Berita Mobil Sumber informasi

Toyota Ingin Ciptakan Adik dan Kakak untuk Mobil Sport 86

Toyota 86 (Foto: Autoblog)

Tokyo – Toyota menjawab keraguan banyak pihak akan kapasitas perusahaan membangun mobil sport dengan menghadirkan Toyota 86. Sekarang mobil sport bertubuh langsing itu telah dipasarkan secara global termasuk ke Indonesia.

Seakan tak puas hanya memiliki Toyota 86, ke depan perusahaan berencana untuk meluncurkan dua lagi mobil sport sebagai adik dan kakak 86.

Presiden Toyota Akio Toyoda pernah mengatakan bahwa perusahaan ingin memiliki jajaran mobil sport yang terdiri dari “tiga saudara”. Dirinya juga mengungkap sekarang ini posisi Toyota 86 bisa dikatakan sebagai anak tengah, sedangkan Toyota Supra adalah kakak.

Sementara adik Toyota 86 akan menjadi mobil sport entry-level yang dibangun dari mobil konsep S-FR. Sebenarnya pabrikan mobil asal Jepang itu telah memberi sinyal soal kehadiran mobil sport entry-level lewat konsep S-FR.

Hanya saja Toyota baru benar-benar terbuka terkait proyek besar tersebut ketika mendekati hari kelahiran Supra. Sebelumnya mobil konsep S-FR pernah diperlihatkan oleh Toyota di ajang Tokyo Motor Show 2015.

Sebagaimana diberitakan Carscoops, mobil konsep tersebut dirancang untuk membuat generasi muda supaya jatuh cinta untuk mengemudikannya. Perusahaan akan berusaha untuk membuat S-FR versi produksi dengan konstruksi ringan serta memiliki mesin di depan/belakang bergaya klasik.

Berhubung S-FR masih sebatas mobil konsep, jadi Toyota tidak mengeluarkan terlalu banyak detail tentang mobil. Namun, perusahaan menegaskan S-FR adalah mobil yang mampu menampung hingga empat penumpang di kabin dengan distribusi berat yang optimal dan suspensi independen untuk menghadirkan kinerja maksimal ketika mobil melaju di jalan menikung.

Mobil Konsep ini juga dilengkapi dengan transmisi manual enam percepatan yang dijanjikan untuk menambah kesenangan dan pengalaman berkendara yang responsif.

Pesaing Mazda MX-5 Cup

Sampai sekarang Toyota masih menyimpan rapat soal jadwal peluncuran dan perkembangan dari mobil konsep S-FR. Bila melihat tampang dari mobil konsep S-FR sepertinya Toyota ingin menjadikannya sebagai pesaing terdekat Mazda MX-5 Cup.

mobil konsep S-FR (Foto: Autoblog)

Toyota tidak banyak bicara tentang mobil, tetapi konsep ini menampilkan splitter depan, serat karbon yang diperkuat dengan plastic canards dan velg yang ringan. Model ini juga dilengkapi dengan side skirt aerodinamis dan sayap belakang yang besar.

Belum adanya informasi resmi dari perusahaan sehingga belum ada kejelasan apakah perusahaan akan benar-benar membuat mobil mobil sport entry-level.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts