Sumber informasi

Info Rental Mobil di Wilayah Cirebon, Ini Mobil yang Termurah

Info mengenai tempat rental mobil di kota Cirebon kerap dicari oleh sebagian orang, terutama bagi mereka yang tengah menghabiskan waktu libur di sana.

Kota yang dijuluki sebagai penghasil udang rebon ini menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Jawa Barat. Salah satu lokasi wisata yang kerap dikunjungi adalah Keraton Kasepuhan.

Di lokasi ini, masyarakat bisa melihat berbagai bangunan dan benda peninggalan Pangeran Cakrabuana yang diperkirakan dibuat pada 1430.

Keraton Kasepuhan ini menjadi salah satu cagar budaya. Hingga saat ini bangunannya masih terawat dengan sangat baik.

Selain keraton, destinasi wisata lain yang kerap dikunjungi adalah Telaga Nilem. Lokasinya berada di desa Kaduela, Pasawahan, yang berada persis di kaki gunung Ciremai.

Info rental mobil Cirebon

Rental Mobil

Bukan cuma itu saja, masih banyak lagi tempat wisata yang ada di Cirebon. Hanya saja lokasinya tak saling berdekatan.

Tak heran jika banyak orang mencari berbagai info soal rental mobil yang ada di wilayah Cirebon, untuk memudahkan mereka berkunjung ke berbagai tempat wisata.

Menyewa mobil sebenarnya lebih menguntungkan dan efisien, karena tak perlu naik-turun atau menunggu transportasi umum.

Banyak orang mencari berbagai info soal rental mobil yang ada di wilayah Cirebon ini.

Nah, pertanyaannya apakah banyak tempat rental mobil yang ada di kota Cirebon?

Info Rental Mobil di Cirebon

Dian Rent Car

Salah satu tempat yang menyediakan jasa rental mobil di kota Cirebon adalah Dian Rent Car.

Tempat penyewaan mobil ini terletak di perumahan Griya Damai Lestari, Weru, Cirebon.

Perusahaan yang sudah berdiri sejak 2012 ini memiliki beberapa paket penyewaan. Di antaranya, sewa mobil dengan sopir, paket wisata, paket sewa termasuk supir dan Bahan Bakar Bensin (BBM), sewa 12 jam dan 24 jam, hingga antar jemput stasiun serta tempat penginapan.

Rental mobil satu ini menyediakan beragam kendaraan roda empat dengan harga sewa bervariasi. Paling murah adalah Toyota Avanza dengan harga sewa Rp450 ribu per 12 jam, sudah termasuk sopir dan BBM.

Apabila penyewa melewati batas waktu yang sudah ditentukan, maka akan dikenakan biaya tambahan sekira Rp45 ribu per jamnya.

sewa mobil lepas kunci

Lepas kunci dinilai lebih hemat dan nyaman. Foto: (Istimewa)

Sedangkan, jika hanya sewa mobil dengan sopir tanpa BBM akan dikenakan biaya Rp350 ribu untuk 12 jam.

Lain lagi dengan harga sewa untuk Toyota Kijang Innova. Rental ini mematok harga sekira Rp1,2 juta untuk 10 jam, sudah termasuk sopir dan BBM. Jika lewat dari 10 jam, maka penyewa harus membayar biaya overtime Rp75 ribu per jamnya.

“Paket sewanya sama seperti yang ada di website. Untuk mobil lain bisa ditanyakan sesuai kebutuhan,” ujar Hendra, perwakilan dari Dian Rent Cartenaga, saat dihubungi Carmudi, Rabu (21/7/2021).

Sanjaya Tour and Travel

Tempat kedua yang bisa menjadi rujukan bagi Carmudian yang ingin sewa mobil adalah Sanjaya Tour and Travel.

Perusahaan ini menawarkan paket yang lebih beragam, dengan durasi sewa mulai dari 6 jam, 24 jam, harian, mingguan, dan bulanan.

Menariknya, rental ini juga menawarkan jasa penjemputan di dalam maupun luar kota. Artinya, konsumen bisa minta dijemput walaupun lokasi penjemputannya di luar kota Cirebon.

Ada beragam jenis dan merek mobil yang ditawarkan oleh Sanjaya Tour and Travel dengan harga sewa per satu mobil bervariasi.

Harga Avanza 2021 info rental mobil cirebon

Ragam pilihan warna Toyota Avanza. (Foto:TAM)

Misalnya seperti Honda Brio, dengan biaya sewa mulai dari Rp350 ribuan untuk 12 jam, sudah termasuk sopir.

Paket yang ditawarkan untuk Honda Brio ini menjadi yang termurah. Sehingga sering menjadi pilihan oleh para penyewa.

Selain Brio, ada juga Toyota Agya, Daihatsu Sigra, Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, hingga Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Harga sewa Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport berada di kisaran Rp1,1 juta per 2 jam.

Bagi sebagian orang yang mau menyewa mobil, mereka akan cenderung memilih mobil dengan biaya sewa murah dan konsumsi BBM irit.

Tugu Wisata

Selanjutnya ada perusahaan travel bernama Tugu Wisata. Walaupun berkantor pusat di Yogyakarta, Jawa Tengah, tetapi perusahaan ini juga memiliki layanan di kota Cirebon.

Mobil yang tersedia terdiri dari Avanza, Innova, Xpander, Pajero, Fortuner, dan Alphard. Biaya yang dipatok berbeda-beda, tergantung jenis mobil yang dipilih.

Harga sewa termurah Rp350 ribu untuk Toyota Avanza. Harga tersebut sudah termasuk sopir dan penggunaan sampai 12 jam. Sedangkan untuk bahan bakarnya menjadi tanggungan pihak penyewa.

mydriver info rental mobil cirebon

Ilustrasi sewa mobil dengan memakai supir (Istimewa)

Jika Carmudian ingin menyewa mobil mewah seperti Alphard, biaya yang harus dikeluarkan bervariasi tergantung dari model yang dipilih. Untuk Alphard model 2012 berkisar Rp1,9 juta, Rp2,5 juta untuk Alphard keluaran 2018, dan Rp2,7 khusus Alphard Facelift 2019.

Biaya tersebut untuk durasi sewa selama 12 jam, sudah termasuk dengan sopir dan di luar BBM.

Citra Trans

Info rental mobil di kota Cirebon berikutnya yang kami temukan adalah Citra Trans.

Harga sewa termurah yang ditawarkan oleh Citra Trans berkisar Rp250 ribu untuk durasi 12 jam dengan skema lepas kunci.

Sedangkan untuk sewa 24 jam dan lepas kunci berkisar Rp300 ribu saja. Unit yang ditawarkan dengan harga tersebut terdiri dari Honda Brio, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Pajero Sport info rental mobil cirebon

Pajero Sport akan diproduksi lokal. Foto/Carmudi Indonesia.

Sedangkan untuk Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Toyota Yaris, Honda Jazz dan Kijang Innova, harga sewanya Rp350 ribu untuk 12 jam dan Rp450 ribu untuk 24 jam dengan sistem lepas kunci.

Ada juga Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner Rp1,6 juta untuk 24 jam, Alphard Rp2,4 juta untuk 24 jam, dan Toyota Camry dengan tarif Rp2,4 juta untuk 24 jam.

Menurut kami harga yang ditawarkan oleh perusahaan yang berkantor di Jalan Raya Pilang ini termasuk salah satu yang termurah di kota udang.

Syarat Sewa Mobil di Cirebon

Setelah mencari berbagai info tentang rental mobil di Cirebon, langkah selanjutnya adalah memilih tempat penyewaan.

Hal pertama yang juga harus Carmudian pikirkan adalah persyaratan ketika akan sewa mobil.

Setiap perusahaan memiliki syarat yang berbeda-beda, demi kenyamanan dan keamanan antar kedua belah pihak.

Berdasarkan informasi yang kami kumpulkan, umumnya perusahaan rental akan meminta beberapa dokumen dan catatan yang harus dipenuhi oleh calon penyewa.

Siapkan Dokumen

Calon penyewa diwajibkan membawa dan menunjukkan dokumen pribadi, seperti SIM A yang aktif, NPWP asli, KTP, kartu keluarga, dan dokumen lain.

Klaim Asuransi

Mudah melakukan klaim asuransi asal semua dokumen lengkap. Foto/Istimewa

Dokumen tersebut akan menjadi jaminan sekaligus bukti bagi perusahaan rental untuk mencegah pencurian.

Banyak sekali kasus pencurian yang berawal dari penyewaan mobil. Seandainya terjadi kejadian tak diinginkan, maka perusahaan bisa dengan mudah melacak tempat tinggal pihak penyewa.

Membayar Down Payment

Selain dokumen, perusahaan rental mobil juga akan meminta down payment (DP) atau uang jaminan. Besaran DP sudah ditentukan oleh pihak penyewa mobil.

Ada yang meminta uang DP sebesar 20% dari biaya sewa, tapi ada juga yang meminta uang jaminan 50% dari biaya penyewaan mobil, semua tergantung pihak penyewa kendaraan.

Melakukan Booking

Sebaiknya ketika mau menyewa mobil lakukan booking terlebih dahulu. Tujuannya agar pihak penyedia jasa bisa menyediakan mobil pada waktu yang ditentukan, dan pihak penyewa mobil bisa menyerahkan dokumen yang dibutuhkan.

Jika dilakukan secara mendadak, umumnya tarif yang diberikan akan lebih mahal ketimbang mereka yang sudah melakukan booking.

Jangan lupa memesan kendaraan yang akan disewa beserta durasi penyewaan.

Untuk sistem lepas kunci, biasanya diwajibkan melakukan booking terlebih dahulu minimal 3 hari sebelum mobil digunakan. Tujuannya agar pihak perusahaan bisa melakukan survei kepada calon penyewa.

Tips Sewa Mobil

Bersikap Ramah

Beberapa orang terkadang melupakan sopan santun ketika bertemu orang baru. Ada baiknya tetap menjaga etika kepada siapapun, terlebih ketika ingin menyewa mobil.

Ketika Carmudian bersikap ramah, bukan tidak mungkin pihak rental akan memberikan kemudahan. Tidak menutup kemungkinan pula Carmudian bisa mendapat harga spesial, kelonggaran durasi, hingga diberi info tempat-tempat yang layak dikunjungi.

Jangan Lupa Negosiasi

Tips lain ketika ingin sewa mobil adalah jangan lupa untuk melakukan negosiasi kepada pihak penyedia jasa. Pihak penyedia jasa juga sangat terbuka dan tidak terpaku dengan tarif yang ditentukan.

Umumnya harga yang mereka tawarkan ini masih bisa dinego, apalagi bila Carmudian menyewa mobil dalam waktu yang agak lama. Misalnya, sewa mobil untuk 1 minggu, tentu harganya akan berbeda dengan harga sewa mobil setengah hari.

Honda BR-V tidak dipatok target penjualan

Ilustrasi foto mobil yang akan disewakan. (Foto: Carmudi/Rizen)

Maka dari itu jangan sungkan untuk melakukan negosiasi. Tetapi harus ingat, jangan sampai menawar dengan harga yang sangat rendah. Ini bisa membuat penyedia jasa rental tidak akan mau melayani Carmudian.

Mengecek Kondisi Mobil

Terakhir jangan lupa untuk mengecek kondisi mobil ketika sudah serah terima jika Carmudian menyewa dengan sistem lepas kunci. Cek bagian mobil mana saja yang terdapat kerusakan.

Usahakan ketika melakukan pengecekan didampingi oleh pihak penyedia mobil agar bisa sama-sama melihat kerusakan yang ada sebelum mobil dipakai.

Jual Mobil Bekas Cepat Laku Saat Pandemi

(Foto: Every Pixel)

Jika menggunakan sopir, Carmudian tak perlu repot melakukan ini, sebab kerusakan menjadi tanggung jawab sopir.

Itulah beberapa info rental mobil di Cirebon yang bisa Carmudian hubungi.

Baca Juga:

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Santo Sirait

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts