Berita

Ini yang Bikin Sandiaga Uno Kagum Terhadap Toyota Corolla Cross Hybrid

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terpincut dengan Toyota Corolla Cross Hybrid saat melakukan kunjungan ke pameran otomotif IIMS Hybrid 2021 bulan lalu. Tak tanggung-tanggung, saat itu juga dirinya langsung membeli mobil hybrid tersebut.

Selang beberapa minggu, Toyota Corolla Cross Hybrid yang dia beli diantarkan ke rumahnya oleh pihak diler. Pada kesempatan yang sama, Sandiaga Uno melakukan test drive dengan mengajak anak bungsunya, Sulaiman.

Corolla Cross Sandiaga Uno

Sandiaga Uno mendengarkan suara mesin Toyota Corolla Cross Hybrid (Foto: Instagram/@sandiuno)

“Beberapa minggu yang lalu kita ke IIMS dan kita coba Corolla Cross Hybrid,” ujar Sandiaga Uno, seperti dikutip Carmudi dari akun instagram pribadinya, Selasa (11/5/2021).

Sambil duduk di bangku penumpang baris pertama, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu sempat mencoba beberapa fitur dibagian interior mobil, satu di antaranya sunroof.

“Oh, sunroof-nya bisa dibuka,” ujarnya sambil menekan tombol pembuka sunroof.

Dirinya pun sempat menanyakan soal kemampuan jelajah terjauh jika baterai dari Toyota Corolla Cross Hybrid terisi penuh, termasuk bertanya letak indikator level baterai.

Kemudian di akhir video Sandiaga Uno kembali mengungkapkan rasa kagumnya terhadap Toyota Corolla Cross Hybrid. Dirinya menyebut, mesin mobil tidak terdengar sama sekali, padahal kondisinya saat itu sedang dalam keadaan menyala.

Corolla Cross Sandiaga Uno

Sandiaga Uno mencicipi langsung Toyota Corolla Cross Hybrid (Foto: Instagram/@sandiuno)

“Enggak ada bunyinya, guys. Enggak ada bunyinya sama sekali,” ucap dia sambil mengakhiri video yang berudurasi hampir 4 menit itu.

Mengenal Toyota Corolla Cross Hybrid

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Corolla Cross pada Agustus 2020. Di pasar Indonesia SUV terbaru keluaran Toyota ini tersedia dalam dua tipe, yakni mesin bensin dan hybrid.

Khusus Corolla Cross Hybrid telah dibekali mesin bensin berkode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4 silinder DOHC dengan teknologi VVT-i. Mesin ini bertenaga 96 hp dan torsi 14,5 Kgm.

Selain mesin konvensional terdapat pula motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 71 hp dan torsi 16,6 Kgm.

Ruang mesin Toyota Corolla Cross hybrid (Foto: TAM)

Versi hybrid ini lebih efisien bahan bakar dan emisi CO2 lebih rendah dari versi bensin.

Dari sisi eksterior, Toyota Corolla Cross Hybrid mendapat tambahan fitur seperti automatic power back door, dan sharp headlamp design berbentuk ramping serta terdapat aksen biru tepat di bawah lampu.

Tambahan lainnya yaitu smart entry untuk buka-tutup pintu mobil tanpa perlu menyentuh kunci dan auto fold mirror.

Masuk kebagian kabin, versi hybrid dibekali advanced drive mode yang memungkinkan pengemudi memilih sendiri gaya berkendara apakah itu ECO, Sport atau EV. Kemudian digital MID dan combimeter design serta pengaturan posisi duduk 6 arah secara elektrik khusus di bangku pengemudi.

Interior Toyota Corolla Cross (Foto: TAM)

Harga Toyota Corolla Cross Mei 2021

  • Corolla Cross 1.8 A/T Rp463,51 juta
  • Corolla Cross 1.8 Hybrid A/T Rp518,48 juta (OTR Jakarta).

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts