Komersial

Mitsubishi Fuso Terus Lakukan Strategi Pemasaran Digital Secara Masif

Di tengah pandemi Mitsubishi Fuso lancarkan strategi pemasaran yang masif (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Kondisi industri otomotif khususnya pasar kendaraan niaga turut tergoncang akibat pandemi Covid-19. Hal itu ditandai dengan menurunnya permintaan pasar kendaraan niaga sejak awal 2020. Sepanjang Januari hingga Oktober 2020, permintaan pasar kendaraan niaga hanya 39.062 unit.

Padahal, pada periode yang sama tahun sebelumnya (Januari-Oktober 2019), jumlah permintaan mencapai 77.662 unit. Ini artinya, pasar kendaraan niaga turun hampir separuhnya, minus 49,7%. Berbagai strategi dilakukan oleh semua merek untuk meraih pasar, tak terkecuali merek Fuso.

Sebagai informasi, di Januari hingga Oktober 2020, Mitsubishi Fuso berhasil mencatatkan penjualan 19.007 unit dengan menguasai market share 48,7% di pasar kendaraan niaga di Indonesia. Pangsa pasar ini terhitung naik jika dibandingkan periode yang sama tahun 2019, yang hanya 43,5%. Meski demikian, secara total penjualan, Mitsubishi Fuso juga mengalami penurunan, yakni dari 33.082 unit (Januari-Oktober 2019) menjadi 19.007 unit (Januari-Oktober 2020).

Sejatinya, tetap masifnya kampanye pemasaran dan komunikasi menjadi salah satu kunci Mitsubishi Fuso bertahan di masa pendemi. Memanfaatkan dunia digital dilakukan untuk sarana kampanye di sepanjang tahun ini, hal ini disebabkan situasi pandemi. Antara lain, dengan menghadirkan offical store-nya di Tokopedia pada September 2020 lalu.

Menggelar Customer Gathering Virtual

Sebelumnya, pada semester kedua 2020 misalnya, Mitsubishi Fuso bersama dengan Dealer Mitsubishi Fuso menggelar 45 sesi acara customer gathering secara virtual yang tersebar di seluruh Indonesia. Kegiatan yang digelar hingga akhir Agustus 2020 ini dihadiri oleh 2.500 pelanggan setia Mitsubishi Fuso.

“Setiap tahunnya, kami bersama dealer memang secara rutin menyelenggarakan customer gathering melalui program seperti FUSO Gathering dan Truck Campaign. Acara ini diselenggarakan agar KTB dan dealer dapat mempererat komunikasi dengan pelanggan setia Mitsubishi Fuso. Yang membedakan dari tahun-tahun sebelumnya adalah pertemuan kali ini dilakukan secara virtual, mengingat kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk pertemuan tatap muka secara langsung dengan konsumen,” ungkap Dony Hermawan, Head of PR & CSR Department KTB.

Dony menambahkan kalau acara Customer gathering telah menjadi acara tahunan yang paling ditunggu-tunggu oleh pelanggan setia Mitsubishi Fuso. Namun dengan adanya pembatasan pertemuan tatap muka secara langsung dikarenakan pandemi, maka kali ini KTB bersama dengan diler menyelenggarakannya secara daring dari rumah masing-masing.

Pada kesempatan ini, KTB menghadirkan program penawaran 3S (sales, service, spare part), khususnya selama masa pandemi. Di antaranya, dengan memaksimalkan Mobile Workshop Service serta Booking Service, untuk perawatan dan perbaikan kendaraan. Sedangkan untuk program penjualan, Salesforce tetap melayani, baik melalui telepon, pesan singkat, maupun korespondensi email. Konsumen juga bisa mendapatkan layanan penjualan melalui program Virtual Customer Gathering.

Promo Mitsubishi Fuso

Mitsubishi Fuso menawarkan promo khusus yang berlaku November 2020 (Foto: Santo/Carmudi)

Paling anyar, Mitsubishi Fuso menggelar program akhir tahun berupa undian berhadiah bagi setiap pembelian Truk Mitsubishi Fuso baru, baik secara online ataupun offline, di jaringan resmi dealer Mitsubishi Fuso di Indonesia. Melalui program ini, selama periode 9 November-31 Desember 2020, pelanggan berkesempatan mendapatkan grand prize unit kendaraan Mitsubishi Fuso Espasio, Mitsubishi Xpander Cross, serta hadiah lainnya senilai lebih dari Rp 1 miliar yang akan diumumkan pada awal tahun 2021.

Sangat diharapkan momentum dari kegiatan ini akan semakin memperkokoh Mitsubishi Fuso sebagai market leader kendaraan niaga di Indonesia yang tahun ini memasuki usia ke-50. Dengan program ini dapat memperkuat hubungan antara Mitsubishi Fuso dengan seluruh pelanggan di Indonesia serta memperkuat semangat bisnis di tahun 2021.

Baca Juga: KTB Tawarkan Promo Khusus Service & Spare Part Mitsubishi Fuso

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : [email protected]
Follow Me:

Related Posts