HomeBeritaMasuk Thailand Harga Suzuki XL7 Tembus Rp300 Jutaan

Masuk Thailand Harga Suzuki XL7 Tembus Rp300 Jutaan

Suzuki XL7
Suzuki XL7 (Foto: Suzuki)

Bangkok – Mengikuti jejak sang kakak yaitu Ertiga, Suzuki XL7 tidak hanya akan difokuskan untuk pasar domestik saja, tapi juga ekspor. Saat ini mobil keluarga jenis Sport Utility Vehicle (SUV) sudah mulai dipasarkan di negara tetangga Indonesia, sebut saja satu di antaranya Thailand. Peluncuran Suzuki XL7 baru saja dilakukan oleh Suzuki Motor Thailand sekira awal Juli lalu.

Dari segi spesifikasi antara Suzuki XL7 yang dipasarkan di Indonesia dengan di Thailand tidak banyak berbeda. Namun bicara soal harga sangat jauh berbeda. Di pasar Thailand , XL7 hanya tersedia dalam satu pilihan varian saja yaitu GLX dengan harga 779.000 baht atau sekira Rp368 juta. Harga yang sangat fantastis untuk satu unit Low SUV.

Di Indonesia sendiri harganya jauh lebih murah. Itu dikarenakan mobil ini sudah diproduksi secara lokal di pabrik Suzuki yang terletak di Cikarang, Jawa Barat. Ada enam varian yang ditawarkan ke konsumen. Di antaranya Suzuki XL7 Zeta M/T dibanderol Rp230 juta, XL7 Zeta A/T Rp240,5 juta, XL7 Beta M/T Rp246,5 juta, XL7 Beta A/T Rp257 juta, XL7 Alpha M/T Rp256,5 juta, dan varian tertinggi dihargai XL7 Alpha A/T Rp267 juta.

Spesifikasi Suzuki XL7

Suzuki XL7 untuk pasar Thailand sudah dibekali dengan mesin yang serupa dengan Ertiga. Mesin bensin tipe K15B berkapasitas 1,5 liter. Di atas kertas 147 hp dan torsi puncak 13Nm. Mesin VVT dipasangkan dengan transmisi otomatis empat kecepatan untuk menggerakkan roda depan.

Walaupun dibangun dari basis Ertiga, Suzuki mencoba merancang XL7 dengan nuansa berbeda dan tampil seperti layaknya SUV pada umumnya. Bagian atap XL7 telah dibekali dengan roof rail, velgnya tampil dalam dua warna dengan ukuran 16 inci. Bagian depan mobil dilengkapi lampu utama dan DRL LED, kisi-kisi gril dual bar, serta lampu belakang LED. Bagian belakangnya tampil cukup mengesankan dengan desain lampu berbentuk ‘L’ yang dinamis, spoiler atap, dan diffuser belakang.

Dibagian kabin terdapat haed unit layar sentuh berkuran 10 inci sudah kompatibel dengan Apple CarPlay dan terdapat porta HDMI. Dari segi keamanan, XL7 dibekali perangkat ESP, hill-hold control, ABS/EBD, Isofix, dan kamera parkir belakang.

Warna bodi yang disediakan ada empat, mencakup black, grey, white dan Rising Orange Pearl Metallic. Demikian seperti dilansir dari Paultan, Selasa (14/7/2020).

Mendapat Sambutan Positif di Indonesia

Suzuki XL7 meluncur di Indonesia pada pertengahan Februari 2020. Pada saat seremonial peluncuran, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) menargetkan penjualan sebesar 2.000 unit sebulan. Belum sampai satu bulan setelah pelucuran target tersebut tercapai.

Suzuki XL7 ditawarkan dalam 3 tipe; Alpha, Beta, dan Zeta. (Foto: Carmudi/Dimas)

Berdasarkan catatan perusahaan, jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) XL7 hingga 9 Maret 2020, atau 23 hari sejak diluncurkan mencapai 2.001 unit. Angka tersebut lebih tinggi dari target.

“Suzuki XL7 mendapat respons positif dari pelanggan di seluruh Indonesia. Di pertengahan hingga akhir Februari, kami berhasil membukukan pemesanan sebanyak 1.395 unit, kemudian ditambah lagi 606 unit di bulan Maret (9 Maret),” terang Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS dalam keterangan resminya, Maret lalu.

Ketertarikan konsumen terhadap Suzuki XL7 tak lepas dari berbagai fitur unggulan yang ditawarkan. Mulai dari Smart E-Mirror, Keyless Push Start-Stop Button, AC Digital Auto Climate with Heater serta Power Outlet hingga baris ketiga, dan masih banyak lagi.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Daftar Harga Mobil Low MPV Terbaru, Paling Murah Rp150 Jutaan
Toyota GR Supra, test drive di sirkuit Sentul. Photo: Toyota
Next post
Spesifikasi Toyota GR Supra, Reinkarnasi Sang Mobil Legenda