Mobil

Harga Mobil Tesla Awal Tahun 2021, Pamor Naik dan Makin Dicari

Investasi Tesla harga mobil Tesla

Tesla sudah mengirim proposal rencana investasi kepada pemerintah Indonesia (Foto: ft.com)

Jakarta – Harga mobil Tesla di awal tahun 2021 mulai jadi bahan pertanyaan seiring mobil listrik asal Amerika Serikat semakin digandrungi.

Bahkan di Indonesia pun pemakai mobil listrik juga semakin bertambah. Sebenarnya hal ini ada bagusnya karena tandanya pengetahuan orang juga sudah semakin membaik.

Tapi banyak orang yang tidak tahu soal harga mobil Tesla yang ada di Indonesia. Mayoritas cuma mengetahui harga mobil Tesla lewat perkiraan saja.

Baca Juga:

Sejarah Tesla di Dunia

Tesla Roadster

Buat yang belum tahu, Tesla sendiri sebenarnya merupakan perusahaan yang sudah berdiri sejak 2003 silam. Dengan nama Tesla Inc, perusahaan ini punya spesialisasi di bidang mobil listrik, mesin, dan perangkat isi ulang baterai.

Ada beberapa orang pendiri Tesla, yakni Elon Musk, Martin Eberhard, Marc Tarpenning, JB Straubel, dan Ian Wright.

harga mobil Tesla

Mobil Tesla milik Lionel Richie

Di tahun 2006, Tesla merilis mobil yang menjadi produk pertama perusahaan yang berbasis di Palo Alto tersebut. Tesla Roadster namanya.

Mobil ini merupakan mobil sport perdana yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Kecepatannya pun tak main-main, bisa mencapai 356 km per jam.

Luar biasa, bukan?!

Yang cukup menarik, mobil ini terjual 100 unit dalam waktu kurang dari tiga minggu, dan seratus unit keduanya terjual pada Oktober 2007.

Menariknya lagi dari Tesla Roadster ini adalah mobil ini dibuat di 2 negara. Perakitannya dibuat di Jerman, sedangkan sasisnya dibuat seutuhnya di Norwegia dan finishing dilakukan di Hethel, Inggris oleh para pegawai Lotus dan Tesla.

harga mobil Tesla

Tesla Model S, benchmark sebuah mobil listrik berkualitas saat ini

Ya, Tesla bekerja sama dengan Lotus untuk mendesain mobil ini. Bahkan ada beberapa komponen yang saling tukar antara Tesla Roadster dan Lotus Elise.

Harga mobil Tesla Roadster ini pada tahun 2009 dibanderol 128.500 dolar AS atau setara dengan Rp1,7 miliar. Itu tahun 2009 yang artinya 11 tahun lalu. Kalau dikonversi dengan harga 2021 berapa, ya?

Tesla Model S

Mobil satu ini bisa dibilang jadi salah satu mobil listrik yang cukup familiar. Tapi tahu enggak, sih, cerita dibalik Tesla Model S ini?

Mobil ini diperkenalkan pada 2012 silam sebagai prototipe. Kala itu namanya adalah Whitestar, dan sekarang dijual dengan nama Tesla Model S.

Tesla Model S ini resmi diproduksi pada akhir tahun 2011 dan dijual resmi pada 2012. Harga yang dibanderol Tesla untuk Model S ini adalah USD 57.400 atau setara dengan Rp797 jutaan off the road di luar pajak.

harga mobil Tesla

Tesla Model S ini punya daya tarik di bagian interior. Karena interiornya menggunakan head unit layar sentuh yang ukurannya gede banget.

Di tahun 2021, Tesla memberikan facelift pada Model S. Ada 2 varian yang ditawarkan, yang pertama adalah Long Range dan kedua adalah Plaid.

Long range dibekali dengan 2 motor berpenggerak all wheel drive. Tenaganya mencapai 670 hp dengan kemampuan berlari 1-100 km per jam hanya dalam waktu 3,1 detik.

Sedangkan tipe Plaid dibekali 3 motor berpenggerak all wheel drive. Tenaganya 1.020 hp dengan kemampuan berlari 1-100 km per jam hanya dalam waktu 1,9 detik saja!

Kira-kira berapa ya harga mobil Tesla Model S ini kalau baru di tahun 2021? Buat harga termurahnya ada di 72.990 dolar AS atau setara dengan Rp1 miliar.

Lalu untuk Plaid dibanderol 112.990 dolar AS atau setara Rp1,6 miliar. Terakhir ada Plaid+ yang dibanderol 132.990 dolar AS yang setara dengan Rp1,9 miliar.

Tesla Model X

Tesla Model X ini punya desain sedan ala liftback. Salah satu yang dikenal orang dari mobil ini adalah penggunaan pintu belakang Model gullwing, alias seperti sayap burung.

Tesla Hubungi Menko Marves

Armada taksi listrik Silver Bird,Tesla X masih dalam tahap perizinan. (Foto: Carmudi/Dimas)

Tesla Model X hadir dalam 2 varian. Yang pertama adalah Long Range dan Plaid. Tipe Long Range dibanderol 83.190 dolar AS yang setara dengan Rp1,1 miliar.

Sedangkan Plaid dibanderol 113.190 dolar AS yang setara dengan Rp1,6 miliar. Bisa dibilang Tesla Model X ini merupakan mobil tipe menengah yang dimiliki oleh Tesla.

Tesla Model Y

Model lainnya adalah Y. Tesla Model Y punya banderol yang lebih murah dibanding Model X. Harga termurahnya ada pada standard range di 34.190 dolar AS atau setara Rp475 jutaan.

Lalu ada Long Range seharga 42.190 dolar AS atau setara Rp587 jutaan dan Performance seharga 52.190 dolar AS atau setara Rp725 jutaan.

harga mobil Tesla

Deretan Mobil yang Bergaya Amerika Banget – Tesla Model S

Dari segi harga, Tesla Model Y memang sedikit lebih murah dibanding model sebelumnya. Setelah Model Y ada juga Tesla Model 3 yang menjadi Model termurah diantara semuanya.

Tesla Model 3

Lalu, berapa sih harga mobil Tesla yang termurah? Harga mobil Tesla termurah ada pada Model 3. Tesla Model 3 dibanderol 30.190 dolar AS atau setara Rp420 jutaan buat tipe standard range plus.

Lalu ada Model 3 Long Range seharga 39.190 dolar AS atau setara Rp545 jutaan. Dan yang terakhir ada Performance seharga 47.190 dolar AS yang setara dengan Rp656 jutaan.

Di antara semua Model, Tesla Model 3 punya banderol termurah. Tapi harus ingat, seluruh harga di atas merupakan harga yang tertera untuk Amerika Serikat.

Tesla Model S
StandardRp1 miliar
PlaidRp1,6 miliar
Plaid+Rp1,9 miliar
Tesla Model X
Long RangeRp1,1 miliar
PlaidRp1,6 miliar
Tesla Model Y
StandardRp475 juta
Long RangeRp587 juta
PerformanceRp725 juta
Tesla Model 3
StandardRp420 juta
Long RangeRp545 juta
PerformanceRp656 juta

Harga Tesla di Amerika Serikat tahun 2021, sumber dari situs web resmi Tesla

Baca Juga:

Harga Mobil Tesla di Indonesia

Harga di atas merupakan harga mobil Tesla yang ada di Amerika Serikat.

Lalu, bagaimana dengan harga di Indonesia?

Berdasarkan pantauan, harga mobil Tesla di Indonesia terpantau lebih mahal. Hal ini mengingat biaya pengiriman, biaya custom dari si pemesan dan pajak yang dikenakan oleh pemerintah RI.

Harga Tesla termurah yang ada di Indonesia untuk Model 3 ada di Rp1,5 miliar. Itupun hanya mendapatkan tipe Standard Range.

harga mobil Tesla

Peluncuran Tesla Model 3 di Indonesia

Sedangkan untuk Tesla Model S dibanderol Rp3 miliar on the road Jakarta. Untuk Tesla Model X harga di Indonesia juga mencapai Rp3 miliar dan ditawarkan dalam varian Long Range dan Performance.

Sedangkan harga tertinggi yang ada di marketplace ada pada Tesla Model X Performance 7 seat dengan harga mencapai Rp3,8 miliar on the road Jakarta.

Harga ini memang punya selisih yang cukup jauh dibanding dengan harga di Amerika Serikat. Enggak heran kalau Tesla di Indonesia hanya dimiliki segelintir orang saja.

Mereka yang punya duit banyak bisa membeli mobil ini dengan mudah. Bahkan beberapa tahun belakangan sudah cukup mudah menemui Tesla di parkiran mall elit di Jakarta.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts