Reviews

Test Drive New Mazda CX-5: Tak Terlihat Kasat Mata tapi Bisa Terasa

Tepat seminggu sebelum peluncurannya, Carmudi mendapat kesempatan untuk test drive New Mazda CX-5 selama tiga hari. PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) pun memberikan beberapa opsi tujuan alternatif untuk mengujinya dan kami memilih Ciawi atas berbagai pertimbangan, salah satunya akses mudah keluar-masuk tol.

test drive new mazda cx-5

(Foto: Carmudi)

Maklum, akhir pekan jadi salah satu momok menakutkan bagi saya yang cukup anti melakukan perjalanan ke arah Puncak dan sekitarnya menggunakan mobil

Sebelum memulai perjalanan test drive Mazda CX-5 ini, Ricky Thio selaku Managing Director PT EMI memberikan sedikit penjelasan kepada saya. Ia menjelaskan apa saja ubahan yang terjadi di tubuh sebuah SUV berdesain elegan ini.

Menurutnya ada beberapa ubahan yang tak terlihat secara kasat mata tetapi bisa dirasakan.

“Kalau dilihat ini ada radar untuk Mazda Radar Cruise Control (MRCC), jok disempurnakan agar menyangga punggung lebih baik lagi,” ujarnya kepada saya.

Jujur, sepintas mobil yang dijual seharga Rp597,7 juta untuk tipe Elite dan Rp607,7 juta tipe Kuro ini terlihat seperti sama saja dengan generasi sebelumnya. Tapi kalau dilihat secara detail tetap kelihatan bedanya, kok. Untuk lihat bedanya, cek hasil review kami untuk Mazda CX-5 generasi sebelumnya di sini, ya.

>>>>> Cari mobil Mazda CX-5 baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Test Drive New Mazda CX-5

Memulai Perjalanan

Lokasi yang ingin saya tuju pada saat test drive New Mazda CX-5, Sabtu (26/3/2022) adalah Hotel Pullman Ciawi. Berhubung waktu check in hotel dimulai pada pukul 12.00 WIB, tentu saya harus memutar otak supaya bisa melewati daerah yang kerap macet tersebut dengan aman.

Maklum, terkadang kemacetan menuju Puncak di akhir pekan sudah bisa dirasakan 2 km sebelum keluar Gerbang Tol Ciawi. Maka dari itu saya memutuskan untuk berangkat pagi sekitar pukul 05.30 WIB.

test drive new mazda cx-5

(Foto: Carmudi)

Kok, pagi banget? Iya, menurut saya ini adalah waktu terbaik ketika saya ingin menuju ke kawasan Puncak. 

Memasuki Tol Cijago, Depok, sebagai sesi awal test drive New CX-5, saya memutuskan untuk menggunakan adaptive cruise control milik Mazda. Hasilnya, mobil berjalan mengikuti irama kecepatan mobil di depannya dengan cukup baik. Pengemudi juga bisa mengatur jarak antara mobil di depan mulai dari dekat, sedang, dan jauh.

Lantaran belum sepenuhnya percaya dengan teknologi, maka sebagai tindakan preventif saya memilih jarak terjauh dengan mobil depan.

“Ah, mobil dengan adaptive cruise control itu memang selalu menyenangkan dikendarai, ya. Nggak perlu repot injak rem dan gas kalau di tol,” kata saya dalam hati. 

Bagi saya pribadi, fitur seperti ini bukan hal baru. Saya pernah mencicipi adaptive cruise control di beberapa mobil seperti Honda Accord, Honda New CR-V, dan New Mazda CX-5.

Performa Mesin Top!

Usai mencicipi MRCC, saya pun mencoba mobil berkapasitas 5 orang ini untuk sedikit ‘berolahraga’. Tak disangka, untuk meraih kecepatan hingga 140 km/jam ternyata sangat mudah.

test drive new mazda cx-5

(Foto: Carmudi)

Saya pun segera menginjak pedal rem perlahan untuk menurunkan kecepatan. Maklum, saat test drive New Mazda CX-5 ini saya sedang membawa dua anak saya yang masih balita untuk berakhir pekan sehingga prioritas keselamatan menjadi yang utama.

>>>>> Cari mobil Mazda CX-5 baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Fitur Oke

Ternyata betul apa yang dikatakan oleh Ricky Thio tentang jok. Saya merasa jika jok yang diduduki ini terasa cukup nyaman dan memeluk badan.

Ia mengatakan kepada saya jika di bagian rangka jok ditambahkan tulangan yang dipasang di bagian punggung. Tujuannya agar memberikan posisi duduk lebih baik.

Ketika diajak melahap tikungan, mobil terasa lebih rigid. Hal tersebut juga disebabkan oleh adanya penambahan rigiditas mounting ke bodi mobil.

Mau diajak berbelok ke kiri dan kanan, mobil terasa ‘nurut’ dan mudah dikendalikan. “Wah, ini benar-benar cocok diajak ugal-ugalan,” kata saya.

(Foto: Carmudi)

Memasuki jalan raya Puncak, saya pun membuka sunroof untuk menikmati udara pagi yang masih segar. Maklum, saya sudah memasuki daerah ini sejak pukul 06.30 WIB.

Anak saya pun cukup senang dengan mobil yang memiliki sunroof. Kata dia, mobil yang ada sunroof-nya bisa buat melihat awan dan bulan pada malam hari. 

Menyenangkan banget, test drive New Mazda CX-5 ini bareng keluarga sambil liburan!

Suspensi Stabil

Setelah melakukan test drive New Mazda CX-5 saya bisa mengatakan bahwa mobil ini punya karakter suspensi yang ‘aneh’ karena bisa menyesuaikan dengan beberapa kondisi jalan.

Salah satunya ketika melibas jalanan rusak yang mana suspensinya terasa sedikit keras dan kaku namun tetap terasa nyaman.

Namun ketika melewati jalan bergelombang, tiba-tiba suspensinya terasa lembut dan empuk. Seakan-akan suspensi ini bisa menyesuaikan diri pada medan yang sedang dilaluinya. 

review new mazda cx-5

(Foto: Carmudi)

Jujur, saya bukanlah penikmat SUV dengan karakter suspensi seperti ini. Namun harus diakui pada test drive ini, karakter suspensi New Mazda CX-5 memang layak digunakan untuk keperluan di kota besar seperti Jakarta yang lebih banyak jalan aspal.

Jika bertemu dengan jalan berlubang, suspensinya akan terasa cukup keras dan solid. Bahkan ketika diajak melaju kencang suspensinya terasa cukup empuk dan nyaman.

“Jadi ada body Evolution, suspension Evolution, dan seat Evolution. Pada struktur jok dibuat baru agar posisi duduknya lebih mantap, terutama ketika melahap tikungan,” kata Ricky Thio kepada saya.

>>>>> Cari mobil Mazda CX-5 baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Kesimpulan Test Drive New Mazda CX-5

Selama tiga hari pemakaian, ada beberapa hal yang suka dari Mazda CX-5 ini.

Pertama, New Mazda CX-5 punya fitur yang sangat baik dengan harga bersaing. Jika membandingkan dengan kompetitornya, New Mazda CX-5 ini lebih murah Rp50 jutaan dibanding New Honda CR-V.

mesin new mazda cx-5

Mesin New Mazda CX-5. (Foto: Carmudi)

Kedua, kualitas suara yang dihasilkan oleh audio Bose pada mobil ini tentu menjadi pemanja telinga yang mantap. Maklum, Anda akan menghabiskan banyak waktu di dalam mobil saat berkendara, sehingga membutuhkan audio yang juga punya kualitas baik.

Keempat adalah desain. Harus diakui kalau New Mazda CX-5 ini punya desain yang sangat elegan dan keren. Bahkan orang pun tak akan menyangka jika mobil ini lebih murah dari New Honda CR-V.

Kelima konsumsi BBM. Untuk digunakan ke luar kota, ternyata mobil ini masih sanggup mencatatkan konsumsi BBM di 1:12 km/liter.

Hal tersebut salah satunya didukung oleh penyematan teknologi cylinder deactivation. Ketika sedang berkendara santai, maka akan ada 2 silinder yang berhenti bekerja untuk mengurangi konsumsi BBM.

Ternyata teknologi tersebut mampu membuat New Mazda CX-5 ini menjadi lebih irit. Sedangkan jika digunakan untuk dalam kota, kisarannya ada di 1:8-9 km/liter yang mana menurut kami masih cukup oke.

(Foto: Carmudi)

Maklum, performa mesin yang dihasilkan pun bisa dikatakan selalu siap ketika pedal gas diinjak dalam-dalam. Lagipula, konsumen yang ingin membeli SUV ini pun biasanya tak mempermasalahkan konsumsi BBM.

Hal terakhir yang saya suka saat melakukan test drive New Mazda CX-5 beberapa waktu lalu ini adalah adanya fitur tersembunyi, yakni adaptive light headlamp (ALH). Fitur ini punya kemampuan jauh lebih baik dari LED biasa.

Ketika di malam hari, ALH bisa menerangi sisi yang dinilai paling gelap. Sementara itu lampu jauhnya juga bakal aktif secara otomatis ketika mobil melaju di kecepatan tinggi. 

Nggak cuma itu aja, di sisi paling luar lampu terdapat wide range low-beam. Lampu ini berfungsi mirip cornering light buat menerangi sisi kanan kiri.

Tapi, uniknya wide range low-beam ini bakal selalu menyala ketika pengemudi menyalakan lampu besar di malam hari. Efeknya, penerangan yang dihasilkan jadi sangat luas, sehingga visibilitas berkendaranya sangat maksimal.

Fitur ini sangat cocok bagi saya yang lebih suka mengendarai mobil di malam hari. Dengan adanya fitur tersebut, visibilitas menjadi lebih baik.

Setelah mencicipi test drive New Mazda CX-5 ini, saya pun semakin yakin jika mobil ini ke depannya bisa cukup laris di pasaran. Tertarik membeli mobil satu ini?

>>>>> Cari mobil Mazda CX-5 baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Simak juga video review Mazda CX-5 dari Carmudi berikut ini:

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts