Berita Mobil

Bedah Varian Wuling Air EV Standard dan Long Range, Apa Saja Bedanya?

TANGERANG – Kemarin pada saat hari pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Kamis (11/8), Wuling Motors secara resmi meluncurkan Wuling Air EV ke Indonesia, sekaligus merilis harga resmi mobil listrik tersebut.Yaitu Rp285 juta untuk tipe Standard Range dan Rp295 juta untuk varian Long Range.

Kali ini Carmudi akan membahas perbedaan antara varian Standard Range dengan Long Range dari Wuling Air EV. Dimulai dari dimensi dan sasisnya itu sendiri, Wuling Air EV mngusung konsep mobil yang kompak yang panjangnya tidak sampai 3 meter, sementara lebarnya hanya 1,5 meter.

Tetapi cukup mampu menampung sampai 4 penumpang. Nah apa yang menjadi perbedaan?

wuling air ev @ GIIAS 2022

Menurut Danang Wiratmoko dari Product Planning Wuling Motors, untuk varian Standard Range, sistem pengeremannya sudah dilengkapi dengan system rem cakram di bagian depan, dan rem tromol di bagian belakang. Sedangkan untuk varian yang Long Range, rem cakram sudah tersedia di ke empat rodanya.

Beralih ke bagian utama dari suatu mobil listrik, baterai dan penggeraknya jadi sesuai dengan namanya Standard dan Long Range terlihat perbedaan pada jarak tempuhnya. Yang mana Standard Range itu bisa mencapai 200 Km, sedangkan varian yang Long Range bisa mencapai 300 Km.

Hal yang menjadi pembedanya adalah besar atau tidaknya kapasitas baterainya. Jadi kalau yang Standard Range itu 17,3 Kwh, sedangkan yang Long Range 26,7 Kwh.

Kemudian sistem penggeraknya sendiri, motor penggeraknya sama antara kedua varian tersebut. Wuling Air EV sudah dilengkapi dengan motor yang memiliki daya maksimum sebesar 30 Kw. Dan motor itu dihubungkan ke roda belakang, jadi Wuling Air EV merupakan penggerak roda belakang.

Wuling Air ev

(Foto: Wuling)

Perbedaan Interior Wuling Air EV Standard dan Long Range

Interior Wuling Air ev

(Foto: Wuling)

Masuk ke bagian interiornya, kalau kita lihat desain dari interior Wuling Air EV rancangan yang diusung oleh Wuling adalah minimalis tapi tetap harus berkesan modern dan banyak teknologinya.

Jadi penumpang akan bisa menemukan nuansa modern dan canggih pada interior Wuling Air EV ini. Untuk varian yang standar range mobil tersebut sudah dilengkapi dengan meter cluster yang full colour berukuran 7 inchi.

Sedangkan yang varian yang Long Range-nya ditambahkan dengan meter cluster yang lebih besar, 10,25 inchi.

Ada juga tambahannya sarung bangku berbahan kulit sintestis dan setir juga dibungkus dengan kulit sintetis yang sama. Ada perbedaan warna interior antara varian Standard dengan Long Range Wuling Air EV.

Dimana varian yang stadar itu bernuansa abu-abu terang. Sementara varian Long Range hitam dan abu-abu gelap.

Perbedaan Eksterior Wuling Air EV Standard dan Long Range

harga Wuling Air ev 2022

(Foto: Wuling)

Berlanjut ke bagian eksteriornya, ini adalah bebertapa perbedaan antara kedua varian. Standard Range itu sudah dilengkapi dengan logo Wuling yang bisa menyala. Sementara varain Long Range ditambah lagi dengan LED lamp yang membentang dari depan dan belakang dan DRL yang membentang dari samping kiri ke kanan.

Untuk urusan safety, Wuling Air EV memiliki fitur keamanan yang sangat lengkap. Dari airbag tersedia dua buah untuk semua variannya, system pengeremannya sudah menggunakan ABS dan EBD juga.

Lalu karena mobil listrik ini tidak menghasilkan suara, maka ditambahkan sound modul atau seperti suara buatan ketika Wuling Air EV sedang berjalan dalam kecepatan rendah. Tujuannya untuk memberikan pereungatan kepada pejalan kaki sekitar bahwa ada mobil listrik sedang berjalan.

Fitur Keselamatan Wuling Air EV

Ruang kabin Wuling Air ev

(Foto: Wuling)

Kemudian untuk menjamin keamanan mobil ini juga sudah dilengkapi dengan immobilizer dan alarm. Khusus untuk varian Long Range ada tambahan fitur safety berupa electronic stability control kemudian electric parking brake yang sudah dengan reload control.

Pindah ke bagian multimedia atau system hiburan di dalam Wuling Air EV ini, seperti radio, pemutar music melalui Bluetooth atau USB sudah tersedia di dalam. Khusus untuk varian Long Range ditambahkan juga layar sentuh berukuran 10,25 inchi. Dengan desain floating, sehingga seperti konsep layar ganda sehingga varian Long Range punya layar 2 kali berukuran 10,25 inchi.

Ada juga terknologi baru di Wuling Air EV ini yakni Smart Start System. Fitur ini memungkinkan mobil listrik ini dioperasikan tanpa harus menekan tombol tertentu atau memutar anak kunci. Kunci hanya tinggal dikantongi bisa masuk mobil dengan injak rem dan transmisi sudah langsung bisa jalan.

Fitur tersebut hanya tersedia di varian Long Range Wuling Air EV. Dan fitur khas Wuling yang sudah ada di model lainnya juga turut disertakan dalam mobil listrik ini.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/