Home » Berita » Toyota Sienta Dapat Penyegaran, Harga Tidak Naik

Toyota Sienta Dapat Penyegaran, Harga Tidak Naik

toyota sienta
Toyota Sienta (Foto: Paultan)

Kuala Lumpur – United Motor Works (UMW) Toyota Motor, agen pemegang merek (APM) mobil Toyota di Malaysia, baru saja melakukan penyegaran terhadap Sienta. Penyegaran yang dilakukan Toyota Malaysia tidak terlalu banyak. Penyegaran hanya berfokus pada sektor interior saja yang dengan demikian, kenyamanan di dalam kabin semakin bertambah.

Toyota hanya melakukan penyegaran untuk Sienta tipe yang tertinggi yaitu 1.5V. Sedangkan untuk tipe satunya lagi yaitu 1.5 G, tidak tersedia karena tahun ini Toyota Malaysia akan menyetop penjualannya.

Sebagaimana diberitakan Paultan, adapun penyegaran yang dilakukan oleh Toyota meliputi pergantian sistem hiburan berupa head unit DVD-AVX berukuran 6,9 inci yang tentunya sudah mengalami peningkatan fitur. Head unit layar sentuh ini sudah dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth, HDMI, slot kartu SD (Secure Digital) dan reverse camera.

Sebelumnya head unit yang ditawarkan untuk Sienta berukuran 7 inci, DVD-AVN dengan fitur GPS berbasis navigasi sebagai pilihan.

toyota sienta
Interior Toyota Sienta (Foto: Paultan)

Toyota Sienta terbaru di Negeri Jiran itu juga sudah dilengkapi dengan USB charging port yang bisa digunakan oleh penumpang yang duduk di bangku baris kedua. Selain itu terdapat pula karpet untuk bagian belakang yang bisa dilepas. Tambahan lainnya yaitu kamera parkir dengan tampilan luar yang bisa dipantau melalui head unit.

Menariknya dengan sejumlah penyegaran yang ada di Sienta, Toyota Malaysia tidak menaikkan harga jualnya masih di angka 97.000 ringgit atau sekira Rp340,4 juta.

Tidak ada perubahan di sektor mesin pada mobil yang dibawa dalam bentuk utuh atau Completely Built Up (CBU) dari Indonesia ini. Dibawah kap mesin masih dijejali mesin 2NR-FE berkapasitas 1.5 liter yang mampu menyemburkan tenaga 107 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 140 Nm pada 4.200 rpm.

Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis Continuously Variable Transmission (CVT) tujuh percepatan.

toyota sienta
USB charging port Toyota Sienta (Foto: Paultan)

Toyota Sienta tipe 1.5V sudah dibekali dengan lampu utama bi-LED, velg alloy 16 inci, acoustic windscreen, keyless entry, push-button start dan Optitron instrument cluster. Fitur lainnya seperti Auto AC, lingkar kemudi yang sudah dibungkus kulit dan pintu geser elektrik.

Kapan Toyota Sienta di Indonesia Mendapat Penyegaran?

Toyota Sienta resmi dipasarkan di Malaysia pada Agustus 2016. Sedangkan di Indonesia sudah lebih dulu hadir yaitu pada April di tahun yang sama. Lantas kapan PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku APM mobil Toyota di Indonesia berniat untuk menyegarkan Sienta?

Mengenai hal tersebut, Carmudi sudah menanyakan seperti apa tanggapan dari perwakilan TAM, Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager, namun tidak ada jawaban.

Kiprah Toyota Sienta di pasar Indonesia mendapat sambutan yang terbilang kurang. Tahun lalu saja berdasarkan data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Toyota hanya mengirim sebanyak 14.968 Sienta ke dealer.

Padahal Sienta bermain sendiri di segmen multi purpose vehicle (MPV) dengan pintu geser. Sebelumnya ada Honda Freed tapi pada 2016 penjualannya sudah dihentikan PT Honda Prospect Motor (HPM).

Memasuki 2018, penjualan wholesales Toyota Sienta tidak begitu cermelang. Pada Januari tercatat hanya 76 unit saja yang dikirim ke dealer dari pabrik. Sedangkan pada Februari cukup baik karena mengalami peningkatan dari bulan sebelumnya menjadi 361 unit. Jika ditotal, penjualan wholesales Toyota Sienta selama Januari-Februari tercatat sebanyak 437 unit. (dna)

Previous post
Hati-Hati, Salah Pasang Aki Mobil Bisa Merusak ECU
Jalan Tol
Next post
Polri: Kebijakan Ganjil Genap Berhasil Turunkan Volume Kendaraan