Home » Tips dan saran » Yuk Hitung Harga Jual Kendaraan Anda

Yuk Hitung Harga Jual Kendaraan Anda

Saat Anda ingin menjual kendaraan Anda, seringkali Anda kebingungan menentukan berapakah harga yang pas untuk Anda pasang sebagai harga jual kendaraan Anda. Padahal jika Anda sampai salah memasang harga jual untuk kendaraan Anda, bisa-bisa kendaraan Anda tidak laku atau malah Anda rugi karena memasang harga kemurahan.

Lalu, bagaimanakah caranya menghitung harga yang pas untuk kendaraan Anda? Tenang saja, Carmudi Indonesia sudah punya beragam cara yang bisa Anda lakukan sebelum menentukan harga jual kendaraan Anda secara cepat dan cermat. Jadi, sudah siapkah Anda menentukan harga yang pas untuk menjual kendaraan Anda?

Cek Kendaraan Anda

Cek kendaraan Anda secara detil
Cek kendaraan Anda secara detil

Sebelum menghitung harga jual kendaraan Anda, ada baiknya untuk Anda memperhatikan secara jeli seperti apa kendaraan Anda. Secara singkat, beberapa hal yang harus Anda perhatikan adalah:

Merek

Di Indonesia, kecenderungan masyarakat akan merek kendaraan secara tak langsung mempengaruhi harga jual kendaaan. Sekedar info, merek kendaraan Asia khususnya Jepang biasanya memiliki harga jual kembali yang cukup stabil di pasaran ketimbang merek kendaraan dari Eropa

Tipe

Di tahap awal ini, Anda harus paham bahwa tidak semua tipe dari kendaraan mampu dijual dengan harga tinggi. Pasalnya, semakin tipe kendaraan yang Anda miliki tidak populer, semakin sulit juga bagi Anda untuk mematok harga jual  dengan tinggi.

Tahun Produksi

Tahun produksi kendaraan Anda berpengaruh pula terhadap harga jual kendaraan Anda nantinya.  Biasanya, semakin muda usia kendaraan Anda, semakin tinggi juga Anda bisa mematok harga kendaraan Anda.

Kondisi Kendaraan dan Ketersediaan Sparepart

Sebelum menjual kendaraan Anda, pastikan terlebih dahulu bahwa kendaraan Anda dalam kondisi yang baik dan tanpa cacat, baik itu dari segi mesin, bodi, interior, dan lain-lain. Hal ini diperlukan agar calon pembeli tidak merasa rugi.

Tak hanya kondisi kendaraan saja yang jadi pertimbangan, biasanya masih sering ditemui pembeli yang lebih memilih mobil yang mudah ditemukan sparepart dan mudah perawatannya. Karena itulah, kedua hal ini memiliki pengaruh cukup besar untuk penentuan harga kendaraan Anda nantinya.

Kelengkapan Surat-Surat

Kelengkapan surat-surat sudah barang tentu krusial hadirnya dalam sebuah kendaraan. Soalnya jika seluruh surat-surat kendaraan seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), atau faktur kendaraan masih tersedia, Anda masih bisa mematok harga Anda sedikit lebih baik.

Pajak

Satu hal lagi yang wajib Anda cek ialah pajak kendaraan Anda. Fakta membuktikan banyak orang lebih memilih membeli kendaraan yang masih dalam kondisi pajak masih panjang, ketimbang membeli kendaraan yang pajaknya mati.

Jika Anda ingin menjual kendaraan Anda dengan harga tinggi, setidaknya pastikan Anda sudah perpanjang pajak kendaraan bermotor Anda, termasuk juga perpanjangan STNK Anda. Jika Anda tak sempat melakukan hal tersebut, maka kemungkinan untuk mobil Anda terjual dengan cepat dan sesuai dengan harga keinginan Anda akan semakin sulit.

Cek Harga Kendaraan Anda

Cek mobil Toyota Avanza di Carmudi Indonesia
Cek mobil Toyota Avanza di Carmudi Indonesia

Untuk menghindari terjadinya kerugian karena salah memasang harga, alangkah baiknya Anda mencari tahu dahulu seperti apa harga kendaraan Anda di pasaran. Pastikan kendaraan yang Anda cek ialah kendaraan yang sama tipe dan tahun produksinya dengan Anda.

Cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk mencari parameter harga jual kendaraan adalah mencarinya di majalah, iklan koran, serta situs online marketplace semisal Carmudi Indonesia. Dari pencarian tersebut Anda sudah bisa menemukan perkiraan berapakah harga tertinggi atau terendah untuk kendaraan Anda di pasaran.

Selain melakukan pengecekan harga kendaraan Anda, Anda pun bisa menghitung perkiraan harga kendaraan Anda di pasaran. Biasanya kendaraan keluaran merek Asia memiliki depresiasi (penyusutan) harga per tahun sekitar 10% hingga 15%. Jika kendaraan Anda merupakan merek Eropa dan Amerika nilainya bisa naik menjadi 25% hingga 30% per tahun.

Komparasi Harga Kompetitor Kendaraan Anda

komparasi kendaraan Anda dengan Kompetitor
Komparasi harga kendaraan

Biasanya setiap kendaraan memiliki kompetitor-kompetitor di segmennya. Kompetitor ini meski belum tentu lebih baik atau lebih buruk ketimbang kendaraan Anda. Tapi keberadaan mereka bisa menambah riset Anda sebelum menentukan harga yang pas untuk menjual kendaraan Anda.

Biasakan pilih satu hingga tiga kendaraan kompetitor Anda, dan cek harga jual mereka di pasaran. Cara pengecekan harga jual mereka pun sama persis dengan cara mengecek harga kendaraan Anda. Jika sudah menemukan kisaran harga kendaraan kompetitor Anda, maka cocokkan dengan harga kendaraan Anda, sebelum akhirnya Anda menentukan angka yang pas untuk menjadi harga jual kendaraan Anda.

Perhitungkan dengan Cermat Harga Jual Kendaraaan Anda

hitung harga jual kendaraan Anda
Menghitung harga jual yang pas untuk mobil Anda

Setelah berhasil mengumpulkan data mengenai harga kendaraan Anda dan kompetitornya, kini saatnya menentukan berapakah angka yang pas untuk Anda pasang sebagai harga jual kendaraan Anda.

Apabila Anda ingin menjual secara cepat, pastikan harga mobil bekas Anda berada dalam kisaran yang tak berbeda jauh dan serupa dengan mobil-mobil di pasaran. Hanya saja, hal ini sedikit beresiko menjadikan Anda sedikit rugi karena resiko penawar kendaraan Anda akan menawar hingga serendah yang mereka ingini.

Sebaliknya, jika Anda ingin mendulang untung dari menjual kendaraan Anda, maka pasang harga kendaraan Anda di atas harga yang seharusnya. Patokan utama adalah rentang antara harga tertinggi kendaraan Anda (keluaran tahun yang sama) dengan kompetitor kendaraan Anda. Setidaknya, jika harga jual kendaraan Anda dipasang di angka tinggi, resiko Anda mengalami kerugian karena penawaran yang rendah akan terhindarkan. Tapi jangan lupa, memasang harga jual tinggi beresiko membuat orang berfikir dua kali untuk membeli kendaraan Anda.

Nah, demikian tips mengenai bagaimana menghitung harga jual kendaraan Anda agar bisa terjual sesuai keinginan Anda. Jika Anda sudah pasti menentukan harga yang pas untuk kendaraan Anda, kini saatnya langsung memasarkan kendaraan Anda di sini.

 

 

Previous post
Nissan Murano 2009, Hadir untuk Memuaskan Dahaga Konsumen
Next post
Wow! Kawanan “Polizei” Buka Tabir Duo Jagoan Porsche