Modifikasi

Modifikasi Motor Honda Scoopy, Pilih Konsepnya di Sini!

Modifikasi motor Honda Scoopy dapat dilakukan untuk mendongkrak penampilan skuter matik ini. Terutama bagi pemilik yang tak puas dengan wujud standarnya atau sekadar ingin tampil beda.

(Foto: Pinterest)

Pada tahun 2021 usia Scoopy di Indonesia sudah genap 11 tahun. Sejak tahun 2010 Scoopy menjadi salah satu pilihan skuter matik dengan tampilan retro modern dari brand Jepang.

Desainnya yang unik tersebut pun menjadi landasan kuat untuk modifikasi yang diterapkan oleh para pemiliknya.

Modifikasi Motor Honda Scoopy

Tak sedikit pemilik yang melakukan modifikasi untuk memperkenal kesan retro pada Scoopy. Tapi di lain sisi, skuter matik ini juga bisa mengadopsi konsep yang lebih beragam.

Nah, mungkin saja ada di antara Carmudian yang ingin memodifikasi Scoopy miliknya, tapi masih belum mendapatkan ide.

Untuk itu Carmudi coba mengumpulkan beberapa modifikasi motor Honda Scoopy yang dapat menjadi referensi bagi pemilik.

Honda Scoopy Repsol

Modifikasi Motor Honda Scoopy 11

(Foto: Honda)

Meski diakui Scoopy adalah produk yang lebih dekat dengan aspek gaya hidup, bukan motorsport atau performa.

Walau begitu tetap saja ini merupakan sebuah produk dari Honda. Untuk itu tak ada salahnya jika mengadopsi livery balap tim pabrikan.

Dalam hal ini Carmudian bisa melihat contoh pengaplikasiannya pada Scoopy yang pernah ditunggangi pebalap MotoGP Honda. Tampilan bodi Scoopy yang awalnya terkesan elegan jadi lebih mencolok dengan livery Repsol di sekujur tubuhnya.

Dari segi pengaplikasian, modifikasi sepertinya tak terlalu sulit. Pasalnya kini sudah banyak bengkel spesialis decal yang bisa ditemui.

Honda Scoopy Sean Wotherspoon

Modifikasi Motor Honda Scoopy 10

(Foto: Julak Sendie Design)

Pada tahun 2020 Vespa sempat memperkenalkan produk kolaborasi dengan desainer AS, Sean Wotherspoon.

Kolaborasi tersebut dituangkan pada Vespa Primavera yang bodinya dilabur warna-warna terang.

Produk tersebut sempat viral di Indonesia. Bukan hanya karena warnanya yang unik, tapi juga karena harganya yang selangit dan dijual dalam jumlah terbatas.

Lantas, bagaimana jika sentuhan yang sama diterapkan pada Scoopy? Carmudian bisa melihat gambarannya pada rekayasa digital yang dilakukan blogger Julak Sendie Design.

Blogger yang terkenal piawai melakukan digimod ini memperlihatkan kelir Vespa Primavera Sean Wotherspoon juga bisa terlihat manis di atas bodi Honda Scoopy.

Honda Scoopy Versi Thailand

Modifikasi Motor Honda Scoopy 08

(Foto: Honda)

Carmudian mungkin sudah mengetahui bahwa Scoopy bukan hanya bisa ditemui di Indonesia. Melainkan juga beberapa negara lain, seperti halnya Thailand.

Sekilas, Scoopy Indonesia dan Thailand memiliki penampilan yang sama. Tapi kalau ditelusuri lebih dekat maka akan ketahuan perbedaannya.

Pertama, ada sedikit perbedaan pada fitur keamanan. Scoopy di Thailand tidak dilengkapi remote yang terintegrasi dengan answer back.

Perbedaan lainnya adalah Scoopy Thailand tersedia dengan pilihan pelek jari-jari dan warna yang juga berbeda.

Nah, pada aspek penampilan ini Carmudian bisa mengambil inspirasi untuk mendandani Scoopy miliknya menjadi lebih unik.

Scoopy versi Thailand memiliki pilihan warna yang lebih ekspresif dan unik. Ambil contoh Scoopy berwarna biru muda dan oranye yang sekilas mirip kelir mobil balap Golf Oil.

Honda Scoopy Edisi Terbatas

Modifikasi Motor Honda Scoopy 09

(Foto: Honda)

Referensi modifikasi motor Honda Scoopy yang selanjutnya mengambil inspirasi dari model terbatas.

Sebagai informasi, Honda di Thailand cukup rajin merilis model terbatas untuk beberapa produknya. Salah satu contohnya adalah Scoopy yang menggunakan grafis merek permen Chupa Chups.

Scoopy Chupa Chups resmi dirilis pada tahun 2020 lalu. Penggunaan grafis yang unik tersebut otomatis membuat tampilan Scoopy yang satu ini menjadi lebih unik.

Kolaborasi ini dilakukan Honda di Thailand sebagai respons tren skuter matik yang menjadi bagian dari keseruan gaya hidup konsumennya.

Honda Scoopy Cafe Racer

(Foto: Pinterest)

Konsep unik lainnya yang juga bisa diterapkan pada Scoopy ialah modifikasi bergaya cafe racer.

Hasil akhirnya memang sulit untuk menyampai cafe racer sungguhan karena bentuk rangka skuter matik berbeda dengan motor “batangan”.

Tapi dalam konsep ini Carmudian bisa mengambil elemen-elemen cafe racer untuk diterapkan pada Scoopy.

Misalnya saja “buntut tawon” yang dibuat lewat desain jok belakang sedikit lebih menonjol. Kemudian juga penggunaan fender belakang lebih kecil dan stang yang lebih rendah dari standarnya.

Honda Scoopy Stylish Luxury

(Foto: Pinterest)

Untuk modifikasi Scoopy yang satu ini datang dari pabrikan PT Astra Honda Motor (AHM) sendiri.

Ide yang dikedepankan ialah menunjukkan Scoopy juga memiliki sisi yang menampilkan kemewahan. Hal tersebut diwujudkan salah satunya lewat penggunaan warna rose gold di bodinya.

Kemudian, joknya mendapat jahitan baru yang modelnya biasa ditemui pada sofa atau kendaraan roda empat.

Tak ketinggalan penambahan rak di bagian belakang dan tas kulit yang juga membuat Scoopy ini jadi terlihat lebih berkelas.

Semua ubahan tersebut kemudian ditunjang dengan windshield dan penggunaan pelek yang memiliki palang lebih rapat.

Honda Scoopy Fashionable

(Foto: Pinterest)

Masih merupakan hasil modifikasi pabrikan, kali ini konsepnya untuk menonjolkan kesan stylish atau fashionable dari Scoopy.

Penggunaan warna biru muda jelas membuat skuter matik ini menjadi lebih sejuk dilihat. Hal itu masih ditambah lagi dengan warna putih pastel untuk fender depan dan dek tengahnya.

Tak banyak aksesori tambahan yang digunakan. Tapi hal itu justru membuat tetap simpel sekaligus enak dilihat.

Tapi bagian kaki-kaki jadi lebih glamor dengan sentuhan krom yang dipadukan dengan aksen putih pada dinding bannya.

Terakhir, bungkus jok mendapat desain baru dengan warna coklat. Perpaduannya cukup serasi dengan warna motor secara keseluruhan.

Honda Scoopy Sporty

(Foto: Pinterest)

Modifikasi motor Honda Scoopy yang satu ini juga merupakan hasil garapan pabrikan. Menurut informasi, konsepnya adalah cafe racer.

Ya, beberapa elemen desainnya memang mengarah ke sana. Tapi hal lain yang juga bisa dijadikan referensi adalah skema warna tricolor khas Honda.

Kombinasi warna putih, merah, dan biru tersebut biasa ditemui pada motor-motor sport Honda. Tapi dengan adanya modifikasi ini Carmudian jadi bisa melihat jika skema warna tersebut menempel pada skuter matik entry level.

Untuk komponennya, Katros Garage sebagai bengkel yang ditunjuk melakukan modifikasi melakukan beberapa perubahan.

Contohnya pada suspensi depan yang awalnya teleskopik menjadi inverted. Knalpotnya pun ikut berubah untuk mendapatkan kesan sporty yang dikejar.

Honda Scoopy Aksesori Aftermarket

(Foto: Pinterest)

Scoopy bisa dibilang sebagai salah satu motor yang cukup mudah untuk didandani. Komponen aftermarket-nya juga bisa dijumpai dengan gampang di pasaran.

Dengan memanfaatkan komponen aftermarket itu saja maka Carmudian sudah bisa mengubah tampilan Scoopy menjadi lebih istimewa.

Misalnya saja mengganti suspensi belakang dengan model tabung. Kalau mau mau lebih lengkap lagi maka suspensi depan juga bisa ikut diganti.

Di samping itu pelek aftermarket Scoopy juga tersedia dengan pilihan yang beragam di pasaran. Ubahan di sektor kaki-kaki ini sebenarnya cukup sederhana tapi sangat jitu untuk membuat tampilan motor terlihat berbeda.

Ditambah lagi dengan aksesori kecil, seperti halnya hand grip, brake lever, atau hand guard maka Scoopy yang awalnya elegan bisa jadi lebih sangar.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts