Reviews

Simak Harga dan Spesifikasi Kia Grand Carnival, MPV Mewah Bertabur Fitur

Melihat harga dan spesifikasi Kia Grand Carnival yang ditawarkan oleh PT Kreta Indo Artha (KIA), ternyata mobil ini cukup menggiurkan. Salah satu sebabnya adalah taburan fitur yang diberikan pada MPV mewah satu ini.

Sebelum membahas harga dan spesifikasi dari Kia Grand Carnival, ketahui dulu beberapa fakta mobil keluarga yang pertama kali menyapa masyarakat Indonesia di ajang GIIAS 2021 lalu ini.

Harga dan spesifikasi Kia Grand Carnival 2021

Grand Carnival memang sengaja dihadirkan untuk menggantikan Kia Grand Sedona yang selesai masa baktinya di Indonesia. Kia Grand Carnival yang dijual di Indonesia merupakan mobil yang didatangkan dengan status CBU Korea Selatan.

Harga dan Spesifikasi Kia Grand Carnival

Di Indonesia Kia Grand Carnival dijual hanya dalam dua trim untuk konsumen, yakni Dynamic seharga Rp786 jutaan dan Premiere yang dijual seharga Rp886 jutaan.

Mobil dengan kapasitas 11 orang penumpang ini punya dimensi yang cukup besar. Panjangnya mencapai 5.155 mm, lebar 1.995 mm, dan tinggi mencapai 1.775 mm. Sementara itu, jarak sumbu rodanya mencapai 3.090 mm.

Spesifikasi Kia Grand Carnival 2021

Panjang 5.155 mm
Lebar 1.995 mm
Tinggi 1.775 mm
Wheelbase 3.090 mm

Eksterior Kia Grand Carnival

Harus diakui, desain eksterior dari Kia Grand Carnival ini benar-benar outstanding alias keren banget dan super ganteng. Menurut kami mobil ini menjadi salah satu primadona selama GIIAS 2021 berlangsung kemarin.

Di bagian depan grilnya sudah memakai model honeycomb dengan balutan krom silver. Sedangkan dua buah lampu utama dengan dual LED projector & bi-function menjadi peranti standar yang ditanamkan.

Di sisi samping, peleknya menggunakan ukuran 18 inci yang dibalut dengan ban berukuran 235/60. Walaupun ukurannya besar, tetapi dimensinya yang juga besar ini membuat ukuran peleknya terlihat kecil.

harga dan spesifikasi kia grand carnival

Mobil dengan kapasitas tangki sebesar 80 liter ini juga dibekali dengan pintu sliding serta backdoor yang juga otomatis. Bahkan, kedua pintu ini bisa menutup secara otomatis ketika pemilik berjalan menjauhi mobil. Keren, bukan?

Untuk membuka pintu tengah dan belakang pun juga bisa diatur menggunakan remote.

Dan fitur terbaru yang kini disematkan pada Grand Carnival adalah smart power sliding door. Dalam situs web resmi Kia Indonesia disebutkan jika fitur ini merupakan fitur pertama di dunia yang bisa membuka pintu sliding tanpa harus menyentuh kunci.

Pemilik hanya perlu mendekatkan diri ke pintu tengah sambil mengantongi kunci, dan pintu akan segera terbuka.

Interior Kia Grand Carnival

Salah satu daya tarik Grand Carnival selain dari bagian eksterior tentu adalah interiornya. Bagian dalamnya dibalut dengan desain yang terlihat mewah dan elegan.

Yang cukup menonjol saat memasuki kabin adalah penyematan layar sentuh pada head unit berukuran 12,3 inci untuk varian Premiere. Sedangkan varian Dynamic memakai head unit ukuran 8 inci saja.

Keduanya sudah bisa digunakan untuk konektivitas smartphone. Selain itu, kualitas audionya juga sudah mumpuni dengan didukung oleh speaker lansiran Bose.

harga dan spesifikasi kia grand carnival

Pemilik bisa mendengarkan musik dengan nyaman lewat 6 buah speaker yang tersebar dari depan hingga belakang. Hal ini tentu memanjakan pemilik Grand Carnival di Indonesia.

Di bagian atas tersedia wide dual sunroof yang semakin mempertegas kesan mewah.

Sunroof pertama berada tepat pada jok depan, sedangkan yang kedua dan ukurannya lebih besar berada di bagian tengah untuk dinikmati penumpang baris kedua dan ketiga.

Terbayang, kan, kalau ada di gunung, kedua sunroof ini bisa dibuka untuk menikmati udara sejuk.

Untuk bisa mengakomodir 11 penumpang, Kia menghadirkan Grand Carnival dengan konfigurasi empat baris tempat duduk. Namun sayang, baris keempat nampaknya hanya cocok digunakan untuk anak-anak saja.

harga dan spesifikasi kia grand carnival

Kabin Kia Carnival 2021 (Foto: Kia Global)

Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head PT KIA mengatakan jika untuk digunakan orang dewasa akan kurang nyaman.

“Jujur sebelas penumpang tidak akan nyaman kalau orang besar (dewasa) semua,” kata Ario beberapa waktu lalu.

Jika jok baris keempat tidak digunakan maka bisa menjadi bagasi yang rata lantai. Namun jika jok baris keempat ini digunakan maka tidak ada ruang bagasi di bagian belakang.

Spesifikasi Mesin Diesel Kia Grand Carnival

Untuk pasar Indonesia, MPV mewah ini hanya ditawarkan dengan mesin Smartstream Diesel Engine berkapasitas 2.151 cc, 4 silinder, CRDi, DOHC, 16 Valve.

Di atas kertas tenaga yang dihasilkan dari mesin Kia Grand Carnival ini mencapai 199 hp @3.800 rpm dengan torsi maksimum 441 Nm @1.750—2.750 rpm.

Torsi yang cukup besar tersebut disalurkan ke penggerak roda depan melalui transmisi otomatis 8 percepatan. Jika melihat tenaga dan torsi yang dihasilkan angka ini tidak berbeda jauh dibanding mesin Mitsubishi Pajero Sport generasi terbaru.

Spesifikasi Mesin Kia Grand Carnival

Kapasitas 2.151 cc
Jumlah silinder4 silinder
Bahan bakarDiesel, Smartstream Engine
Teknologi CRDi, DOHC, 16 valve
Tenaga dan torsi 199 hp @3.800 rpm / 441 Nm @1.750-2.750 rpm
Transmisi Otomatis 8 percepatan
Penggerak Roda depan

Fitur Unggulan Kia Grand Carnival

Modal Kia menggoda konsumen di Indonesia tentunya dengan menghadirkan berbagai fitur canggih pada Grand Carnival. Fitur tersebut dapat dilihat dari adanya penyematan drive mode selector dan paddle shift levers di balik setir.

Belum selesai sampai di situ, ada juga forward collision avoidance assist (FCA) dan junction turning. Fitur ini mampu memberikan pengereman otomatis ketika ada objek bergerak dari depan.

Blind spot collision avoidance assist (BCA) juga akan membantu ketika pengemudi pindah lajur dan memberi peringatan pada pengemudi. Bahkan fitur ini juga bisa melakukan pengereman khusus guna menghindari tabrakan.

Tes tabrak samping uji Kia Carnival (Foto: Global NCAP Australia)

Smart cruise control (SCC) akan membuat mobil mengikuti mobil di depan bahkan hingga dalam keadaan berhenti 0 km/jam dan saat mobil depan sudah berjalan, maka mobil akan kembali mengikuti.

Blind spot view monitor (BVM) akan memberikan pandangan video yang ada di instrumen cluster pada titik buta mobil ketika hendak pindah jalur. Lalu ada juga lane following assist (LFA) yang bisa menjaga kendaraan tetap di posisi yang benar.

Surround view monitor (SVM) berfungsi menampilkan gambar lewat visual 360 derajat. Ada juga parking distance warning (PDW) dan lane keeping assist (LKA) yang melengkapi fitur keamanan dan keselamatan dari Kia Grand Carnival.

Airbag 7 Titik

Pengemudi dan penumpang tak perlu khawatir, sebab Kia memberikan 7 titik airbag yang tersebar di bagian depan, bawah, hingga samping yang mengelilingi seluruh kabin ketika terjadi benturan pada Grand Carnival ini.

Fitur lain yang ada yakni hill start assist control (HAC), pengaturan AC Tri-zone, USB charger di setiap baris jok, tombol pengaturan setir yang ada di sisi kanan dan kiri, hingga pengisian daya wireless yang ada di center console.

harga dan spesifikasi kia grand carnival

Harga dan spesifikasi Kia Grand Carnival 2021

Dari kedua trim yang ditawarkan oleh Kia, masing-masing ditawarkan dengan 5 pilihan warna yang terdiri dari silky silver, aurora black pearl, flare red, astra blue, dan snow white pearl.

Oh iya, jangan lupa Kia juga memberikan garansi selama 5 tahun tanpa batasan kilometer dan garansi komponen mesin selama 12 bulan yang setara 20 ribu km.

Dengan harga dan spesifikasi Kia Grand Carnival tersebut, rasanya Carmudian yang membutuhkan MPV mewah bisa langsung memilih mobil satu ini. Tertarik membeli Kia Grand Carnival?

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *