Reviews

Test Drive Mitsubishi New Pajero Sport, Tampilan dan Fitur Makin Gahar!

Belum genap setahun PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan Mitsubishi New Pajero Sport membuat Carmudi penasaran mencicipi SUV dengan konstruksi ladder frame tersebut.

Carmudi sendiri baru berkesempatan mencicipi mobil yang diluncurkan pada Februari 2021 ini September kemarin.

Lantas, bagaimana rasa berkendara Mitsubishi New Pajero Sport berkapasitas 7 orang penumpang ini?

Eksterior Mitsubishi New Pajero Sport

Jika dilihat saksama, perubahan terbesar yang terjadi pada generasi Pajero Sport terbaru ada di bagian wajahnya. Di bagian depan desainnya menggunakan bahasa desain Dynamic Shield yang terlihat serupa dengan wajah milik Mitsubishi Xpander.

mitsubishi new pajero sport

Terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara tipe Dakar, Exceed, dan GLX. Di mana pada bagian pencahayaan tipe Exceed dan GLX masih menggunakan DRL (Day Running Light), fog lamp (lampu kabut), serta lampu depan dengan halogen.

Sedangkan untuk tipe Dakar seperti yang kami tes ini sudah menggunakan LED, termasuk pada cornering lamp-nya. Lampu tersebut berfungsi untuk menambah visibilitas bagi pengemudi saat berbelok.

Ketika setir berbelok ke arah kanan, maka lampu sebelah kanan akan menyala guna membantu penerangan. Sedangkan ketika berbelok ke arah kiri maka lampu kiri lah yang akan menyala.

Beralih ke bagian samping, secara desain tampilan bodi sebelah kiri tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Perbedaan utamanya hanya ada pada desain pelek yang kini menurut kami desainnya menjadi kurang estetik.

Pelek tersebut memiliki ukuran 18 inci dengan paduan dua warna yang terdiri dari silver dan hitam. Selebihnya di sisi samping tidak ada perbedaan yang mencolok dibanding generasi sebelumnya.

Di bagian belakang justru terdapat beberapa perbedaan seperti pada desain lampu dan desain bumper belakang.

Sedangkan pembaruan lainnya terdapat pada penggunaan antena sirip hiu dan spoiler belakang yang baru ada di generasi sekarang.

Fitur New Pajero Sport

New Pajero Sport dibekali fitur canggih (Foto: MMKSI)

Oh iya, ada juga fitur canggih berupa power tailgate with kick sensor. Fitur ini dapat memberikan kemudahan bagi pengguna saat ingin menaruh barang di bagasi belakang.

Pemilik bisa membuka pintu belakang mobilnya hanya dengan mengayunkan kaki di bawah bumper belakang. Namun sayangnya, fitur tersebut hanya tersedia di tipe Dakar Ultimate.

Di Tanah Air, MMKSI menawarkan Pajero Sport dalam 6 tipe.

Daftar Harga Mitsubishi New Pajero Sport 2021*

GLX 4X4 MTRp582 juta
Exceed 4X2 MTRp517,8 juta
Exceed 4X2 ATRp532,8 juta
Dakar 4X2 ATRp590,7 juta
Dakar Ultimate 4X2 ATRp639,7 juta
Dakar Ultimate 4X4 ATRp748,7 juta

*harga Oktober 2021

Harga tersebut tentunya jauh lebih tinggi dibandingkan ketika saat peluncuran.

Sebagai informasi, saat peluncuran bulan Februari 2021 lalu Mitsubishi New Pajero Sport termurah dibanderol dengan harga Rp502,8 jutaan dan termahal ada di Rp733,7 jutaan.

Interior Mitsubishi New Pajero Sport

Di bagian interior, mobil yang kami cicipi sudah menggunakan bahan kulit yang cukup nyaman diduduki. Bahan tersebut menggunakan warna hitam dengan adanya aksen silver di bagian doortrim serta dasbor.

interior mitsubishi new pajero sport

Posisi duduk di bagian pengemudi cukup oke dan terasa commanding alias cukup tinggi. Visibilitas ke depan, samping, dan belakang cukup baik berkat kaca yang besar-besar.

Di bagian pengemudi pengaturan joknya sudah menggunakan elektrik, sedangkan penumpang depan masih memakai model manual dengan tuas. Setirnya juga sudah dilapis bahan kulit yang cukup nyaman digenggam.

interior mitsubishi new pajero sport

Pada bagian setir juga terdapat tombol pengaturan seperti kamera, MID, menu, dan adaptive cruise control. Generasi terbaru Pajero Sport ini sudah dibekali dengan adaptive cruise control yang cuma ada di tipe tertingginya.

Di belakang setir terdapat tuas paddle shift yang bisa digunakan untuk memindahkan gigi layaknya mobil manual. Paddle shift ini terasa sangat membantu ketika mobil melahap tanjakan.

Di bagian dasbor terdapat head unit with smartphone link display auto. Di bagian bawah head unit layar sentuh berukuran 8 inci ini juga terdapat dua buah tombol hazard dan juga tombol pembuka bagasi.

Cukup menekan tombol tersebut, pintu bagasi belakang pun terbuka secara otomatis. Fitur ini tentunya memudahkan pemilik mobil untuk memasukkan dan mengeluarkan barang.

Bertabur Fitur

Harus diakui jika Mitsubishi New Pajero Sport ini memiliki fitur yang banyak. Misalnya new auto dimming mirror, dual zone automatic AC, electric parking brake, new brake auto hold, instrument cluster dengan layar 8 inci, hingga multi around view monitor.

Belum selesai sampai di situ, masih ada juga fitur andalan Mitsubishi Remote Control yang bisa digunakan untuk membuka dan menutup pintu lewat smartphone.

Nantinya, pengguna hanya perlu meng-install aplikasi Mitsubishi Motors untuk menggunakan fitur tersebut. Fitur ini sendiri bisa dinikmati pada semua varian Dakar.

Tak hanya sebagai remote control, lewat aplikasi Mitsubishi Motors ada beberapa kelebihan yang bisa dinikmati seperti vehicle reminder, operation assist, vehicle information, dan car finder. Semuanya bisa dilakukan lewat satu genggaman smartphone saja.

Lanjut ke posisi duduk di belakang, rasanya cukup nyaman, apalagi dengan adanya armrest yang disertai dengan dua buah cup holder di bagian tengah.

Badan bisa ditopang dengan baik, ditambah posisi rebah juga bisa diatur lewat reclining. Jarak kaki ke depan juga masih cukup jauh untuk orang dewasa.

Bahkan jok baris ketiga juga terasa masih cukup oke untuk diduduki orang dewasa. Sayangnya, untuk bisa masuk ke jok baris tiga memang agak sedikit sulit walaupun jok baris kedua sudah dilipat ke arah depan.

Penumpang baris ketiga enaknya juga masih bisa mendapatkan semburan AC lewat kisi-kisi yang ada di bagian atas. Ada juga soket pengisian gawai berbentuk lighter charger yang bisa langsung digunakan di sisi sebelah kanan jok baris ketiga.

Kapasitas bagasi juga sangat luas, apalagi jika jok baris ketiga dilipat hingga rata lantai. Rasanya enggak heran kalau banyak orang di Indonesia membeli Mitsubishi Pajero Sport untuk dijadikan kendaraan harian.

tuas 4x4 mitsubishi new pajero sport

doortrim mitsubishi new pajero sport

soket charger mitsubishi new pajero sport

mitsubishi new pajero sport

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Foto: Mada/Rizen-Carmudi

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts