Reviews

Spesifikasi Kia Sorento 2013, Pernah Digadang Jadi Pemain Kuat Segmen SUV

Kia Sorento 2013 dibekali spesifikasi mumpuni di kelasnya. (Foto: ortiza)

JakartaKia Sorento merupakan mobil SUV (Sport Utility Vehicle) asal Korea Selatan yang mulai diluncurkan pada 2002 silam dengan menyasar segmen konsumen menengah ke atas.

Kia Sorento generasi kedua dengan kode bodi XM pun diperkenalkan pada 2010 di pasar global. Namun, mobil tersebut baru masuk ke Indonesia pada 2013.

Mobil ini diklaim tidak hanya memiliki desain eksterior lebih modern dan tangguh, tapi juga mempunyai interior yang lebih modern dibandingkan dengan model sebelumnya.

Selain itu, mesin yang dibenamkan pada Sorento generasi kedua juga andal untuk dibawa berkendara dalam perjalanan jarak jauh sekali pun.

Tidak ketinggalan, Sorento tersebut memiliki kapasitas penumpang yang besar hingga 7 orang.

Oleh karena itu, pihak Kia menyebut mobilnya ini sebagai “The Real Premium SUV” dan digadang sebagai salah satu pemain kuat di segmen SUV.

Sebagai informasi, Kia Sorento ini dibuat dengan basis yang sama dengan Hyundai Santa FE, maka tidak heran jika mesin, transmisi, hingga suspensi kedua mobil tersebut sama.

Carmudi telah rangkum spesifikasi lengkap Kia Sorento generasi kedua sebagai berikut.

Spesifikasi Kia Sorento 2013

Mesin Kia Sorento

Mesin Kia Sorento 2013. (Foto: ortiza)

Seperti dijelaskan sebelumnya, Kia Sorento generasi kedua dan Hyundai Santa FE memiliki mesin yang sama. Keduanya dibenamkan dengan dua pilihan mesin.

Pertama, mesin bensin jenis 2.4L Thetta II DOHC Dual CVVT yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 173,5 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal 225 Nm pada putaran mesin 3.750 rpm.

Mesin kedua yaitu mesin diesel jenis 2.2L R-Line CRDi DOHC VGT yang dapat mengeluarkan tenaga besar hingga 194,3 hp pada putaran mesin 3.800 rpm serta torsi maksimal sebesar 440 Nm pada putaran 1.800 sampai 2.500 rpm.

Kedua mesin ini sama-sama dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan yang dinilai cukup andal dan halus saat berpindah gigi dengan slip yang minim.

Meskipun demikian, transmisinya kurang mumpuni saat cruising secara konstan di kecepatan sedang maupun ketika menuruni jalanan yang tidak halus dan curam.

Di sisi lain, transmisi otomatis 6 percepatan pada mesin Sorento ini yang varian bensin dapat mencapai akselerasi 0-100 kpj dalam 10,5 detik, serta kecepatan puncak 190 kpj.

Pada awalnya, Kia Sorento hanya ditawarkan dengan mesin bensin saja. Tidak lama kemudian, mobil tersebut juga ditawarkan dengan mesin diesel.

Jika melihat spesifikasi mesin Sorento di atas baik dari tenaga maupun torsinya, mesin diesel ternyata lebih baik dibandingkan dengan versi bensin.

Meskipun konsumsi bahan bakarnya juga lebih irit serta efisien, tenaga dan torsi mesin turbo diesel VGT yang nantinya disalurkan ke roda depan dapat membuat torque steer-nya cukup terasa.

Selain itu, ban spinning atau perputaran ban mobilnya bisa mudah terjadi saat berakselerasi secara mendadak. Namun, mesin diesel Sorento ini dinilai tetap yang terbaik dan dapat memberikan kepuasan lebih dibandingkan versi bensin.

Untuk kapasitas tangki bahan bakar, baik mesin bensin maupun versi dieselnya sama-sama memiliki kapasitas hingga 70 liter.

Di sisi lain, mobil tersebut disematkan dua suspensi yang dapat membuat pengalaman berkendara jadi aman dan nyaman, yaitu suspensi McPherson Strut di bagian depan dan suspensi multi-link pada bagian belakang

Eksterior

Eksterior Kia Sorento 2013. (Foto: Kia wordpress)

Selain dibenamkan spesifikasi mesin mumpuni, Kia Sorento ini juga memiliki desain eksterior yang tangguh dan modern. Sorento generasi kedua diklaim memiliki desain eksterior yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan model sebelumnya.

Sebagai informasi, mobil ini didesain oleh mantan desainer Audi, Peter Schreyer. Sejak masuknya beliau ke Kia, desain produk-produk Kia dinilai mengalami perkembangan yang lebih baik.

Dari segi dimensi, mobil tersebut memiliki ukuran cukup besar dengan panjang 4.685 mm, lebar 1.885 mm, dan tinggi 1.700 mm, serta ground clearance atau jarak terendah ke tanah setinggi 185 mm.

Pada bagian depan, disematkan sepasang headlamp dilengkapi DRL LED dan lampu utama yang menggunakan model proyektor. Meskipun masih menggunakan lampu halogen biasa, lampu depan Sorento ini dapat memberikan pencahayaan secara maksimal.

Menariknya, di bagian bawahnya, terdapat fitur yang cukup menarik perhatian, yaitu cornering lamp. Lampu tersebut terletak di atas fog lamp atau lampu kabut mobil dan dapat menyala ke samping jika lempu sein dinyalakan.

