Mobil Reviews

Chevrolet Trax, Pemain Tunggal Crossover Mesin Turbo di Kelasnya

All New Chevrolet Trax

MyLink, jadi fitur konektivitas andalan Chevrolet di SUV Trax

Fitur ini memang kurang bermanfaat untuk Indonesia yang sering macet. Tapi fitur ini sangat berguna untuk perjalanan jauh seperti di tol dengan kecepatan konstan.

Fitur lain yang ada pada mobil ini juga bisa dibilang terlengkap dibanding rivalnya. Sebut saja Trax ini punya hill descent control, sunroof electric, electric defogger dan tire pressure monitoring system.

Fitur ini menjadi salah satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh rivalnya. Bagaimana dengan posisi duduk di bagian belakang? Posisi duduk di bagian belakang mobil ini sebenarnya terasa kurang nyaman.

Karena jok bagian belakang bersifat statis dan tidak bisa di reclining agar memberikan posisi duduk yang lebih nyaman. Selebihnya, ruang kaki dan ruang kepala yang diberikan sangat maksimal apalagi ditambah dengan adanya cup holder di tengah. Bagaimana soal performa mesinnya?

Ini juga menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Chevrolet Trax. Trax menggunakan mesin berkapasitas 1.364 cc, 4 silinder, Dual CVCP, turbocharge yang dapat mengeluarkan tenaga 140 hp dengan torsi maksimal mencapai 200 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan oleh transmisi otomatis 6 percepatan Tiptronic yang juga cukup responsif. Banyak yang mengira jika mobil bermesin turbo pastinya akan lebih boros. Hal tersebut ada benar dan salahnya.

Walaupun Chevrolet Trax ini memiliki turbo pada mesinnya, konsumsi bahan bakarnya juga cukup irit jika Anda tidak tergoda untuk lebih sering menginjak pedal gas. Jika sering menginjak pedal gas dalam-dalam, maka sudah pasti mobil ini akan boros.

Fitur Keamanan Chevrolet Trax 2018

Tetapi tenang, Chevrolet memberikan mobil ini dengan kapasitas tangki besar mencapai 53 liter. Bagaimana dengan fitur keamanan yang dimiliki oleh mobil berpenumpang 5 orang ini?

Mobil ini dilengkapi dengan perangkat keamanan yang cukup baik dibandingkan dengan para kompetitornya. Trax ini punya airbag depan, samping, dan jendela. Seatbelt yang dimiliki juga terdapat 5 buah dengan isofix di bagian belakang.

Ada juga side impact beams, kunci immobilizer, rem ABS, EBD, PBA, hill start assist, parking assist, rear view camera, dan speed sensing auto lock. Banyak bukan? Jelas saja ini menjadi kelebihan utama dari Chevrolet Trax.

Setelah membahas eksterior dan interior yang ada pada Chevrolet Trax ini, kami akan memberikan informasi sedikit mengenai kaki-kaki dari Trax. Chevrolet Trax ini mengandalkan suspensi McPherson Strut untuk bagian depan dan untuk sektor belakang akan menggunakan suspensi tipe Compound Crank Rear Axle.

Keduanya memiliki kemampuan yang cukup handal dalam menjaga keseimbangan dan meredam setiap goncangan ketika berkendara. Efek yang dihasilkan dari kedua suspensi tersebut tentunya memberikan handling yang baik saat mobil melibas kontur jalan bergelombang maupun melewati tikungan.

Carmudi Indonesia beberapa waktu lalu pun pernah mencoba untuk mereview mobil ini. Bagaimana dengan pandangan performa dan handling yang dimilikinya? Secara di atas kertas, mobil ini cukup nyaman untuk digunakan di jalanan perkotaan. Bentuknya kompak, memudahkan untuk bermanuver di kemacetan seperti Jakarta.

Semburan tenaga dari turbonya baru dapat dinikmati saat putaran mesin mencapai 3.000 rpm. Semburan ini memang ditujukan untuk putaran mesin atas agar mesin dapat melaju secara optimal.

Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam juga cukup mudah. Kami memang tidak mencatat berapa waktu yang ditempuh dalam mencapai 100 km/jam, tetapi mobil ini punya performa mesin yang lumayan bisa diandalkan.

Apalagi untuk karakter kota Jakarta yang membutuhkan mobil yang handal untuk stop and go, Chevrolet Trax bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin mobil kecil dengan performa lumayan.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts