BeritaMobilProdukReviewsSumber informasi

Chevrolet Spark, Hatchback yang Punya Harga Overprice

Jakarta – Mobil berjenis hatchback kian digandrungi di Indonesia. Biasanya mobil jenis ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Namun, ada satu hatchback yang memiliki harga yang di atas rata-rata. Mobil tersebut adalah Chevrolet Spark. Mobil ini dijual di harga Rp 200 jutaan. Apa yang membuat mobil ini mahal?

Jika membandingkan dengan kompetitornya, Chevrolet Spark ini memang lebih mahal. Sebut saja Honda Brio, Toyota Agya, Daihatsu Ayla hingga Suzuki Ignis punya banderol harga di bawahnya. Kira-kira, apa saja yang menjadi kelebihan dari mobil ini?

Chevrolet Spark

All New Chevrolet Spark dengan tampilan baru. Foto/Carmudi Indonesia.

Bagi sebagian orang, mungkin harga yang dibanderol oleh GM Indonesia selaku APM Chevrolet di Tanah Air cukup mahal. Dengan harga Rp 200 jutaan, mungkin Anda akan mencari mobil lain yang punya sedikit kelebihan. Chevrolet Spark memiliki dimensi yang cukup kompak. Desainnya cukup modern, dan tidak memiliki ukuran yang besar untuk digunakan di perkotaan.

Eksterior Chevrolet Spark

Mobil ini mengusung gaya bahasa desain ala signature split Chevrolet. Alias Chevrolet memiliki dua bagian gril yang terpisahkan oleh logo. Gril bagian atas sebagai alur angin masuk ke bagian mesin, dan gril bagian bawah merupakan aliran pendinginan ke bagian radiator. Lampu depan sudah memakai model projector headlamp, yang membuatnya menjadi lebih kekinian.

Chevrolet Spark

Tampilan Eksterior All new Chevrolet Spark. Foto/Carmudi Indonesia.

Sejatinya mobil ini memang diperuntukkan untuk kaum remaja dan jiwa muda yang membutuhkan mobilitas. Di sisi samping, mobil ini memiliki beberapa lekukan. Hal ini membuat Spark menjadi terlihat lebih kekinian. Velg yang digunakan menggunakan ukuran 14 inci dengan model palang 5. Di bagian belakang, lampu belakangnya terlihat aneh. Desain lampu belakang ini cukup nyentrik, bisa dibilang tidak semua orang suka dengan desain lampu belakang seperti ini.

Interior Chevrolet Spark

Bagian dalam dari Chevrolet Spark sebenarnya bisa dibilang biasa saja. Hanya saja tampilan dashboardnya cukup oke untuk dipandang. Mulai dari headunit 7 inci layar sentuh, hingga instrumen cluster yang terlihat modern. Desain dashboard yang mewah dengan sentuhan Piano Black accents didukung tempat duduk yang nyaman untuk 5 penumpang dewasa berbalut bahan fabric berkualitas tinggi.

Chevrolet Spark

Interior baris pertama Chevrolet Spark. Foto/Carmudi Indonesia.

Pada bagian setir sebelah kanan, terdapat beberapa tombol pengaturan. Tombol ini dapat digunakan untuk mengatur volume dan menu pada instrumen cluster.

Mesin Chevrolet Spark

Bagaimana dengan mesin yang digunakan? Chevrolet Spark dibekali dengan mesin 1.400 cc, 4 silinder, Ecotec. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 98 ps dengan torsi maksimal 124 Nm. Mesin tersebut menyalurkan tenaganya melalui transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) penggerak roda depan. Girboksnya dilengkapi dengan auxiliary gearbox yang membuat performa menjadi responsif dan halus.

Chevrolet Spark

Mesin All new Chevrolet Spark. Foto/Carmudi Indonesia.

Sebelum membahas fiturnya, Chevrolet Spark ini memiliki head unit yang sudah terintegrasi koneksi smartphone. Tak hanya itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan 6 speaker. 4 speaker di bagian depan dan belakang, hingga 2 tweeter di bagian depan. Head unit ini juga dilengkapi dengan valet mode.

Fitur Keamanan Chevrolet Spark

Mobil berpenumpang 5 orang ini dibekali dengan dua buah SRS airbag. Ada juga ESC, hill start assist yang merupakan fitur pertama di kelasnya. Ini sedikit memberikan rasa lega bagi para calon pembeli Spark, ketimbang memikirkan harganya yang lebih mahal. Soal impresi berkendara, kami sudah pernah mencicipi mobil ini untuk menuju ke kawasan Bandung, Jawa Barat.

Memang, performa mesin yang diberikan oleh Spark tergolong lumayan. Mesinnya halus, sehingga perpindahan transmisinya juga cukup hening. Ruang kepala dan kaki di kedua barisnya juga besar. Sayangnya, kualitas jok yang cukup keras membuatnya kurang nyaman. Bahan bakar dari mesin yang tertanam juga cukup irit. Cocok digunakan untuk mengarungi kemacetan di kota besar seperti Jakarta.

Pembeli Spark juga mendapatkan garansi jaminan hingga 3 tahun, atau selama 100 ribu kilometer. Bagi Anda yang lebih mementingkan fitur dan desain yang antimainstream, boleh jadi mobil ini cocok dibeli.

Chevrolet Spark

Desain spedometer dan MID Chevrolet Spark. Foto/Carmudi Indonesia.

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts