Berita

XL7 dan Karimun Wagon R Kerek Naik Ekspor Suzuki

GIIAS, Jakarta – Suzuki menyampaikan pihaknya mencatat peningkatan ekspor sebesar 34% selama Januari-Oktober 2021 dibanding periode yang sama tahun lalu. Suzuki XL7 dan Karimun Wagon R menyumbang angka yang signifikan.

Ekspor Suzuki XL7

Suzuki XL7 memiliki kontribusi paling besar untuk ekspor kategori CBU. (Foto: Suzuki)

Dikutip dari keterangan resmi, Kamis (18/11/2021), XL7 berkontribusi sebanyak 39% untuk ekspor kategori Completely Built Up (CBU). Sementara itu Karimun Wagon R berkontribusi sebanyak 95% untuk ekspor kategori Completely Knock Down (CKD).

SIS menilai pencapaian positif ini sebagai tanda kondisi pasar otomotif dunia mulai membaik setelah melewati masa pandemi COVID-19. Seperti halnya disampaikan Apriyanto, Production Planning Control Assistant to Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM).

“Peningkatan angka ekspor Suzuki memperlihatkan mulai pulihnya pasar otomotif dunia, terutama negara-negara tujuan ekspor mobil unggulan produksi Suzuki Indonesia, seperti XL7 dan Karimun Wagon R,” kata Apriyanto.

Baca Juga:

Saat ini setidaknya ada 49 negara tersebar di Asia, Timur Tengah, Amerika Selatan, Oseania, hingga Afrika yang menjadi tujuan ekspor Suzuki.

“Pakistan, Vietnam, Filipina, Thailand, dan Meksiko adalah beberapa negara yang memiliki permintaan tinggi terhadap kendaraan Suzuki,” sambung Apriyanto.

Suzuki Ertiga versi Ekspor

Suzuki Ertiga diekspor ke berbagai negara baik dalam kategori CBU ataupun CKD. (Foto: Suzuki)

“Melihat tren positif ini, hingga akhir tahun 2021, kami menargetkan untuk mengekspor mobil ke 52 negara tujuan,” tambahnya.

Model yang Diekspor

Suzuki menyampaikan model kendaraan roda empat yang diekspor secara CBU, meliputi APV, New Carry, All New Ertiga, dan XL7. Untuk kategori ekspor CBU itu sendiri jumlahnya meningkat 9% jika dibanding periode Januari-Oktober tahun lalu.

Sedangkan model yang diekspor CKD, meliputi All New Ertiga, New Carry, dan Karimun Wagon R.

Bukan hanya mobil, Suzuki juga mengekspor sepeda motor ke 35 negara. Tiga model yang memiliki kontribusi paling besar, yaitu Satria F150 sebesar 62,2%, NEX II sebesar 11,9%, dan Address UK110 sebesar 7,2%.

Di samping itu, produk motor sport GSX Series juga sudah diekspor ke negara-negara di benua Eropa, contohnya Jerman, Belgia, Perancis, Italia, dan lainnya.

Cek detail model-model terbaru dari Suzuki dengan klik tautan ini atau tombol di bawah.

Lihat Mobil Suzuki

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/