Home » Berita » Toyota Recall Kijang Innova Hingga Corolla yang Beredar di Indonesia

Toyota Recall Kijang Innova Hingga Corolla yang Beredar di Indonesia

Kijang Innova
Kijang Innova yang banyak peminat saat jelang mudik lebaran. (Foto: Carmudi).

Jakarta – Belum lama ini Mitsubishi, Nissan, dan Honda menarik (recall) beberapa mobil mereka yang telah beredar di Indoneisa. Recall tersebut dikarenakan komponen fuel pump atau pompa bahan bakar tidak bekerja sebagaimana mestinya. Rupanya masalah yang sama juga turut menimpa Toyota di Tanah Air.

Tepat pada akhir Juli 2020, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Indonesia mengeluarkan pengumuman recall yang mencakup enam model dengan produksi tahun tertentu. Di antaranya Toyota Alphard produksi 2017 sampai dengan 2018, Corolla keluaran 2018, FJ Cruiser produksi 2013-2-14. Selain itu Toyota Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi 2017 sampai 2019. Namun sayang tidak disebutkan berapa banyak unit yang terindikasi bermasalah pada fuel pump.

Recall yang dilakukan Toyota di Indonesia merupakan bagian dari inisiatif global yang dijalankan oleh prinsipal Toyota Motor Corp di Jepang. Oleh karena itu TAM megimbau kepada pemilik mobil supaya sesegera mungkin melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen fuel pump di bengkel resmi.

Dalam keterangan resminya, Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto menyebutkan program recall ini sejalan dengan komitmen Toyota dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan.

“Toyota terus memperhatikan produk-produk yang bahkan sudah berada di tangan pelanggan sekalipun. Demi menghindari potensi yang dapat mengurangi kenyamanan dan keselamatan berkendara, maka kami sangat mengimbau para pemilik kendaraan yang dimaksud agar dapat segera mengecek melalui saluran komunikasi digital Toyota, atau mengecek kendaraannya di bengkel resmi Toyota,” katanya.

Pemeriksaan dan Penggantian Gratis

Proses pemeriksaan dan penggantian komponen fuel pump harus dilakukan di bengkel resmi Toyota. Durasi pengerjaan kurang lebih 2 sampai dengan 4 jam. Selama proses tersebut pelanggan tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Bagi pemilik mobil Toyota yang kendaraannya masuk dalam daftar recall akan mendapatkan pemberitahuan langsung dari Toyota melalui diler-diler resmi. Apabila pelanggan ingin melakukan pengecekan sendiri bisa menghubungi diler terdekat atau mengunjungi situs web resmi Toyota.

Selama masa pandemi Covid-19, bengkel resmi Toyota akan menerima penggantian komponen fuel pump. Namun disarankan sebelum ke bengkel, pelanggan melakukan booking service terlebih dahulu, untuk menghindari terjadinya penumpukan di sana. Di samping itu juga supaya bengkel dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti.

Sebagai informasi, kerusakan pada komponen fuel pump bisa mengakibatkan mesin mobil tidak dapat dinyalakan atau mati secara tiba-tiba saat dikemudikan. Ini dikarenakan fuel pump tidak bekerja maksimal menyuplai bahan bakar ke mesin.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Konsumsi BBM Honda CR-V Ternyata Bisa Seperti LCGC

Transmisi
Previous post
Posisi Transmisi Mobil Matic Saat Lampu Merah, Bagaimana yang Benar?
Next post
Perhatikan Cara Mengerem Mobil Matic Saat di Turunan