Cornering lamp ini dapat memberikan pencahayaan lebih maksimal saat mobil dibawa berkendara di malam hari atau di jalanan yang penuh kabut.

Selain itu, Sorento ini juga sudah memiliki lampu depan dengan auto leveling projector yang menambah pencahayaan mobil ini pada bagian depan.

Di sisi lain, gril Sorento sudah mengandalkan model tiger nose. Model tersebut merupakan desain khas produk Kia sampai sekarang.

Beralih ke bagian samping, desainnya dinilai cukup mewah dengan menggunakan pelek berdiameter 18 inci yang dibalut ban berukuran 235/55 R18. Selain mengejar kemewahan, dengan ukuran kaki-kaki tersebut mobil pun bisa tetap stabil dibawa berkendara di medan jalan yang curam sekalipun.

Selain itu, Sorento ini juga memiliki atap yang cukup rendah dan sudah dilengkapi dengan roof rail untuk membawa barang-barang.

Pada bagian belakang, terlihat sekali desain khas Peter Schreyer, terdapat lampu yang dibentuk mirip dengan SUV besutan Audi, yaitu Audi Q7.

Di bagian bagasi, pintunya didesain membulat dengan nuansa Eropa. Namun sayangnya, tidak disematkan spoiler, sehingga tampilan belakang Sorento ini terlihat biasa saja.

Turut disematkan kamera parkir di bagian belakang dan tidak dibekali dengan sensor parkir.

Spesifikasi Kaki-kaki
Sasis: Monokok
Suspensi Depan: MacPherson Strut
Suspensi Belakang: Multi-link
Rem Depan: Disc
Rem Belakang: Disc

Interior dan Fitur

Interior Kia Sorento 2013. (Foto: ortiza)

Interior Kia Sorento generasi kedua tidak kalah modern dengan desain eksterior mobil tersebut. Pada bagian ruang kabin, terlihat adanya dominasi warna hitam yang menambah kesan modern serta mewah.

Mobil ini menggunakan material cukup bagus, yaitu bahan plastik yang diklaim empuk dan nyaman mulai dari bagian dasbor hingga door trim.

Terdapat juga panel berbahan kayu (wood panel) dengan kelir berwarna gelap yang terkesan mewah. Pada baris ketiga, ruang kaki tidak terlalu luas, namun posisi duduknya terasa nyaman dengan jok kursi yang empuk dan ergonomis karena sudah dibalut dengan bahan kulit berkualitas.

Setir kemudi Kia Sorento 2013. (Foto: ortiza)

Di bagian pengemudi, posisi duduknya cukup fleksibel dengan adanya pengaturan tilt dan telescopic di bagian setir kemudi.

Soal fitur keselamatan, Sorento ini hanya memiliki fitur-fitur keselamatan standar seperti airbags atau kantong udara sebanyak dua buah, serta sistem pengereman ABS dan EBD.

Tidak disematkan fitur keselamatan lainnya seperti traction control ataupun stability control untuk menjaga kestabilan mobil, serta Hill Start Assist dan Hill Descent Control.

Namun, mobil tersebut sudah disematkan fitur kenyamanan berupa head unit dengan layar sentuh yang dibekali navigasi, audio steering control, cruise control, dan panaromic sunroof berukuran besar.

Sunroof ini bisa dibuka-tutup secara elektrik agar pengemudi dan para penumpang bisa melihat pemandangan di sekelilingnya.

Kelengkapan Fitur
8″ Touchscreen Head Unit with DVD and Navigation
Steering Wheel Audio Control Switch
Cruise Control
Tilt & Telescopic Steering
MID
Head Rest Monitor (2x)
Digital Auto AC Climate Control with Dual Zone
Rear AC Vent
12 V Power Outlet
5 V USB Charging Port
Dark Wood Panel
Leather Seats
1st Row and 2nd Row Center Armrest
2nd Row and 3rd Row Flat Folding Seats
LED DRLs
Active ECO Mode
Cornering Lights
Panaramic Sunroof (Electric)
Roof-rail
Rear Defogger
Day/Night Center Mirror (Manual)
Electric Retractable Side Mirrors
Dual Airbags
ABS
EBD
Rear Parking Camera
Foldable Key
Engine Immobilizer
Alarm System

Mobil Bekas Kia Sorento

Kia Sorento cukup menarik untuk dipinang menjadi tumpangan pribadi, pasalnya mobil ini menawarkan sebuah value for money dimana harga bekasnya cukup murah untuk kelas SUV mewah. Dengan harga yang murah, KIA Sorento memberikan kesan mewah baik dari sisi tampilan.

Apalagi fitur yang disediakan dirasa cukup untuk keluaran mobil 2013 apalagi akomodasi kabin yang memadai. Pilihan Kia Sorento bermesin diesel jauh memberikan kepuasan optimal mengingat tenaga dan torsinya yang besar serta konsumsi BBM yang lebih irit. Sementara pada versi bensin memberikan kemudahan perawatan dan mesin yang lebih halus.

Jangan khawatir terkait masalah sparepaert mesin, transmisi, dan suspensi. Karena bila stok nya tidak ada bisa diganti dengan sparepart milik Hyundai Santa Fe yang sama persis. Kecuali pada sistem steering-nya yang berbeda.

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas/Lesmana

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap KIA Sonet Indonesia, Belum Punya Lawan Sepadan

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts