menghasilkan tenaga yang cukup besar.

Nah, itu tadi beberapa mesin bensin yang pernah diproduksi oleh Isuzu. Semoga pengetahuan dan referensi Carmudian semakin bertambah ya.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Punya Niat Ganti Mesin? Simak Dulu Cara Mengurus Surat-Suratnya

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts