Home » Berita » Prediksi GAIKINDO, 2020 Pasar Otomotif Kembali Bergairah

Prediksi GAIKINDO, 2020 Pasar Otomotif Kembali Bergairah

Booth Mitsubishi Fuso di GIIAS 2019 (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Pasar otomotif sepanjang 2019 dinilai mengalami perlambatan. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) terpaksa merevisi target penjualan yang sebelumya 1,1 juta unit menjadi 1 juta unit atau turun sekira 10 persen. Ada banyak faktor yang menyebabkan pasar otomotif lesu di 2019, satu di antaranya karena imbas tahun politik. Tahun depan, pasar otomotif diprediksi membaik. Hal itu didasari dengan kembali digelarnya pameran otomotif berskala internasional, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020.

Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum GAIKINDO menyatakan optimismenya terhadap pertumbuhan industri otomotif Indonesia pada 2020.

“Meski 2019 berjalan cukup berat untuk industri otomotif, kami yakin di tahun depan permintaan pasar otomotif akan kembali menguat, dan akan memberikan efek positif bagi industri otomotif Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi.

Karena itu, lanjut Nangoi penyelenggaraan GIIAS 2020 diharapkan akan menjadi dorongan kuat bagi industri otomotif Indonesia.

“GIIAS adalah tulang punggung kegiatan GAIKINDO, yang menjadi suatu image yang luar biasa. Kita akan menyongsong 2020 dengan sangat optimis, dan kita akan maju bersama demi industri otomotif Indonesia,” tutur Nangoi.

Sementara itu, Ketua III GAIKINDO Rizwan Alamsjah, menjanjikan GIIAS 2020 akan lebih baik dari sebelumnya. Demi mencapai tujuan tersebut butuh usaha yang sangat keras dan dukungan dari Agen Pemegang Merek (APM) mobil dan sepeda motor, serta masyarakat pecinta otomotif di dalam negeri.

“Kami akan coba memaksimalkan, demi kepentingan pengunjung pameran yang sudah menganggap GIIAS menjadi ajang yang paling utama di Indonesia. Luas area pameran GIIAS yang cukup besar dan adanya dukungan dari OICA asosiasi internasional, menjadikan GIIAS agenda pameran otomotif dunia yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung,” ucap Rizwan.

Jadwal Penyelenggaraan GIIAS 2020

Para peserta dari berbagai sektor industri otomotif Indonesia telah memastikan akan ambil bagian dalam mendukung terlaksananya GIIAS 2020. Dimulai dari para APM kendaraan penumpang dan komersial, APM sepeda motor, serta peserta dari industri pendukung otomotif.

Servis mobil Wuling
Booth Wuling di GIIAS 2019. (Foto: Carmudi/Santo)

Sebagai bocoran awal, sekira 85 persen dari total lahan pameran di tahun depan sudah dipesan oleh peserta GIIAS 2020. Para peserta telah menyatakan kesiapannya untuk kembali berpartisipasi dalam penyelenggaraan GIIAS 2020. Termasuk di antaranya beberapa merek baru dari industri otomotif yang akan hadir pada rangkaian GIIAS 2020.

Jadwal GIIAS The Series 2020:

  • Surabaya: 20-29 Maret 2020, Grand City Convex, Surabaya
  • Jakarta: 7-17 Agustus 2020, ICE – BSD City, Tangerang Selatan
  • Makassar: 21-25 Oktober 2020, Celebes Convention Center, Makassar
  • Medan: 25-29 November 2020, Santika Premiere, Medan.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Terkait Recall Xpander, Bos Mitsubishi Berpesan Kepada Pelanggan di Indonesia

Previous post
Tak Sedikit Konsumen Gandrung dengan Honda HR-V, Ini Alasannya
New GLC 200 dan New GLE 450 kini resmi diproduksi di pabrik Wanaherang.
Next post
Dua SUV Baru Mercedes-Benz Resmi Dirakit di Bogor