Home » Berita » Terkait Recall Xpander, Bos Mitsubishi Berpesan Kepada Pelanggan di Indonesia

Terkait Recall Xpander, Bos Mitsubishi Berpesan Kepada Pelanggan di Indonesia

Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander Foto/Carmudi.

Jakarta – Mitsubishi Motors Philippines Corporation (MMPC) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Mitsubishi di Filipina baru saja mengeluarkan pengumuman recall (penarikan) Xpander. Alasannya karena ditemukan masalah pada bagian pompa bahan bakar atau fuel pump. Sebelumnya masalah serupa juga terjadi di Mitsubishi Xpander yang beredar di Vietnam. Lucunya, masalah fuel pump yang terjadi di Xpander tidak ditemukan di Indonesia. Padahal mobil Mitsubishi yang beredar di kedua negara itu diimpor langsung dari Indonesia.

Meski sampai sekarang tidak ditemukan ada masalah fuel pump di Xpander yang ada di dalam negeri, namun Naoya Nakamura, Persiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengaku bahwa pihaknya terus waspada. Dirinya juga menyatakan bila ada pelanggan yang merasa khawatir dengan Xpander miliknya bermasalah, sebaiknya langsung lakukan pemeriksaan di diler-diler resmi mobil Mitsubishi.

“Bila kami menemukan sesuatu maka kami akan bertindak. Tetapi saat ini yang saya mau katakan kepada konsumen Mitsubishi, seandainya bila ada konsumen punya kekhawatiran terhadap mobil miliknya silakan menghubungi dan datang ke diler kami. Bila konsumen ingin melakukan penggantian kami bisa melakukannya,” kata Naoya Nakamura.

Sementara itu Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI mengaku bahwa pihaknya akan selalu bertanggung jawab terhadap isu produk dan tidak segan-segan untuk melakukan penelitian yang mendalam.

“Kami tengah melakukan investigasi termasuk dari sisi Jepang. Jadi kami menunggu respons,” timpal Michimasa Kono.

Berawal dari Keluhan Pelanggan

Xpander
Xpander Limited tampilan yang lebih sporty. Foto/Carmudi.

Recall Mitsubishi Xpander yang beredar di Filipina merupakan tindak lanjut MMPC setelah mendengar keluhan konsumen. Beberapa pemilik Mitsubishi Xpander mengeluhkan mesin mobil mati mendadak saat digunakan. Keluhan tersebut sudah disampaikan oleh pelanggan sejak Mei 2019.

Setelah melakukan pemeriksaan mendalam, pihak MMPC dibantu Mitsubishi Motor Corporation (MMC) menemukan jawaban atas masalah yang dihadapi oleh sebagian pelanggan Mitsubishi Xpander. Masalahnya ada pada bagian pompa bahan bakar.

Sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan kepada pelanggan, maka MMPC memanggil pemilik Mitsubishi Xpander yang terindikasi bermasalah pada bagian fuel pump. Dari sebuah penyataan yang dirilis oleh MMPC membeberkan fuel pump pada Mitsubishi Xpander mengalami kerusakan sehingga ada komponen yang perlu diganti.

Adapun recall ini hanya berlaku bagi Mitsubishi Xpander yang dibeli pada Mei 2018 hingga 22 Oktober 2019. Jadi tidak semua mobil Mitsubishi Xpander yang sudah tersebar di Filipina. Akan tetapi tidak disebutkan berapa jumlah Mitsubishi Xpander yang ditarik.

Perbaikan fuel pump sendiri memakan waktu hanya sekira satu setengah jam.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Mitsubishi Umumkan Penarikan Xpander, Ini Masalahnya

Previous post
All New Kia Picanto Siap Debut Didukung APM Baru dari Grup Indomobil
Next post
Meski Belum Dijual, Renault Twizy Muncul di Video Demo Keselamatan Garuda Indonesia