Berita

Permintaan Menurun, Suzuki Tidak Akan Meluncurkan Mobil Mesin Diesel

mobil suzuki ertiga diesel hybrid

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, mobil yang diimpor utuh dari India dan distop pada 2018. (Foto: Carmudi)

New Delhi – Jelang berakhirnya era kendaraan dengan standar emisi Bharat Stage (BS4) atau setara dengan Euro4 di India, Maruti Suzuki menghentikan semua produksi mobil bermesin diesel. Saat ini anak perusahaan dari Suzuki Motor Corp itu tengah mempertimbangkan untuk memperbarui mesin dieselnya supaya sesuai dengan standar emisi BS6 atau setara Euro6. Namun sepertinya bakal tidak terealisasi jika melihat perkembangan terakhir.

Ajay Seth, Direktur Eksekutif & CFO, Maruti Suzuki, mengindikasikan bahwa Maruti Suzuki mungkin tidak akan pernah meluncurkan kendaraan diesel lagi. Hal itu dikarenakan permintaan terhadap mobil bermesin diesel mengalami penurunan. Selain itu, faktor lainnya adalah tingginya biaya untuk memperbarui mesin diesel supaya sesuai dengan aturan emisi BS6.

“Kontribusi penjualan dari kendaraan bensin adalah 93% pada kuartal empat 2019. Sedangkan di kuartal terakhir Fiscal Year (FY) 2020 (April 2019 – Maret 2020) merupakan pengiriman terakhir kendaraan diesel yang masih tersisa di pabrik. Perusahaan telah berhenti memproduksi kendaraan diesel karena tidak ada mesin yang dapat ditingkatkan ke BS6 karena harus mengeluarkan biaya tinggi,” kata Ajay, dilansir Indianautoblog, Selasa (26/5/2020).

Dirinya menambahkan pergeseran menuju kendaraan bermesin bensin lebih jelas sekarang.

Sementara itu Shashank Srivastava, Kepala Pemasaran & Penjualan, Maruti Suzuki, mengakui bahwa permintaan mobil bermesin diesel untuk SUV segmen B dan C masih ada. Namun dirinya tidak menampik bahwa permintaan mobil bensin lebih populer ketimbang diesel. Dirinya pun memprediksi bahwa persentase mobil diesel akan semakin turun di industri otomotif India.

Suzuki Ertiga Diesel Berumur Pendek di Indonesia

Mobil Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. (Foto: Carmudi).

Pasar Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) sangat menggiurkan di Indonesia tak heran banyak pabrikan otomotif yang bermain di kelas tersebut. Sebut saja satu di antaranya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) APM mobil Suzuki. Untuk bermain di pasar tersebut Suzuki menghadirkan Ertiga pada 2012. Guna memberikan pilihan baru kepada konsumen, SIS pun menghadirkan Ertiga diesel yang dibekali teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) pada 2017.

Tidak sampai dua tahun lebih, distribusi Suzuki Ertiga diesel ke Indonesia yang diimpor utuh dari India itu dihentikan sejak April 2018. Alasannya karena Suzuki terkendala urusan distribusi dan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar.

Untuk diketahui, Suzuki Ertiga diesel dibekali mesin D13A 1.248 cc DDiS DOHC bertenaga 87 hp dan torsi puncak 200 nm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual lima percepatan.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Peminat Daihatsu Xenia Masih Tinggi, Ini Buktinya

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts