Mobil

Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport Ternyata Berbeda, Simak Asal-usulnya

Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate (Foto: MMKSI)

Jakarta – Tren mobil SUV beberapa tahun belakangan ini terus mengalami peningkatan penjualan. Salah satu SUV yang cukup laris di Indonesia adalah Mitsubishi Pajero Sport. Sebenarnya, Mitsubishi Pajero Sport dan Pajero merupakan varian yang berbeda. Masih banyak orang yang belum dapat membedakannya secara jelas dan detail.

Nah, kami pun tertarik untuk membeberkan informasi mengenai perbedaan dari kedua hal tersebut. Kira-kira apa saja ya yang menjadi perbedaan dari kedua mobil tersebut. Ada yang sudah tahu?

Mitsubishi Pajero Generasi Pertama

Mitsubishi Pajero sendiri sebenarnya merupakan SUV berukuran full size yang dibuat dan dijual secara resmi untuk pasar global oleh Mitsubishi. Mobil ini sebenarnya sudah ada sejak 1981. Kala itu Pajero hadir sebagai mobil SUV yang diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show (TMS). Peluncurannya sendiri berlangsung pada 1982 dengan masa produksi hingga 1991 dengan kode bodi L040.

Mobil ini memiliki berbagai nama yang berbeda-beda untuk setiap negara. Mulai dari Mitsubishi Montero, Mitsubishi Shogun, Colt Shogun, Dodge Raider, Hyundai Galloper dan Jinhui Mitsubishi Pajero untuk pasar China.

Pada generasi pertama ini, ada dua model yang ditawarkan. Yakni model 4 pintu long chassis dan 2 pintu short chassis. Keduanya ditawarkan dengan pilihan mesin yang cukup banyak. Secara total, ada 6 pilihan mesin yang ditawarkan.

Pajero generasi pertama, pernah menjuarai rally Dakkar

Pajero generasi pertama, pernah menjuarai rally Dakkar, photo: Japanese nostalgic car

Mulai dari mesin 2.000 cc turbo, 2.600 cc, 2.300 cc Diesel turbo, 2.300 cc turbo, 2.500 cc turbo, dan 3.000 cc berkonfigurasi V6. Pada generasi pertama ini, Mitsubishi menawarkan opsi 4WD, mesin turbo, suspensi depan double wishbone dengan torsion bar, power steering dan suspensi pada jok. Fitur yang disebutkan tadi merupakan fitur andalan yang ditawarkan kepada konsumen. Jika dilihat dari bentuk, generasi pertama ini masih mengusung desain boxy atau mengotak dengan lampu bulat.

Pajero Generasi Kedua

Pada 1991, tepatnya Januari Mitsubishi pun merilis generasi kedua dari Pajero. Desainya sudah lebih modern, tak lagi mengusung gaya mengotak. Lekuk bodinya terlihat lebih halus dan tak lagi menggunakan lampu depan model bulat.

Pada Pajero berkode V20 ini, fiturnya diperbanyak. Ada beberapa fitur andalan yang menjadi fokus mobil SUV pelibas segala medan ini. Seperti 4WD dengan 2 opsi (4H dan 4HL), pneumatic differential locker, multi mode ABS, suspensi yang bisa diatur tingkat kekerasannya, dan juga mesin yang lebih bertenaga.

Pajero generasi kedua, tak legi mengusung desain kotak

Pajero generasi kedua, tak legi mengusung desain kotak

Bodi yang ditawarkan pun sama seperti generasi pertama. Hadir dalam model short wheel base 2 pintu dan long wheel base 4 pintu. Pada era ini, masih banyak produsen otomotif yang menawarkan SUV dengan short chassis. Mesin yang ditawarkan terdiri dari 2.400 cc turbo, 2.600 cc, 3.000 cc dan 3.500 cc. Transmisinya pun tersedia dalam varian manual dan otomatis. Pernah melihat generasi kedua ini?

Pajero Generasi Ketiga

Di tahun 1999, Mitsubishi kembali memperkenalkan keluarga baru dari Pajero. Pajero generasi ketiga berkode bodi V60 ini hadir pertama kali untuk pasar Jepang saja. Sedangkan untuk pasar global baru dijual secara resmi di tahun 2000. Desain yang digunakan pada generasi ketiga ini sudah jauh lebih modern. Lekukannya tak lagi mengusung desain mobil era 1990-an, dan berdimensi lebih besar.

Pajero generasi ketiga berkode bodi V60, photo: Autodatabase

Pajero generasi ketiga berkode bodi V60, photo: Autodatabase

Jika kedua generasi sebelumnya menggunakan model ladder frame, di generasi ketiga ini dibuat monokok atau chasis menyatu dengan bodi layaknya sebuah sedan. Model yang ditawarkan lagi-lagi tersedia dalam varian short wheel base 2 pintu. Soal mesin, ada banyak mesin yang ditawarkan. Mulai dari 2.500 cc Diesel turbo, 2.800 Diesel turbo, 3.200 cc turbo, 3.000 V6, 3.500 V6, 3.500 cc GDI dan 3.800 V6.

System pengaturan yang ada pada mobil ini sudah diatur secara keseluruhan oleh perangkat elektronik. Seperti pengaturan 4WD melalui tombol. Di Indonesia, model ini cukup jarang ditemui di jalanan. Saat ini bagi sebagian orang Pajero generasi ketiga ini jadi salah satu model yang cukup diincar.

Pajero Generasi Keempat

6 tahun setelah peluncuran generasi ketiga, atau pada 2006, Mitsubishi kembali memperkenalkan Pajero yang menjadi generasi keempat. Pajero berkode bodi V80 ini hadir dalam dua model, yakni short wheel base 2 pintu dan long wheel base 5 pintu. Rasanya generasi ini menjadi generasi terakhir yang menawarkan chasis pendek yang saat ini menjadi incaran penggemar SUV di Indonesia.

Pajero generasi ketiga berkode V80, photo: Google

Pajero generasi ketiga berkode V80, photo: Google

Soal fitur, Mitsubishi Pajero generasi keempat ini hadir dengan penambahan fitur yang jauh lebih modern. Mulai dari super select 4WD, active stability control, traction control, electronic brake distribution dan juga mesin berteknologi commonrail pada varian mesin Diesel.

Pajero Sport Generasi Pertama

Setelah membahas Pajero, kini kita akan beralih membahas Pajero Sport. Lho, memangnya berbeda ya? Yup, Pajero dan Pajero Sport sebenarnya varian yang cukup berbeda. Lantas, apa yang berbeda? Mitsubishi Pajero Sport pertama kali diperkenalkan pada 1996 dengan kode bodi K80 . Varian ini hadir sebagai model premium Pajero yang sudah ada sebelumnya. Jika dilihat dari model bodi, Pajero Sport generasi pertama ini lebih terlihat modern.

Pajero Sport generasi pertama berkode K80

Pajero Sport generasi pertama berkode K80

Bahkan sebagian orang menilai jika mobil ini punya desain yang mirip dengan Toyota Hilux Surf. Generasi pertama ini diproduksi dalam rentang waktu yang cukup lama, hingga 2008. Mesin yang digunakan juga terdiri dari banyak pilihan. Mulai dari 2.400 cc hingga 3.200 cc diesel tersedia. Selama masa produksi, Mitsubishi memberikan 5 kali penyegaran.

Pajero Sport Generasi Kedua

Nah, pada generasi kedua ini rasanya menjadi varian yang paling mudah diidentifikasi. Karena model ini merupakan salah satu cikal bakal model yang membuat penjualan terus menanjak di Indonesia. Generasi ketiga diperkenalkan pertama kali pada 2008. Bentuknya sudah membulat, tak lagi menggunakan desain yang mengotak. Model ini diproduksi di beberapa negara.

Pajero Sport generasi kedua

Pajero Sport generasi kedua

Salah satunya adalah Thailand, negara tempat suplai model ini sebelum diproduksi di Indonesia. Mesin yang ditawarkan juga terdiri dari beberapa pilihan mesin. Mulai 2.400 cc, 2.500 cc, 3.000 cc, 3.200 cc dan 3.500 cc. Mesin yang ditawarkan di Indonesia pada awal impor hanya ada beberapa, yakni 2.400, 2.500 dan 3.000 cc V6.

Pajero Sport Generasi Ketiga

Di 2016 lalu, Mitsubishi meluncurkan generasi terbaru dari keluarga Pajero Sport. Untuk varian ini, merupakan varian yang hingga saat ini masih dijual secara resmi dan punya tampilan yang sangat gagah dan keren. Pajero Sport generasi ketiga ini juga menjadi penyumbang penjualan terbesar bagi Mitsusbishi Indonesia. Beberapa waktu lalu, Pajero Sport sudah memiliki varian terbaru dengan facelift ala dynamic shield bahasa desain Mitsubishi.

mobil baru tahun 2017

Mitsubishi Pajero Sport jadi SUV paling memuaskan di tahun 2017. (Foto: carmudi.co.id)

Nah, itu tadi merupakan sedikit penjelasan dan review singkat perbedaan antara Mitsubishi Pajero dan Mitsubishi Pajero Sport. Jadi lebih tahu mengenai perbedaan antar keduanya kan?

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

 

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts