Home » Tips dan Trik » Jelang New Normal, Ini Persiapan Penting Sebelum Berkendara Mobil

Jelang New Normal, Ini Persiapan Penting Sebelum Berkendara Mobil

Lakukan persiapan membersihkan kabin mobil sangat dianjurkan saat fase new normal pasca pandemi sebelum dan sesudah berkendara. (Google)
Lakukan persiapan membersihkan kabin mobil sangat dianjurkan saat fase new normal pasca pandemi sebelum dan sesudah berkendara. (Google)

Jakarta – Pemerintah pusat tengah melakukan persiapan kebijakan era kenormalan baru (new normal). Nantinya beberapa sektor usaha akan kembali beroperasi. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan sebagian orang akan bekerja di kantor dan kembali menggunakan kendaraan pribadi.

Kebijakan bekerja dari rumah (Work From Home/WFH) diberlakukan di berbagai sektor usaha membuat mobil lebih banyak diam di garasi. Kalaupun digunakan mungkin hanya sebatas memanaskan mesin saja atau sekadar ‘jalan-jalan’ dengan rute pendek.

Saat aktivitas harian seperti pergi ke kantor dengan mengendarai mobil kembali dijalankan, tentu ada beberapa persiapan yang perlu diperhatikan. Tujuannya supaya perjalanan baik itu sendirian maupun bersama keluarga dapat berlangsung lancar dan aman saat kondisi new normal.

Persiapan New Normal Berkendara

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum berkendara ala Auto2000:

  1. Kondisi Kendaraan

Langkah awal, pastikan mobil tidak memiliki kendala teknis, misalnya mesin dalam keadaan ‘fit’ supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat sedang berada di tengah perjalanan seperti mogok.

Selain mesin periksa juga tekanan angin ban, kondisi oli mesin, serta komponen mobil lainnya. Pastikan semuanya dalam kondisi normal. Bila perlu baca buku manual atau pedoman kendaraan untuk memastikan tekanan angin dan posisi cairan oli yang ideal.

  1.  Cek Surat-Surat Kendaraan

Kedengaranya sangat sepele, tapi surat-surat kendaraan sangat penting sebagai bukti kepemilikan. Pastikan SIM atau STNK masih berlaku atau belum kedaluwarsa. Apabila sudah mati masa berlakunya sebaiknya segera diurus sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

  1. Sediakan Masker

Walaupun menggunakan mobil, sebaiknya tetap memakai masker untuk mencegah penularan penyakit virus corona. Bila perlu siapkan juga cadangan masker baru di mobil. Masker cadangan bisa dipakai untuk mengganti masker yang sudah dipakai seharian di luar kendaraan.

Bawa serta hand sanitizer untuk membersihkan tangan dan cairan pembersih mobil atau disinfektan untuk membersihkan bagian mobil yang sering dipegang oleh penumpang.

  1. Beradaptasi dengan Kendaraan

Kebijakan WFH membuat pemilik kendaraan jarang mengemudikan mobil. Sebaiknya mulailah beradaptasi kembali dengan mobil kesayangan, supaya tidak terlalu canggung ketika harus mengendarai mobil dengan jarak yang cukup jauh.

Cek juga kondisi panel instrumen, cobalah untuk mengoperasikan berbagai fitur yang tersedia untuk mengingat kembali posisi dan cara kerjanya sehingga tidak membingungkan saat berkendara.

  1. Safety Driving

Selalu terapkan prinsip mengemudi aman dan tidak berlaku agresif yang dapat merugikan sesama pengguna jalan. Tidak perlu emosi ketika ada pengguna jalan lain bertindak membahayakan. Selain berpotensi kecelakaan, juga bisa menimbulkan pertengkaran.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Silahkan Melintas, Sistem Ganjil Genap di Jakarta Belum Berlaku

Previous post
Waspadai Penyakit Honda Brio, Sepele Tapi Mengganggu
Next post
Ertiga di Thailand Punya Head Unit 10 Inci, Suzuki Indonesia Tak Mau Ikutan?