Berita

Perbedaan Honda City Hatchback Versi Indonesia dan Thailand

City Hatchback Indonesia dan Thailand

Perbedaan Honda City Hatchback versi Indonesia dan Thailand hanya sedikit (Foto: HPM)

Jakarta – Honda City Hatchback resmi meluncur di Indonesia, setelah sebelumnya mendarat lebih dahulu di Thailand pada November 2020. Secara umum, City Hatchback yang dijual di Thailand dengan di Indonesia sama, hanya saja ada beberapa spesifikasi yang sengaja dibedakan agar sesuai dengan kebutuhan konsumen di dalam negeri.

Setidaknya ada dua perbedaan yang paling mencolok antara Honda City Hatchback versi Thailand dan Indonesia.

Mesin

Di pasar Thailand, Honda City Hatchback dibekali dengan mesin bensin berkapasitas 1.0 liter (998 cc) VTEC Turbo tiga silinder dengan tenaga 120 Hp pada 5.500 rpm dan torsi 173 Nm pada rentang 2.000 hingga 4.500 rpm.

Sedangkan di Indonesia menggendong mesin berkapasitas lebih besar yaitu 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW. Tenaga yang dihasilkan mencapai 119 Hp dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.300 rpm.

Dijelaskan Satoru Azumi, Large Project Leader Honda City Hatchback dari Honda Motor Co, ada dua pertimbangan mengapa untuk pasar Indonesia dibekali mesin 1,5 liter.

City Hatchback Indonesia dan Thailand

Honda City Hatchback Versi Indonesia Dibekali Mesin 1,5 liter, sedangkan di Thailand 1,0 Liter Turbo (Foto: HPM)

“Pertama pemilihan line up untuk mesin itu sendiri kami memilih dengan mesin DOHC. Jadi kalau misalnya untuk 1.0 liter turbo di Thailand itu memang dilakukan studi terlebih dahulu. Termasuk, melihat dari kondisi kebutuhan konsumen yang ada di sana. Kedua, pertimbangan kondisi lingkungan dan juga kecocokan. Memang mesin 1,0 liter di Thailand itu ada permintaan dan kebutuhan pasar di sana,” kata Azumi.

“Kita juga melihat dengan kondisi lingkungan di Indonesia, untuk saat ini memang yang paling cocok dan sangat efisien, yang bagus itu adalah di kelas 1,5 liter,” sambung dia.

Transmisi

Honda City Hatchback hanya tersedia dalam pilihan transmisi otomatis jenis CVT saja. Sementara versi Indonesia punya dua pilihan transmisi, otomatis CVT dan manual enam percepatan.

“Fitur yang unik khusus untuk di Indonesia saja, kami sediakan juga pilihan transmisi manual 6 percepatan. Hanya itu yang tidak ada di Thailand,” terang Azumi.

Sementara terkait fitur lainnya, dirinya mengungkapkan semuanya sama antara City Hatchback versi Thailand dan Indonesia.

City Hatchback RS Indonesia

Interior Honda City Hatchback RS Indonesia (Foto: HPM)

Hanya Ada Satu Varian

Di Negeri Gajah Putih, City Hatchback ditawarkan dalam tiga varian, yaitu City Hatchback S+ dengan harga 599.000 baht atau sekira Rp280 juta, SV seharga 675.000 baht (Rp315,5 juta) dan varian tertinggi City Hatchback RS dibanderol 749.000 baht (Rp 350 juta).

Berbeda dengan Indonesia yang hanya tersedia satu pilihan varian yaitu City Hatchback RS.

Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, pihaknya sengaja hanya meniagakan varian RS, karena dari sisi tampilan sudah sangat sporty.

Tidak bisa dipungkiri bahwa konsumen di Indonesia khsusunya kaum muda sangat suka sekali dengan nuansa sporty.

Honda Jazz itu 90 persen penjualannya disumbang oleh varian RS. Jadi memang segmen hatchback ini lebih diminati yang sporty, dinamis dan performa yang tinggi. Oleh karena itu, kami hanya meluncurkan dan menjawab permintaan konsumen itu dengan menghadirkan varian RS. Jadi hanya satu varian dan pilihan transmisi CVT serta manual 6 percepatan saja,” terang Billy.

Honda City Hatchback RS (Foto: HPM)

Honda City Hatchback RS sudah bisa dipesan di seluruh diler resmi Honda. Ada 6 pilihan warna yang ditawarkan seperti, Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan varian warna terbaru adalah Meteoroid Gray Metallic.

Tersedia pula aksesoris Modulo, antara lain Door Visor, Front Under Spoiler, Side Under Spoiler, dan Rear Under Spoiler yang semakin menegaskan citra sporty dari Honda City Hatchback RS.

Harga City Hatchback RS akan diumumkan bulan depan, berbarengan dengan waktu pengiriman mobil ke diler dan konsumen.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts