Home » Mobil » Penjualan Toyota Avanza Aman Meski Diterjang Kompetitor

Penjualan Toyota Avanza Aman Meski Diterjang Kompetitor

Toyota New Avanza
New Toyota Avanza (Foto: Carmudi)

Jakarta – Diluncurkan pertama kali pada 11 Desember 2003, sampai sekarang Toyota Avanza masih menjadi tulang punggung penjualan PT Toyota Astra Motor (TAM). Kemunculan Toyota Avanza, memacu para kompetitor dari merek lain untuk ikut mencoba peruntungan di segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV). Alhasil, pemain di segmen tersebut pun semakin ramai. Meski demikian, keperkasaan Toyota Avanza belum tergoyahkan oleh para kompetitor.

Di usianya yang sudah menginjak 16 tahun, Avanza semakin dipercaya oleh masyarakat Indonesia dan menjadi low MPV terlaris di Indonesia dengan lebih dari 1,8 juta pelanggan. Bahkan, sepanjang tahun ini angka penjualan Toyota Avanza tumbuh sebesar 6,9% dibandingkan tahun lalu. Ini membuktikan Toyota Avanza mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

“Pasar low MPV berkembang sangat pesat semenjak Avanza muncul. Satu tahun sebelum Avanza muncul, pasar low MPV hanya berkisar 5 ribuan unit. Namun setelah Avanza muncul pasar low MPV naik tajam menjadi mendekati 80 ribu unit pada akhir tahun 2004. Bahkan, pasar low MPV pernah mencapai titik tertinggi di tahun 2013 dengan pencapaian lebih dari 200 ribu unit. Kami bersyukur Avanza tetap menjadi MPV pilihan masyarakat Indonesia selama 16 tahun terakhir, meskipun banyak pemain baru di segmen ini,” kata Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy, dalam keterangan resminya.

Improvement Toyota Avanza

Seiring semakin ramainya pelanggan yang memilih Toyota Avanza, maka Toyota terus melakukan peningkatan, mulai dari performa, kenyamanan, fitur safety, hingga tampilan. Ini dilakukan untuk mengikuti dinamika perubahan ekspektasi dan kebutuhan masyarakat. Alhasil, lahirlah generasi ke-2 Avanza pada 2011 dan Grand New Avanza-Veloz pada 2015.

Tak berhenti di situ, Toyota kembali melakukan pembaruan signifikan pada Avanza-Veloz di awal 2019. Tampilan New Avanza menjadi lebih modern dan tampilan New Veloz menjadi lebih stylish. Selain itu, Toyota juga meningkatkan level kenyamanan pada New Avanza dan New Veloz.

“Kami bersyukur berbagai bentuk improvement yang kami lakukan dapat senantiasa memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pelanggan yang kian dinamis. Berbagai masukan yang diberikan oleh pelanggan setia Avanza, memberikan dorongan bagi kami untuk senantiasa meningkatkan performa Avanza baik dari sisi durability, kenyamanan, dan keamanan. Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh para pelanggan, sehingga menjadikan Avanza sebagai MPV paling laris saat ini,” kata Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto.

Memenuhi Kebutuhan dan Beragam Aktivitas

Sejak awal, Toyota Avanza dirancang sebagai kendaraan serba guna yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan dan mendukung berbagai macam aktivitas masyarakat Indonesia. Spesifikasi dan performa dasar Avanza seperti ground clearance yang ideal, mesin yang irit dan bertenaga, serta penggunaan sistem penggerak roda belakang (RWD) telah menjadi DNA Avanza yang berperan penting dalam mengakomodir kondisi infrastruktur jalanan di dalam negeri.

Peluncuran Toyota Avanza dan Veloz terbaru dihadapan komunitas mobil (Foto: Santo/Carmudi)

“Terima kasih kami ucapkan kepada pengguna Avanza yang senantiasa mempercayakan Avanza untuk terus menjadi yang terfavorit, bahkan tidak hanya di segmen Low MPV tetapi juga di seluruh segmen otomotif roda empat. Tentunya kami akan menjadikan masukan dari pengguna Avanza mengenai kebutuhan dan ekspektasi mereka untuk terus melakukan continuous improvement untuk Avanza ke depannya agar senantiasa mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pelanggan,” pungkas Anton Jimmi.

Daftar Harga Toyota Avanza dan Veloz

  • Avanza 1.3E M/T: Rp191,1 juta
  • Avanza 1.3E A/T: Rp202,3 juta
  • Avanza 1.3G M/T: Rp208,95 juta
  • Avanza 1.3G A/T: Rp219,65 juta
  • Avanza 1.5G M/T: Rp221,25 juta
  • Veloz 1.3 M/T: Rp215,65 juta
  • Veloz 1.3 A/T: Rp227,45 juta
  • Veoz 1.5 M/T: Rp227,65 juta
  • Veloz 1.5 A/T: Rp239,45 juta

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Ingin Pergi Liburan? Berikut 5 Mobil MPV Pilihan untuk ke Luar Kota

Previous post
Presiden Jokowi Targetkan Ekspor Kendaraan 1 Juta Unit di Tahun 2024
Next post
Ekspor Isuzu Tambah Ratusan Supplier yang Meraup Untung